Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 16 October 2016

Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop

ARISTO.ID Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop. Saat mengambil foto atau gambar dengan kamera DSLR tentu kita tidak selalu mulus tanpa halangan dan rintangan bukan ?? Bahkan jika dalam pengambilan lancar pun kita kadang baru menemukan kesalahan saat proses editing dengan Photoshop atau pun Lightroom.


Kali ini saya akan mencoba memberikan tips bagaimana cara membersihkan gambar atau foto yang kotor akibat lensa yang berdebu. Dan proses tersebut dengan menggunakan aplikasi edit foto yang sudah biasa kita kenal yaitu Photoshop.



Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop


Saat melakukan pemotretan saya kadang tidak teliti dengan kebersihan lensa atau pun filter kamera. Kebersihan dari debu dan yang lebih buruk adalah kebersihan dari jamur akibat kita salah dalam melakukan perawatan kamera DSLR. Maka dari itu melakukan perawatan yang benar kepada kamera DSLR sangat lah penting agar umur kamera bisa lebih panjang.




Baca Juga Cara Merawat Kamera DSLR Yang Baik Dan Benar



Saat kita menyadari ada debu pas pemotretan mungkin gampang yaa solusi nya. Tinggal langsung kita bersihkan saja bagian lensa atau filter yang kotor sehingga pemotretan ulang bisa langsung dilakukan. Namun bagaimana jika kita mengetahui nya saat hendak melakukan proses editing ???


Jangan khawatir karena kita juga masih bisa mengakalinya dengan aplikasi Photoshop untuk menghilangkan debu pada foto tersebut. Dan berikut langkah langkahnya.



1.Buka File Foto


Yang pertama tentu kita harus membuka file mana yang akan kita lakukan editing pembersihan debu tersebut. Langsung saja buka file dan Duplicate Layer agar file aslinya tidak terhapus.


Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop


Cara nya mudah sekali yaitu dengan meng klik menu Layer pada bagian atas dan pilih Duplicate Layer. Atau cara yang lebih mudahnya klik kanan saja pada bagian sidebar dan pilih Duplicate Layer. Dengan demikian layer sudah menjadi 2 dan yang akan kita edit adalah gambar kopian dari yang asli.



2.Gunakan Brush Tool


Selanjutnya adalah menggunakan fitur Brush Tool untuk mulai membersihkan debu yang ada di dalam gambar. Caranya adalah dengan klik kanan gambar Brush Tool yang agak mirip dengan plester luka pada sidebar bagian kiri no 7 dari atas. Kemudian pilih Spot Healing Brush Tool.


Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop


Atur ukuran Brush Tool yang akan digunakan. Sesuaikan besar kecil nya dengan debu yang akan kita hapus. Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Sama kan saja dengan ukuran debu yang menempel pada foto. Untuk menentukan ukurannya bisa dengan menggeser Size kekanan dan kekiri pada gambar di bawah ini.


Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop


Setelah menentukan ukuran yang pas tinggal arahkan saja ke debu yang ada di bagian foto. Kemudian klik kiri dan Brush Tool akan bekerja menghilangkan kotoran atau noda yang terdapat dalam gambar atau foto.



3.Simpan File Hasil Editan


Lakukan kepada semua debu atau kotoran yang menempel agar gambar nampak bersih dan bebas dari debu. Jangan lupa lihat kembali perubahannya dari gambar yang telah di edit dan belum di edit. Dan jangan lupa periksa lagi apakah masih ada debu debu kecil yang menempel pada foto.


Setelah melakukan pengeditan dan pembersihan kotoran atau debu jangan lupa untuk menyimpan file nya dengan nama yang lain. Dan foto tanpa debu serta kotoran pun akan kita dapatkan. Berikut dibawah ini adalah video Youtube dari artikel Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop ini.


https://www.youtube.com/watch?v=sEGZ_q0O6Yg&feature=youtu.be

Itu saja yang bisa saya bagikan dan sampaikan semoga bermanfaat. Sekian Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Jangan lupa subscribe channel youtube di atas dan akhir kata terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Gambar Atau Foto Yang Kotor Dengan Photoshop