Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 5 October 2016

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Kamera DSLR Atau Digital

ARISTO.ID 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Kamera DSLR Atau Digital. Kamera DSLR kini sudah menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Dari remaja hingga orang tua kini sudah banyak yang memiliki kamera DSLR. Ada yang menggunakannya untuk bergaya gaya saja dan ada pula yang menggunakannya untuk mencari uang atau penghasilan.


Kali ini saya akan coba membahas tentang bagaimana caranya menghasilkan uang dari kamera DSLR atau kamera digital yang lain. Jadi selain menjadi hobi kita juga nantinya bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari hobi kita tersebut. Tentunya menyenangkan bukan melakukan hobi yang dibayar ??


5 Cara Menghasilkan Uang Dari Kamera DSLR Atau Digital



5 Cara Menghasilkan Uang Dari Kamera DSLR Atau Digital


Banyak cara menghasilkan uang dari kamera DSLR atau kamera sejenisnya seperti Mirrorless dan kamera digital. Dan berikut ini adalah beberapa cara nya yang akan saya paparkan. Simak ulasannya berikut.



1.Menjual Foto Di Situs Online


Yang pertama adalah dengan menjual foto yang kita hasilkan secara online. Banyak situs situs yang mau menerima berbagai foto kita baik dari dalam negeri maupun situs luar negeri. Dan sebelum ini saya sudah membuat sebuah artikelnya tentang beberapa situs yang bisa dijadikan tempat jualan foto online bagi fotografer.




Baca Juga 7 Situs Jual Foto Online Yang Wajib Diketahui Fotografer



Dari beberapa situs tersebut biasanya memiliki perbedaan peraturan dan juga tentang nilai yang akan di dapatkan juga. Ada situs yang sulit dalam melakukan pendaftaran foto dan ada juga yang mudah. Ada situs yang berani membayar tinggi dan ada juga yang hanya membayar se ada nya saja.


Namun diluar itu semua kita masih bisa mendapatkan penghasilan dari hobi kita sebagai fotografer. Jadi walaupun sedikit pasti rasanya akan sangat memuaskan bisa mendapatkan uang dari berjualan foto di situs online.



2.Membuka Studio Foto


Berikutnya adalah dengan membuka studio foto dirumah atau dengan menyewa ruko dipinggir jalan. Ini juga bisa kita jadikan ladang dalam mencari uang dari hobi kita di dunia fotografi. Apalagi jaman sekarang orang ingin mendapatkan dokumentasi terbaiknya dalam setiap moment agar bisa dikenang di hari yang akan datang.


Biasa nya pelanggan untuk foto studio itu beragam mulai dari foto keluarga, foto untuk melamar kerja dan kadang juga bisa untuk foto produk. Foto produk ini biasanya digunakan untuk promosi di media cetak seperti koran dan bisa juga untuk promosi di dunia media sosial seperti sekarang ini.


Untuk harga setiap foto biasanya yang pernah saya alami adalah 20ribu per sekali foto. Itu belum jika kita bisa menyediakan penyewaan pakaian seperti jas atau berbagai jenis seragam. Selain itu untuk foto dengan tingkat kesulitan tertentu ( foto produk ) biasanya akan mendapatkan harga yang lebih mahal.



3.Jasa Foto Prewedd Atau Pernikahan


Pernikahan adalah salah satu moment sekali seumur hidup yang tidak akan bisa terlupakan. Dan untuk moment seperti ini orang pasti menginginkan dokumentasi yang paling bagus. Sebagai pecinta fotografi tentu hal yang tidak sulit mengembil gambar pernikahan atau prewedd.


Namun hal ini juga perlu jam terbang yang panjang. Apalagi dalam pernikahan kita akan dihadapkan dengan berbagai kondisi seperti saat malam hari atau siang hari. Jadi kita harus bisa mengatur lighting nya agar bagus dan terlihat sempurna.


Untuk paket foto pernikahan dan prewedd sendiri di kota besar seperti Jakarta bisa mencapai 5 juta setiap acara. Mungkin untuk kota kota kecil biasanya berkisar antara 2-3juta saja. Namun jika kualitas foto kita bagus tentu akan banyak pelanggan yang merekomendasikan dan bisa juga sebagai bahan pertimbangan menaikkan tarif.



4.Penyewaan Kamera DSLR


Sekarang banyak bermunculan anak anak alay yang suka berfoto dengan pose sedang memegang kamera DSLR. Mereka bukannya menggunakan kamera DSLR itu untuk memfoto sesuatu melainkan menggunakannya sebagai obyek foto. Dan itu biasanya bertujuan hanya untuk pamer kepada teman temannya di berbagai media sosial.


Namun siapa yang tahu kalau kamera DSLR tersebut kepunyaan pribadi atau meminjam dari orang lain. Bahkan saat ini banyak jasa jasa yang menyediakan penyewaan kamera DSLR. Dan tentu saja tujuan pasar utama nya adalah anak anak alay masa kini.


Di kota saya pribadi yaitu Pekalongan juga ada penyewaan kamera DSLR. Perhari nya biasanya di patok dengan harga 50ribu untuk kamera yang amatir dan 80-100ribu untuk kamera kelas semi pro.



5.Membuka Kursus Fotografi


Untuk yang satu ini mungkin bisa kita lakukan jika kita sudah menjadi fotografer profesional. Kita bisa menghasilkan uang dari kamera dengan cara membuka kursus tentang fotorgrafi. Baik secara offline maupun secara online.


Tentu ini sangat bermanfaat sekali karena selain bisa mendapatkan uang kita juga bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Namun seperti yang saya katakan tadi kita setidaknya sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk membuka kursus seperti ini. Jangan hanya modal punya kamera saja lalu kita bisa membuka kursus fotografi ini.


Itu saja lah yang bisa saya bagikan dalam artikel 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Kamera DSLR Atau Digital. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan anda pembaca sekalian jalan untuk mendapatkan uang dari hobi fotografi ini. Sekian, terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Kamera DSLR Atau Digital