Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 13 September 2016

Mengenal Berbagai Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR

ARISTO.ID Bagi para pemula dalam bidang Fotografi tentunya perlu banyak belajar mengenai segala yang berhubungan dengan Fotografi. Entah itu belajar teknik motret atau belajar editing setelah memotret dan ada juga pembelajaran tentang fisik dari kamera itu sendiri. Kali ini saya akan mencoba membahas tentang Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR yang mungkin masih banyak yang tidak tahu.


Belajar teknik itu sangat penting tapi belajar mengenal fungsi tombol pada kamera juga tidak kalah pentingnya. Karena dalam penggunaannya pasti sangat berkaitan sekali dengan saat kita memotret di lapangan. Dan jika kita mengerti akan fungsi tombol pada kamera DSLR pasti akan mempermudah dalam proses pemotretan.



Mengenal Berbagai Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR


Banyak sekali tombol yang terletak di body kamera DSLR kita dan ada juga beberapa yang menempel pada lensa. Penting untuk mempelajari ini karena jika tidak kita akan kesusahan dan menyalahartikan sesuatu dalam menggunakan kamera beserta lensanya.


Contoh nya saat saya mencoba mengantarkan teman yang ingin membeli lensa bekas disebuah toko. Saat mencoba lensa tersebut gambar dari balik kamera buram sedangkan hasil dari gambar jelas. Saat itu saya berkesimpulan bahwa kamera teman saya tersebut kotor dan perlu di perbaiki.


Tapi ternyata tidak ada kesalahan sama sekali di kamera teman saya tersebut. Hanya saja tombol pengaturan ( + - ) untuk mata nya bergeser sehingga gambar yang saya lihat buram karena mata saya normal sedangkan kamera tersebut menggunakan mode mata minus ( - ).


Nah dibawah ini adalah gambar kamera EOS 60D yang saya pakai dan saya akan menggunakan kamera ini sebagai contohnya. Lihat baik baik dan perhatikan penjabarannya di bawah gambar.


Mengenal Berbagai Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR



1.Red Eye Reduction


Pasti di antara kita pernah melihat foto atau pernah menfoto orang dengan mata yang berwarna merah bukan ?? Hal itu disebabkan karena pantulan cahaya yang mengenai mata dan menuju lensa kamera. Namun hal tersebut biasanya hanya terjadi jika menggunakan kamera HP.


Pada kamera DSLR hal itu tidak akan terjadi karena Red Eye Reduction ini berfungsi untuk menangkal hal tersebut. Fitur ini akan bekerja otomatis sebelum kamera mengambil gambar.



2.Tombol Shutter


Kita semua tentu tahu fungsi dari tombol ini. Jika kita ingin mengambil gambar tekan saja tombol ini maka kamera akan otomatis mengambil gambar. Namun dalam pengaturan tertentu tombol shutter ini akan memiliki fungsi lain.


Misalnya saat menggunakan Mode Bulb tombol shutter ini harus di tekan 2 kali yaitu yang pertama untuk membuka dan yang kedua untuk menutup atau mengakhiri proses pengambilan gambar.



3.Metering Mode


Tombol ini berfungsi untuk mengatur metering mode dalam kamera DSLR. Metering mode sendiri adalah cara kerja kamera dalam mengukur cahaya yang masuk pada obyek yang di pantulkan kedalam sensor kamera. Fungsinya untuk mendapatkan Eksposure yang pas.



4.Tombol ISO


Disebelah tombol metering mode ada tombol ISO yang berfungsi untuk mengatur seberapa besar ISO yang akan digunakan. Cara nya dengan menekan tombol tersebut kemudian putar roda belakang pada body kamera DSLR.



5.Drive Mode


Cara penggunaan tombol ini sama dengan tombol ISO di atas namun memiliki fungsi lain. Yaitu untuk mengatur drive mode dalam pemotretan. Kita bisa memilih Single Shotting, High Speed Continuous, Low Speed Continuous dan juga mode timer atau remote.



6.AF Mode


Ini berfungsi untuk mengatur area auto fokus pada obyek yang akan kita bidik. Di Canon khususnya EOS 60D sendiri ada 3 pilihannya yaitu One Shoot, Al Focus dan Al Servo. Untuk penggunaannya sama dengan kedua tombol di atas ( Tombol ISO dan Drive Mode ).



7.Pemilihan Mode Pengambilan Gmabar


Tombol ini berfungsi untuk memilih berbagai mode dalam penggunaan kamera. Seperti mode Full Auto, AV, Tv, Manual dan beberapa mode lainnya. Untuk berbagai macam mode dalam kamera DSLR sendiri sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya.




Baca Juga Berbagai Macam Mode Dalam Kamera DSLR



8.Flash


Tombol flash ini berfungsi untuk membuka flash itu sendiri saat sedang memotret. Tapi hal ini hanya akan bekerja jika kita menggunakan mode manual. Karena jika menggunakan mode otomatis flash akan membuka sendiri tanpa kita menekan tombol tersebut jika dirasa cahaya nya kurang.



9.Pengunci Lensa


Untuk tombol ini sendiri fungsinya untuk mengunci dan membuka lensa agar terpasang dengan bodi secara pas. Lensa akan otomatis mengunci saat proses pemasangan ( diputar kekanan ). Jika ingin melepas lensa maka tekan tombol ini diikuti dengan memutar lensa ke arah kiri.


Fungsi Tombol Pada Kamera



10.Tombol On Off


Sesuai namanya tombol ini fungsi nya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kamera. Setiap kamera DSLR memiliki tombol yang berbeda letaknya. Walaupun sama merk Canon juga ada banyak tombol On Off pada kamera yang letaknya di sebelah kanan.



11.Hapus


Tombol ini fungsinya untuk menghapus gambar yang tidak diinginkan atau jelek. Biasa nya saya juga selesai hunting langsung memeriksa hasil gambar di kamera dan menghapus beberapa foto yang tidak bagus. Namun jika masih bisa di akali dengan Photoshop biasa nya saya biarkan terlebih dahulu.



12.Tombol  ( + dan - )


Masih di Mengenal Berbagai Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR. Selanjutnya adalah tombol ( + dan - ) yang sempat saya ceritakan di awal artikel tadi. Tombol ini fungsinya untuk membantu orang yang memiliki mata minus atau plus sehingga bisa menggunakan kamera.


Untuk pengaturannya tinggal memutarnya kekanan dan kekiri sesuai jumlah + dan - mata kita. Namun jika orang normal memutar tombol ini dipastikan akan pusing dan membuat gambar yang kita lihat buram.



13.Live View


Tombol ini digunakan untuk melakukan pemotretan dengan menggunakan LCD sebagai pembidikannya. Biasa nya saya menggunakan tombol Live View saat sedang memotret gedung dari lantai sehingga tidak mungkin menggunakan finder. Selain itu saya juga menggunakannya saat foto selfie bersama dengan remote.



14.Tombol AF On


AF On adalah Auto Fokus On. Fungsi tombol ini adalah untuk mencari titik fokus dari obyek yang akan kita bidik tapi saya sendiri jarang menggunakannya. Karena fungsinya sama dengan saat kita menekan separuh dari Tombol Shutter yaitu sama sama mencari titik fokus.



15.Zoom


Tombol zoom in dan zoom out ini tentu saja fungsi nya untuk zoom. Tapi hanya berfungsi saat sedang menampilkan review saja dan tidak bisa bekerja saat akan memotret. Jika ingin melakukan zoom saat memotret itu adalah tugas lensa dengan memajukan jarak focal lenght.



16.Tombol Fn / Q


Fungsi nya adalah untuk navigasi dan mengatur settingan kamera saat hendak digunakan. Jika kita menekan tombol ini maka akan terlihat settingan dari kamera yang terdiri dari ISO, Apperture, Shutter Speed dan settingan yang lainnya.



17.Menu Info


Tombol Menu fungsinya untuk mengatur settingan keseluruhan dari kamera bukan hanya settingan saat memotret saja. Sedangkan Tombol Info adalah untuk menampilkan info dari foto yang kita ambil seperti nilai ISO, Apperture dan juga Shutter Speed.



18.Tombol Navigasi


Tombol ini fungsi nya untuk navigasi seperti menggeser ke kanan atau kekiri saat melakukan penyetelan settingan. Bisa juga untuk navigasi saat melihat hasil dari gambar yang kita ambil atau potret. Sedangkan tombot SET di bagian tengah nya bisa juga di artikan OK.



19.Unlock


-----

20.Tombol Preview


Tombol preview ini fungsi nya untuk melihat gambar yang telah kita jepret sehingga kita bisa mengevaluasi nya dan memutuskannya untuk dihapus atau tidak. Jika dirasa kurang bagus kita bisa menghapusnya jika bagus kita biarkan saja tersimpan.


Itulah akhir dari artikel Mengenal Berbagai Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR ini semoga bermanfaat bagi sesama pecinta fotografi. Terima kasih dan salam Fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Berbagai Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR