Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 16 September 2016

Cara Setting Kamera Saat Menggunakan Mode Bulb

ARISTO.ID Dalam Fotografi digital banyak sekali mode yang bisa digunakan mulai dari yang otomatis sampai manual. Dari kesemua mode yang ada juga mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri serta mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing juga. Kali ini saya akan mencoba memperkenalkan Mode Bulb dan bagaimana cara menggunakan Mode Bulb ini agar hasilnya maksimal.




Baca Juga Berbagai Macam Mode Dalam Kamera DSLR



Apa Itu Mode Bulb ??


Bulb adalah salah satu mode manual yang ada dalam kamera DSLR yang digunakan untuk mengambil gambar slow speed. Sebenarnya menggunakan mode manual biasa juga bisa namun dalam mode manual shutter speed terbatas hanya sampai 30 detik saja.


Sedangkan dengan menggunakan Mode Bulb kita bisa mensetting shutter speed semau kita. Namun perlu di ingat juga untuk menggunakan shutter speed seperlunya saja misal 1 menit atau 2 menit.


Cara Setting Kamera Saat Menggunakan Mode Bulb


Mode Bulb biasa nya digunakan untuk mengambil gambar malam hari yang sangat minim cahaya. Atau biasanya digunakan juga saat kita hendak mengambil gambar Light Painting atau melukis cahaya. Light Painting sendiri adalah salah satu teknik dalam fotografi yang menarik karena hasil foto nya pasti tidak biasa.




Baca Juga Cara Foto Light Painting Atau Melukis Dengan Cahaya



Cara Setting Kamera Saat Menggunakan Mode Bulb


Jadi inti dari Mode Bulb adalah penggunaan shutter speed yang bisa di atur sesuai kebutuhan kita dan bisa lebih dari 30 detik. Kemudian bagaimanakah caranya menggunakan mode Bulb ini dan apa saja kah alat yang diperlukan ?? Berikut pembahasannya.



1.Siapkan Alat Wajibnya


Alat yang di perlukan antara lain adalah.

  • Kamera DSLR

  • Tripod

  • Remote


Kamera DSLR tentu saja kita butuhkan untuk mengambil foto. Sementara tripod untuk menahan kamera agar tidak goyang dalam rentang waktu shutter nantinya. Karena mustahil kita bisa menahan kamera tanpa goyang selama 30 detik lebih.


Kemudian remote juga sangat perlu. Karena kita tidak bisa dengan menekan tombol shutter karena akan mengakibatkan getaran yang bisa menimbulkan gambar menjadi kabur. Maka dari itu remote adalah syarat wajib jika ingin menggunakan mode Bulb dalam mengambil sesuatu gambar.



2.Pengaturan ISO


Seperti halnya fotografi yang menggunakan slow speed lainnya. Dalam menggunakan mode Bulb ini kita harus mensetting angka ISO sekecil mungkin yaitu 100 saja. Walaupun cahaya minim namun dengan shutter speed lebih dari 30 detik sanggup mengumpulkan cahaya yang cukup untuk menerangi obyek.


Selain karena alasan tersebut men setting ISO pada angka 100 juga bisa mengurangi dampak noise yang timbul. Kita semua tahu kalau noise adalah sesuatu yang bisa menurunkan kualitas gambar. Maka dari itu kita harus meminimalisir nya dengan cara menggunakan ISO yang rendah.



3.Apperture


Untuk pengaturan Apperture gunakan sesuai kebutuhan saya tapi biasanya untuk foto slow speed menggunakan angka Apperture yang besar atau bukaan diafragma kecil. Jadi dengan shutter speed yang lama cahaya yang masuk tidak akan kebanyakan.


Dalam hal ini biasa nya saya menggunakan nilai Apperture mulai dari F13 ke atas. Sesuaikan saja dengan kebutuhan masing masing karena setiap tempat dan kondisi pasti membutuhkan settingan yang berbeda.



4.Tentukan Konsep


Selanjutnya adalah dengan menentukan konsep yang jelas untuk foto yang akan kita buat. Terlebih jika kita akan membuat foto Light Painting yang memerlukan peralatan lebih banyak. Jadi kita bisa mempersiapkan terlebih dahulu alat tambahannya seperti senter dan sumber cahaya yang lain.


Untuk membuat Light Painting sendiri tentu membutuhkan lebih banyak orang karena kita tidak bisa melakukannya sendiri. Dan yang paling penting adalah kesabaran untuk terus mencoba sampai di dapatkan hasil yang sesuai keinginan.



5.Terus Mencoba


Seperti yang saya sebutkan tadi untuk mendapatkan hasil yang sesuai tentu tidak akan bisa hanya dalam sekali foto. Kita harus berulang kali mengambil gambar sampai mendapatkan eksposure yang pas. Maka dari itu kesabaran sangat di perlukan dalam hal ini.


Apa lagi jika kita menambahkan orang sebagai obyeknya. Tentu akan lebih susah lagi membuat orang berdiri dalam posisi yang sama selama 30 detik atau lebih.


Cara Setting Kamera Saat Menggunakan Mode Bulb



6.Baterai Cadangan


Ohya hampir lupa. Yang perlu di perhatikan lagi dalam menggunakan mode Bulb adalah tentang baterai cadangan. Karena memotret dengan long eksposure tentu akan sangat menguras baterai kamera. Maka dari itu sediakan baterai cadangan untuk ber jaga jaga.



Beberapa Foto Yang Cocok Menggunakan Mode Bulb


Mode Bulb adalah mode dalam kamera yang menggunakan shutter speed lebih dari 30 detik. Kemudian apa saja kah jenis foto yang biasa di potret dengan menggunakan mode Bulb ??? Berikut beberapa di antara nya.




  • Foto Light Painting

  • Foto Stell Wool

  • Foto Milky Way

  • Foto Star Trail

  • Foto Kembang Api


Itu adalah beberapa kategori fotografi yang biasa menggunakan mode Bulb dalam pengambilan gambarnya. Tapi tidak dibatasi hanya itu saja kita bisa mengembangkannya dengan berbagai jenis fotografi lainnya misalnya saja foto prewedding dengan background stell wool tentu akan lebih menarik.


Itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel Cara Setting Kamera Saat Menggunakan Mode Bulb ini semoga bermanfaat dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Setting Kamera Saat Menggunakan Mode Bulb