Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 28 August 2016

Tips Membeli Kamera Pertama Kali Yang Perlu Diperhatikan

ARISTO.ID Tips Membeli Kamera Pertama Kali Yang Perlu Diperhatikan. Banyak yang bertanya kepada saya, " Kamera ini bagus gak ?? Nikon sama Canon bagusan mana ?? Lensa yang bagus mana ?? ". Pertanyaan itu biasanya di lontarkan oleh orang yang baru pertama kali ingin membeli kamera DSLR. Untuk itu kali ini saya khusus akan membahas tentang Tips Membeli Kamera Pertama bagi para pemula.



Fenomena Kamera DSLR


Fotografi sekarang sudah semakin banyak peminatnya. Terlebih dengan banyak nya kamera DSLR yang dibanderol dengan harga cukup murah kini. Membuat hobi ini semakin ngetrend setiap waktu nya.


Selain untuk hobi kamera DSLR kini juga dijadikan ajang pamer misalnya. Karena banyak yang saya temui mereka yang mempunyai kamera DSLR tujuannya hanya untuk difoto dengan kamera HP saat sedang memegang DSLR saja. Hal ini pun saya alami dan saya rasakan juga saat baru saja membeli kamera pertama saya.


Tips Membeli Kamera Pertama Yang Perlu Diperhatikan


Namun setelah beberapa bulan akhirnya saya berniat untuk benar benar memperdalam ilmu fotografi bukan hanya untuk ajang pamer barang mewah saja. Walaupun kadang saya geli sendiri saat melihat foto saya dulu sedang memegang DSLR dan minta di foto. Heeheehee


Saya terlalu berlebihan men DSLR kan diri waktu itu padahal ilmu nya masih kosong.



Tips Membeli Kamera Pertama Bagi Pemula


Kita kembali ke tema pembahasan yaitu tentang tips membeli kamera pertama kali. Saat membeli kamera pertama kali sebenarnya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Agar setelah membeli kamera yang di inginkan kita tidak akan menyesalinya.




Baca Juga Tips Membeli Lensa Bekas Berkualitas



Berikut tips nya :



1.Kebutuhan Dan Tujuan


Yang pertama kali harus diperhatikan adalah kebutuhan dan tujuan kita membeli kamera. Apakah hanya untuk dokumentasi keluarga saja atau pun untuk memperdalam ilmu fotografi yang nanti nya bisa dijadikan pekerjaan.


Ada 3 jenis kamera di pasaran menurut tingkatannya. Antara lain kamera amatir, semi profesional dan juga kamera profesional. Dari ketiga nya tentu ada perbedaan fitur, kualitas dan juga harga. Pilihlah sesuai kebutuhan saja.


Jika tujuannya hanya untuk dokumentasi pribadi pilih saja kamera amatir yang harga nya cukup terjangkau. Namun jika ingin memperdalam ilmu fotografi saya sarankan membeli yang seri semi profesional. Terus kenapa tidak langsung saja ke kamera profesional jika ingin serius ???


Semi profesional dan kamera profesional memiliki perbedaan yang tidak terlalu besar jadi sebelum pindah ke kamera profesional lebih baik belajar dahulu di kamera semi profesional. Setelah memahami kamera semi pro pasti kita akan tahu kamera profesional mana yang cocok dengan kita sehingga kejadian salah beli tidak akan terjadi.



2.Memilih Merk Kamera DSLR


Mas, Nikon sama Canon bagusan mana ?? Itu adalah kata kata yang sering saya dengar dari orang yang ingin membeli kamera DSLR. Saya sendiri adalah pengguna Canon dan belun pernah mencoba merk yang lainnya jadi tidak bisa membedakan mana yang lebih unggul.


Namun biasa nya setiap kamera entah dari pabrikan mana saja memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing. Tidak ada kamera yang sempurna. Karena jika ada pasti hanya kamera itu saja lah yang laku dipasaran dan seri yang lain tidak akan laku terjual.


Jadi pilihan yang tepat adalah dengan melihat sekitar. Lebih banyak mana pabrikan yang di gunakan orang disekitar kita. Karena dengan begitu kita bisa lebih banyak teman sharing dan berbagi ilmu dalam menjalani hobi di dunia fotografi ini.



3.Memilih Lensa  Pertama


Untuk selanjut nya yang perlu kita pikirkan adalah masalah lensa. Karena tanpa lensa tentunya kita tidak akan bisa mengambil gambar. Terus lensa apa yang paling tepat ?? Lensa apa yang paling pas untuk pemula ??


Menurut pengalaman saya lensa yang paling pas untuk pemula adalah lensa kit. Yaitu lensa 18-55mm atau 18-135mm untuk Canon. Karena lensa tersebut sudah cukup untuk memotret segala kondisi terutama untuk 18-135mm.




Baca Juga Lensa Wide Angle Termurah Canon 10-22mm



Kita bisa memotret pemandangan atau landscape di focal lenght 18mm dan juga bisa memotret tele di focal lenght 135mm. Menurut saya itu sudah sangat cukup untuk pemula. Pakailah lensa tersebut secara terus menerus, nanti lama kelamaan kita akan tahu sendiri apa yang kurang dan lensa mana yang kita inginkan.


Jika kita lebih suka memotret pemandangan selanjutnya kita bisa membeli lensa wide. Jika kita lebih suka memotret model atau wild life kita tentu membutuh kan lensa tele yang memiliki focal lenght lebih panjang. Dan jika kita lebih suka memotret benda benda kecil atau pun serangga kita bisa membeli lensa khusus makro selanjutnya.


Tips Membeli Kamera Pertama Kali Yang Perlu Diperhatikan

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan dan berikut adalah daftar seri kamera yang cocok untuk pemula :




  • Canon EOS 1200D

  • Canon EOS 100D

  • Nikon D5300

  • Nikon D3300

  • Nikon D5200


Jika kita ingin memperdalam ilmu fotografi bisa membeli kamera semi profesional di bawah ini :

  • Canon EOS 60D

  • Canon Eos 70D

  • Nikon D7100

  • NikonD7000


Itulah rekomendasi beberapa kamera DSLR yang cocok untuk pemula. Dan demikian lah artikel kali ini semoga artikel Tips Membeli Kamera Pertama ini bisa bermanfaaat dan dijadikan referensi untuk anda dalam pertimbangan membeli kamera DSLR. Terima kasih dan salam jepret.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Membeli Kamera Pertama Kali Yang Perlu Diperhatikan