Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 30 August 2016

Tips Cara Foto Light Painting Atau Melukis Dengan Cahaya

ARISTO.ID Melukis dengan cahaya atau dalam dunia fotografi yang lebih dikenal dengan istilah Light Painting. Ini adalah salah satu teknik fotografi yang bertujuan merangkai cahaya sehingga menjadi sesuatu karya fotografi yang berbeda. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba memaparkan bagaimana Cara Foto Light Painting.



Apa Itu Light Painting ??


Seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Light Painting adalah karya fotografi yang bertujuan membuat sebuah gambar menjadi lebih hidup dengan menambah kan beberapa cahaya kedalamnya. Inti dari Light Painting ini sendiri adalah cahaya dan kreatifitas.


Yang terpenting dalam pembuatan karya Light Painting adalah imajinasi kita dalam membuat sebuah efek cahaya pada sebuah foto. Karena yang menentukan indah nya foto Light Painting adalah kombinasi dari cahaya yang kita buat.


Tips Cara Foto Light Painting Atau Melukis Dengan Cahaya



Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Foto Light Painting



  1. Kamera dengan mode Bulb didalam nya. Karena nantinya kita akan menggunakan shutter speed lambat bahkan lebih dari 30 detik yang mengharuskan kita memakai mode Bulb.

  2. Tripod karena tidak mungkin kita memegang kamera selama 30 detik tanpa goyang.

  3. Cahaya. Ini adalah yang terpenting karena fokus kita adalah melukis cahaya. Bisa menggunakan lampu senter, flash eksternal dan berbagai sumber cahaya lainnya. Usahakan warna cahaya bervariatif agar gambar lebih indah.

  4. Remote. Fungsi nya untuk mengatur tombol shutter karena jika kita menekannya ada kemungkinan kamera akan goyang dan gambar akan terlihat kurang sempurna.

  5. Imajinasi. Inilah yang terpenting karena imajinasi lah nanti nya yang menentukan gambar atau bentuk cahaya seperti apa yang akan kita buat.


Cara Foto Light Painting


Setelah mengumpulkan beberapa peralatan di atas selanjutnya yang kita lakukan adalah mulai menentukan konsep dan action dari foto Light Painting ini. Untuk mengambil melukis dengan cahaya ini perlu di perhatikan hal hal berikut. Di antara nya adalah.



1.Pilih Obyek Dan Spot


Yang pertama adalah obyek dan tempat dimana kita akan melakukan Light Painting. Yang terpenting dari tempat adalah gelap dengan kondisi minim atau bahkan tanpa cahaya.


Seperti contoh gambar di atas saya menjadikan sebuah tablet sebagai obyek dan tempat nya sendiri di dalam kamar yang saya matikan lampunya. Karena kamar yang gelap sangat cocok, tidak ada polusi cahaya dari mana saja sehingga fokus cahaya bisa kita maksimalkan.



2.Apperture Pada Angka F4 Dan Seterusnya


Gunakan Apperture pada angka F4 pada awal percobaan. Jika terjadi over eksposure bisa di naikkan sedikit demi sedikit sampai di hasilkan gambar yang pas. Tidak under dan over eksposure.




Baca Juga Teknik Fotografi : Mengenal Segitiga Eksposure



3.Setting Shutter Speed Lambat


Pastinya gunakan shutter speed yang lambat, jika di perlukan bisa juga menggunakan mode Bulb sehingga shutter bisa lebih dari 30 detik.



4.ISO 100


Karena kita akan menggunakan shutter speed lambat sebaiknya kita menggunakan ISO yang kecil agar cahaya yang masuk tidak terlalu banyak.



5.Mulaikah Melukis Cahaya


Setelah semua settingan di atur selanjutnya adalah imajinasi yang bekerja dan mulailah menekan remote atau kabel release. Dalam proses pengambilan foto Light Painting ada beberapa yang perlu di perhatikan diantaranya adalah.




  • Untuk mencari fokus saya menggunakan manual fokus dan mencari titik fokus sebelum lampu kamar di matikan agar obyek utama terlihat tajam.

  • Jika mengambil gambar outdoor dan tidak memungkin kan mencari titik fokus bisa menggunakan fokus infinity.

  • Jangan berdiri antara lensa dan sumber cahaya.

  • Usahakan waktu perpindahan cahaya dari satu titik ketitik yang lain sama agar nantinya hasil cahaya lebih halus dan memiliki tingkat ke cerahan yang sama.


6.Banyak Banyak Eksperimen


Kita bisa melakukan banyak eksperimen dengan mengikuti cara foto light painting diatas sampai menghasilkan gambar yang memuaskan. Karena pada awal awal percobaan biasa nya kita tidak akan langsung mendapatkan gambar yang bagus.


Karena dalam fotografi yang terpenting adalah eksperimen dan jam terbang. Jadi dengan terus mencoba kemampuan kita akan terus terasah sehingga kualitas foto yang kita hasilkan pun akan semakin bagus setiap harinya.


Bonus Light Painting keren yang saya dapat dari tullyphotography.wikispaces.com


Cara Foto Light Painting


Demikian artikel tentang Tips Cara Foto Light Painting Atau Melukis Dengan Cahaya semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam jepret.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Foto Light Painting Atau Melukis Dengan Cahaya