Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 21 August 2016

Cara Menghilangkan Efek Distorsi Foto Dengan Photoshop

ARISTO.ID Cara Menghilangkan Efek Distorsi Foto Dengan Photoshop. Distorsi Foto adalah penyimpangan yang terjadi di dalam foto hingga terjadi pembungkukan garis lurus secara fisik yang membuat nya tampil melengkung ( keluar atau kedalam ). Jadi distorsi pada foto ini adalah sesuatu yang membuat foto tidak nampak seperti aslinya.




[caption id="attachment_1657" align="aligncenter" width="510"]Menghilangkan efek distorsi Efek Distorsi Barrel[/caption]

Dan distorsi ini di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktok optik dan juga faktor perspektif atau sudut pandang pengambilan foto. Dalam faktor optik ini biasa nya di sebabkan karena pengaruh lensa baik itu lensa wide ange atau pun lensa tele. Namun umum nya orang mengetahuinya hanya lensa wide saja lah yang bisa menyebabkan distorsi.




Baca Juga Lensa Wide Angle Termurah Canon 10-22mm



[caption id="attachment_1658" align="aligncenter" width="497"]Menghilangkan efek distorsi Setelah Editing[/caption]

Macam Macam Distorsi


Distorsi pada yang disebabkan oleh optik biasa nya dibagi menjadi 3 yaitu Distorsi Barrel, Distorsi Pincushion dan Distorsi Mustache. Berikut pembahasannya secara singkat dari macam macam distorsi tersebut.




[caption id="attachment_1653" align="aligncenter" width="510"]Menghilangkan efek distorsi Tanpa Distorsi[/caption]

1.Distorsi Barrel


Distorsi Barrel biasa nya terjadi pada lensa wide angle yang mempunyai bidang pandang yang luas. Efek yang terjadi biasa nya pada bagian dekat frame akan sedikit melengkung keluar atau cembung. Pada saat mengambil gambar Landscape mungkin efek distorsi ini tidak akan terlihat secara jelas. Namun jika kita melakukan pemotretan di dalam ruangan sempit maka efek yang ditimbulkan akan jelas terlihat.




[caption id="attachment_1654" align="aligncenter" width="510"]Menghilangkan efek distorsi Distorsi Barrel[/caption]

2.Distorsi Pincushion


Pada umumnya orang hanya mengetahui distorsi yang ditimbulkan pada lensa wide saja. Namun ternyata lensa tele juga bisa menimbulkan efek distorsi yaitu distorsi pincushion. Distorsi ini berlawanan dengan Distirs Barrel diatas, jika distorsi barrel cembung maka distorsi pincushion ini memiliki efek cekung atau melengkung kedalam.




[caption id="attachment_1655" align="aligncenter" width="503"]Menghilangkan efek distorsi Distorsi Pincushion[/caption]

3.Distorsi Mustache


Jenis distorsi ini adalah yang paling buruk namun jarang sekali di temukan. Distorsi Mustache ini adalah gabungan dari kedua distorsi diatas. Jadi di bagian tengah dalam frame terjadi lengkungan keluar ( Cembung ) namun dipinggir frame terjadi lengkungan ke dalam ( Cekung ). Untuk penanganan nya tidak bisa dengan Photoshop atau pun Lightroom karena kita membutuhkan software khusus.




[caption id="attachment_1656" align="aligncenter" width="508"]Menghilangkan efek distorsi Distorsi Mustache[/caption]

Cara Menghilangkan Efek Distorsi Foto Dengan Photoshop


Nah kali ini saya akan mencoba melakukan proses editing yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan efek distorsi pada foto dengan aplikasi Photoshop. Di atas artikel sudah saya berikan gambar sebelum dan sesudah proses editing foto, nampak perbedaannya yang cukup jelas dari kedua foto tersebut. Dan berikut proses editingnya.




  1. Buka Photoshop dan pilih foto manakah yang ingin di hilangkan efek distorsi nya.

  2. Pilih menu Edit > Transform > Distort.
    Menghilangkan efek distorsi

  3. Tarik ke kanan dan kekiri di pojok kanan atas agar efek distorsi hilang.
    Menghilangkan efek distorsi

  4. Sudut penarikan tidak ada batasannya tergantung seberapa besar efek distorsi yang akan kita hilangkan.
    Menghilangkan efek distorsi

  5. Klik file, save dan proses editing telah selesai dilakukan.


Apakah Perlu Menghilangkan Efek Distorsi Pada Foto ??


Yang terakhir adalah pertanyaan apakah efek distorsi ini harus di hilangkan ?? Jawaban yang paling tepat adalah tergantung foto apa yang akan kita buat karena efek distorsi baik dan buruk nya tergantung jenis foto apa didalamnya. Misalnya saja saat kita akan membuat foto arsitektur dalam raungan sebuah gedung atau bangunan lain mungkin. Efek distorsi bisa mempercantik sehingga tidak perlu di hilangkan.




Baca Juga Cara Mengambil Foto Arsitektur



Sebaliknya jika kita ingin membuat foto yang mementingkan gambar asli nya seperti foto orang atau model sebaiknya hilangkan efek distorsi yang terjadi. Karena efek distorsi bisa memperburuk kualitas foto jenis tersebut.


Dan berikut ada video tutorialnya dari channel Youtube Aristo.id.


https://www.youtube.com/watch?v=kH6imgrZ46w

Jadi perlu tidak nya efek distorsi bisa kita lihat dari jenis foto yang akan kita buat sehingga kita bisa menentukannya dalam proses editing. Semoga sedikit informasi tentang Cara Menghilangkan Efek Distorsi Foto Dengan Photoshop bisa bermanfaat dan berguna. Terima kasih dan salam jepret.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghilangkan Efek Distorsi Foto Dengan Photoshop