Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 17 July 2016

Kata Tunjuk Benda Dalam Bahasa Jepang



WENEXT.NET Kata Tunjuk Benda Dalam Bahasa Jepang. Kali ini kita akan membahas tentang kata tunjuk dalam bahasa Jepang yang biasa di gunakan dalam kehidupan sehari hari. Dalam bahasa Indonesia kata tunjuk benda hanya ada 2 yaitu ini dan itu saja namun dalam bahasa Jepang ada 3 kata tunjuk benda yaitu  Kore, Sore dan juga Are. Dan berikut penjelasan lengkapnya.


Baca Juga Kalimat Perkenalan Dalam Bahasa Jepang

Kata Tunjuk Benda Dalam Bahasa Jepang


1. Kore ( Ini / benda yang di maksud dekat dengan orang pertama )


Kore digunakan untuk menunjukkan benda yang letak nya lebih dekat dengan orang pertama atau yang mengucapkan kalimat tersebut. Dekat disini berarti benda tersebut bisa di raih dengan tangan dari orang pertama tersebut. Contohnya sebagai berikut.
これはけしごむです。 ( Kore ha keshigomu desu yang berarti Ini adalah penghapus )

Dalam kalimat tersebut berarti letak penghapus dekat dengan orang pertama atau orang pertama yang mengatakan kalimat tersebut dapat meraih atau memegang penghapus yang di maksud. Namun jika kata tunjuk tersebut di ikuti dengan kata benda maka kata tunjuk dari Kore akan berubah menjadi Kono + Kata Benda. Berikut contoh kalimatnya.
このけしごむはわたしのです。 ( Kono keshigomu ha watashi no desu yang berarti Penghapus ini adalah kepunyaan ku. )

2. Sore ( Itu / benda yang di maksud lebih dekat dengan orang kedua )


Sedangkan Sore di gunakan jika benda yang di maksud lebih dekat dengan orang kedua atau lawan bicara dari orang pertama. Dan benda tersebut bisa di raih oleh orang kedua. Berikut contoh kalimatnya.
それはだれのけしごむですか。 ( Sore ha dare no keshigomu desu ka yang berarti Itu penghapus milik siapa ? )

Kalimat tersebut berarti letak penghapus dekat dengan lawan yang di ajak bicara atau orang yang di tanya. Jika kata tunjuk tersebut di ikuti kata benda maka akan berubah dari Sore menjadi Sono + Kata Benda. Berikut contoh kalimatnya.
そのけしごむはわたしのです。 ( Sono keshigomu ha watashi no desu yang berarti Penghapus itu adalah kepunyaan ku. )


3. Are ( Itu / benda yang dimaksud jauh dari orang pertama maupun orang kedua )


Jika benda yang di maksud dalam percakapan sama sama jauh baik dari orang pertama maupun orang kedua maka kata tunjuk yang tepat adalah menggunakan Are. Dengan kata lain benda yang di maksud tidak bisa di jangkau oleh kedua nya. Berikut contoh nya.
あれはのびたさんのくるまですか。 ( Are ha Nobita san no kuruma desu ka yang berarti Apakah itu mobil kepunyaannya Nobita ? )

Jadi letak dari mobil yang di maksud di atas sama sama jauh baik dari orang pertama maupun orang kedua. Jika di tambah dengan kata benda maka Are akan berubah menjadi Ano + Kata Benda. Berikut conto kalimat nya.
あおくるまはのびたさんのです。 ( Ano kuruma ha Nobita san no desu yang berarti Mobil itu adalah milik Nobita )

Itulah 3 Kata Tunjuk Benda Dalam Bahasa Jepang yang biasa di gunakan dalam kehidupan sehari hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu dalam berbahasa Jepang. terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kata Tunjuk Benda Dalam Bahasa Jepang