Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 28 June 2016

Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom

ARISTO.ID Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom. Dalam dunia fotografi proses editing juga memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menghasilkan gambar yang bagus. Foto yang tidak bagus bisa di maksimalkan dengan ada nya editing, begitu juga dengan foto yang sudah bagus tentunya akan lebih indah dengan sedikit editan saja.



Sebuah gambar yang bagus tidak bisa di hasilkan dengan satu jepretan saja, melainkan dengan puluhan bahkan ratusan jepretan. Bagaimana jika foto foto yang kita ambil dengan kamera memiliki komposisi yang Underexposure atau terlalu gelap di bagian tertentu sedang kan moment nya sudah terlewatkan dan tidak mungkin di ulangi kembali dalam pengambilan foto. Tenang, karena masih ada solusi yang bisa kita lakukan dalam proses editing untuk memperbaiki masalah tersebut. Berikut langkah langkah nya.

Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom


1. Buka File Foto di Menu Develop


Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom



Lihat gambar di atas, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih foto manakah yang UnderExposure agar di perbaiki sehingga di dapat kan gambar yang pas, tidak terlalu gelap dan juga tidak terlalu terang. Gambar di atas bisa kita lihat bahwa bagian detail dari obyek tidak kelihatan atau gelap sedangkan warna langit diatas terlalu terang bukan ? Itu yang akan kita perbaiki.

Baca Juga Cara Memperbaiki Blank Atau Bluebox Pada Develop Lightroom

2. Turunkan Warna Langit Yang Terlalu Cerah


Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom



Yang pertama harus kita lakukan adalah menurun kan Eksposure dan juga Highlight agar di dapatkan warna langit yang tidak terlalu cerah. Bisa di lihat gambar di atas saya menurunkan angka Eksposure di -1.91 dan juga angka Highlight di -90. Setelah saya turunkan angka kedua nya bisa terlihat perbedaan gambar nya, langit menjadi sedikit gelap dan detail lebih terlihat namun detail obyek masih gelap.

3. Terangkan Detail Obyek


Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom



Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menerangkan bagian detail obyek yang terlalu gelap. Untuk menerangkan bagian tersebut mudah saja, hanya dengan menaikkan bagian Shadows menjadi +95. Untuk angka yang di naikkan tergantung kebutuhan saja tidak ada patokan khusus nya. Bisa dilihat perbedaannya lagi bahwa gambar di atas detail obyek akan lebih terlihat terang.

Baca Juga Mengenal Segitiga Eksposure

Jika masih kurang puas atau kurang terang bisa di tambahkan dengan menggeser tombol di bawah nya yaitu White dan Black. Sesuaikan saja dengan kebutuhan yang kita inginkan sampai di dapat kan komposisi yang pas dan bagus dipandang mata.



Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom

Itulah hasil akhir dari gambar yang awalnya terlalu gelap di bagian obyek nya dan juga terlalu terang di bagian langit nya. Dengan menaikkan Shadows dan menurunkan Eksposure serta Highlight akan membuat foto yang tadi nya tidak bagus menjadi lebih baik di pandang mata.


Berikut Video tutorialnya.


https://www.youtube.com/watch?v=WS12S3_xifQ
Demikian Tutorial tentang Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom semoga bermanfaat dan berguna untuk menghasilkan karya fotografi terbaik. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap Dengan Adobe Photoshop Lightroom