Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 1 June 2016

Apa Itu Depth Of Field ( DOF ) ? Seberapa Pentingnya Dalam Unsur Fotografi ?

ARISTO.ID Apa Itu Depth Of Field ( DOF ) ? Seberapa Pentingnya Dalam Unsur Fotografi ? Semakin lama belajar ilmu fotografi ternyata semakin banyak pula istilah istilah baru yang akan kita tahu. Kali ini yang akan menjadi pembahasan kita adalah tentang Depth Of Field atau yang sering di singkat dengan DOF. DOF ini salah satu bagian terpenting dalam unsur fotografi yang perlu kita perhatikan, karena setiap kategori foto tentunya membutuhkan tingkatan DOF yang berbeda. Mari kita belajar tentang DOF.


Apa Itu Depth Of Field ( DOF ) ? Seberapa Pentingnya Dalam Unsur Fotografi ?


Apa Itu ( DOF ) Depth Of Field ?



Depth Of Field atau DOF adalah tingkat ketajaman ruang fokus dalam sebuah foto yang kita hasilkan. Apakah sebuah gambar tersebut mempunyai ruang fokus yang luas atau yang sempit, itulah yang di namakan DOF. Misal nya saja untuk foto Model atau Portrait biasa nya menggunakan ruang fokus yang sempit jadi bidang di depan atau pun belakang model akan terlihat Blur.


Berbeda dengan foto Landscape yang mempunyai ruang ketajaman yang luas, jadi setiap sudut dari gambar Landscape bisa terlihat fokus dan tajam. Penentuan DOF ini sangat erat keterkaitannya dengan Apperture atau Bukaan Diafragma yang bisa kita atur saat akan mengambil gambar di lapangan.


DOF Luas Cocok Untuk Landscape



Dalam pengambilan foto Landscape kita harus memberikan ruangan yang tajam dan fokus pada keseluruhan bagian foto. Dalam hal ini biasa nya kita menggunakan DOF lebar dengan cara men setting kamera dalam angka Apperture yang besar atau bukaan diafragma yang kecil, biasa nya saya menggunakan angka F11 sampai F22 tergantung kebutuhan.


Apa Itu Depth Of Field ( DOF ) ? Seberapa Pentingnya Dalam Unsur Fotografi ?


Dengan menggunakan nilai F yang besar kita akan mendapatkan apa yang kita cari yaitu ruangan tajam yang luas di setiap sudut gambar. Biasa nya dalam pengambilan gambar menggunakan nilai F yang besar akan mempengaruhi angka Shutter Speed yang lambat sehingga penggunaan Tripod disini sangat di anjurkan karena akan menghilangkan resiko gambar menjadi kabur.


Baca Juga Teknik Fotografi Mengenal Segitiga Eksposure


DOF Sempit Yang Cocok Untuk Model Dan Portrait



Sementara penggunaan DOF sempit sangat cocok di gunakan untuk pengambilan gambar Model atau Portrait dengan background yang blur. Teknik ini biasa nya di namakan " BOKEH " dimana ruang fokus hanya terdapat pada obyek utama dengan latar yang blur.


Apa Itu Depth Of Field ( DOF ) ? Seberapa Pentingnya Dalam Unsur Fotografi ?


Untuk mendapatkan foto Bokeh salah satu nya dengan menggunakan DOF sempit , yaitu menggunakan nilai Apperture yang kecil atau bukaan diafragma yang lebar. Biasa nya saya menggunakan F terkecil dari lensa yang saya punya yaitu 50mm F1.8 karena bokeh yang di hasilkan sangat lah maksimal. Lensa 50mm ini sangat banyak manfaat nya dan merupakan salah satu lensa favorit dengan harga terjangkau pilihan fotografer lokal maupun luar negeri.


Baca Ulasannya Disini Lensa Portrait Murah Yang Tidak Murahan 50mm


Selain untuk portrait lensa fix 50mm ini juga bisa di gunakan untuk foto burung yang sedang terbang lho. Baca ulasannya dibawah ini.


Tips Mengambil Gambar Burung Yang Sedang Terbang Dengan Lensa Fix 50mm


Jika ditanya seberapa pentingkah DOF dalam unsur fotografi ? Tentunya sangat lah penting mengetahui dan men setting DOF ini dalam setiap pengambilan gambar karena setiap kategori tentu memiliki cara settingan yang berbeda satu dengan yang lain. Tapi seiring berjalan nya waktu pasti tanpa disadari kita akan menjadi terbiasa melakukan settingan yang pas jika kita sering berlatih tentunya.


Dalam fotografi yang terpenting adalah praktek dan praktek, jadi perbanyak lah praktek keluar agar kualitas foto yang kita hasilkan juga akan semakin membaik. Akhir kata demikian lah artikel mengenai Apa Itu Depth Of Field ( DOF ) ? Seberapa Pentingnya Dalam Unsur Fotografi ? semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu Depth Of Field ( DOF ) ? Seberapa Pentingnya Dalam Unsur Fotografi ?