Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 22 June 2016

4 Jenis Huruf Dalam Bahasa Jepang

WENEXT.NET 4 Jenis Huruf Dalam Bahasa Jepang. Bahasa Jepang memang salah satu bahasa yang paling sulit di pelajari namun jika kita selalu berusaha pasti lama kelamaan akan bisa berbahasa Jepang baik lisan maupun tulisan. Dalam bahasa Jepang ada 4 jenis huruf yang biasa di gunakan dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari hari. Apa sajakah 4 jenis huruf tersebut ? Di bawah ini saya paparkan satu persatu penjelasan nya.


4 Jenis Huruf Dalam Bahasa Jepang


4 Jenis Huruf Dalam Bahasa Jepang



1. Huruf Romaji Atau Romawi



Kita sebagai warga Indonesia tentunya mengetahui jenis huruf ini karena di Indonesia hanya menggunakan huruf Romawi ini, namun di Jepang sendiri biasa menyebut nya Romaji karena orang Jepang tidak bisa menyebut kan Wi. Tentunya untuk huruf Romaji ini tidak perlu saya jelaskan karena kita sudah mengenal nya dan menggunakannya dalam kehidupan sehari hari bukan ?


A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z


2. Huruf Hiragana



Huruf Hiragana adalah huruf asli Jepang yang tidak punya arti, huruf hiragana ini harus di rangkai terlebih dahulu agar bisa membentuk sebuah kata sehingga bisa mempunyai arti. Huruf hiragana ini biasa di gunakan untuk menulis semua kata yang berasal dari bahasa Jepang. Di bawah ini adalah huruf hiragana yang di gunakan di Jepang.











































































あ Aい Iう Uえ Eお O
か Kaき Kiく Kuけ Keこ Ko
さ Saし Shiす SUせ Seそ So
た Taち Chiつ Tsuて Teと To
な Naに Niぬ Nuね Neの No
は Haひ Hiふ Fuへ Heほ Ho
ま Maみ Miむ Muめ Meも Mo
や Yaゆ Yuよ Yo
ら Raり Riる Ruれ Reろ Ro
わ Waを Woん N

Contoh kata kata yang di tulis dengan huruf hiragana.
たこやき ( Takoyaki ) yang berarti nama makanan di Jepang


3. Huruf Katakana


 
Huruf Katakana hampir sama dengan huruf hiragana namun fungsi nya saja lah yang sedikit berbeda. Jika huruf hiragana di gunakan untuk kata kata yang berasal dari bahasa Jepang sementara huruf katakana di gunakan untuk kata serapan yang berasal dari bahasa asing dalam hal ini biasa nya bahasa Inggris. Di bawah ini adalah macam macam huruf katakana.
Baca Juga Ciri Umum Bahasa Jepang












































































ア Aイ Iウ  Uエ Eオ O
カ Kaキ Kiク Kuケ Keコ Ko
サ Saシ Shiス SUセ Seソ So
タ Taチ Chiツ Tsuテ Teト To
ナ Naニ Niヌ Nuネ Neノ No
ハ Haヒ Hiフ Fuへ Heホ Ho
マ Maミ Miム Muメ Meモ Mo
ヤ Yaユ Yuヨ Yo
ラ Raリ Riル Ruレ Reロ Ro
ワ Waヲ Woン N


Contoh kata kata yang di tulis dengan huruf katakana.
アルバート ( Arubato ) atau dalam bahasa Inggris nya adalah nama orang Albert

4. Huruf Kanji


Yang terakhir adalah huruf Kanji. Huruf kanji sendiri sebenarnya berasal dari China namun seiring berjalan nya waktu kanji di Jepang sekarang berbeda dengan kanji yang dari China walau tetap ada beberapa persamaan. Kanji sendiri di gunakan untuk mengartikan sebuah kata yang berasal dari bahasa Jepang, dan kanji di Jepang berjumlah hingga 2000 an huruf. Sangat sulit menghafal kesemua nya bahkan orang Jepang sendiri ada yang tidak bisa membaca keseluruhan kanji. Namun jika terus di pelajari saya yakin suatu saat bisa hafal walaupun secara bertahap.

Berikut ini adalah contoh kanji dalam sebuah kata.
入り口 ( Iriguchi ) yang berarti pintu masuk.

Dalam kata tersebut ada dua buah kanji yaitu yang berarti masuk dan yang berarti mulut jadi jika dua kanji tersebut di gabungkan akan menjadi sebuah kata yang berarti pintu masuk. Di bawah ini akan saya beri contoh 10 kanji dasar lain nya.




























































KanjiCara BacaArti
KurumaMobil
NikuDaging
TeTangan
UeAtas
ShitaBawah
HidariKiri
MigiKanan
AtarashiBaru
FuruiLama ( Bukan Baru )
HonBuku

 
Itulah macam macam huruf dalam bahasa Jepang yang biasa di gunakan dalam kehidupan sehari hari. Semoga artikel 4 Jenis Huruf Dalam Bahasa Jepang bisa bermanfaat dan menambah ilmu kita semua. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Jenis Huruf Dalam Bahasa Jepang