Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 4 May 2016

Tips Memilih Tas Carrier Yang Baik Untuk Pendakian

ARISTO.ID. Tips memilih tas Carrier yang baik untuk pendakian. Menjadi seorang pendaki adalah sebuah hobi yang sekarang banyak digandrungi kaum remaja baik laki laki maupun perempuan di Indonesia ini. Dengan banyak nya gunung gunung tinggi di Indonesia tentunya mendukung untuk melakukan hobi ini. Di antara peralatan yang di gunakan untuk mendaki salah satu nya adalah Tas Carrier yang berfungsi membawa semua barang keperluan selama berada di gunung. Tas Carrier memang di desain khusus untuk membawa banyak barang dengan mudah dan meminimalisir cedera pada pundak yang menopang seluruh barang bawaan tersebut.




 

TIPS MEMILIH TAS CARRIER YANG BAIK UNTUK PENDAKIAN


Untuk ukuran dari Tas Carrier ini juga bermacam macam mulai dari 30 L hingga ada yang sampai 90 L, tentunya penggunaan ukuran ini di sesuaikan dengan pendakian yang akan di lakukan. Misal nya pendakian akan di lakukan lebih dari 3 hari maka lebih baik menggunakan Tas Carrier yang berukuran besar. Namun jika akan digunakan untuk pendakian 2 hari cukup gunakan Tas Carrier dengan ukuran 40 L sampai 60 L saja. Kemudian bagaimana kah cara memilih Tas Carrier yang baik sebelum kita membeli nya. Berikut saya berikan tips tips nya.


Sesuaikan Ukuran Untuk Waktu Perjalanan



Yang pertama perlu di perhatikan adalah tentang lama dari perjalanan yang akan kita lakukan. Seperti saya sebutkan di atas bahwa Tas Carrier banyak sekali ukuran nya jadi sebelum membeli kita harus memperkirakan terlebih dahulu untuk berapa lamakah waktu perjalanan dari mulai mendaki sampai kembali turun gunung nya. Karena tentunya semakin lama kita melakukan pendakian di gunung kita juga membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak, dengan demikian kita juga memerlukan sebuah tas dengan ukuran lebih besar. Sedangkan untuk pendakian yang pendek kita cukup membawa perbekalan sedikit saja sehingga ukuran tas pun lebih baik yang kecil. Berikut ukuran Tas Carrier sesuai waktu perjalanan nya.



  • Pendakian selama 2 hari = Tas Carrier ukuran 40 L

  • Pendakian selama 3 sampai 5 hari = Tas Carrier 50 L sampai 70 L

  • Pendakian selama lebih dari 5 hari = Tas Carrier 70 L keatas


Untuk perkiraan ukuran di atas juga perlu di pertimbangkan lagi dengan jenis kegiatan dan jumlah rombongan. Jika akan melakukan pendakian biasa atau travelling mungkin ukuran di atas cukup namun jika untuk pendakian ekspedisi atau membuka jalur baru tentunya bisa menyesuaikan lagi. Terlebih jika jumlah rombongan sedikit mungkin tas dengan kapasitas lebih besar di butuhkan.


Memilih Style Dari Tali Bahu dan Tali Pinggang



Tas Carrier yang telah di isi berbagai macam keperluan pendakian biasa nya memang berat, karena berat tersebut lah kita mesti pintar memilih tali bahu dan tali punggung nya agar nyaman ketika di gunakan. Biasa nya beban seluruh tas di topang di bahu, jadi agar mengurangi cedera pada bahu pilih lah bahan yang empuk dan nyaman saat di gunakan. Selain tali bahu, tali pinggang juga berperan penting untuk mengurangi beban keseluruhan yang di topang oleh bahu. Jika tali pinggang pas dan nyaman di gunakan, maka beban di bahu pun akan berkurang walau sedikit.


Jangan lupa pula untuk memilih yang tersedia tali dada nya, karena juga bisa membantu menopang beban. Dan yang paling penting adalah peluit yang menyatu dengan tali dada atau tali bahu karena jika kita tersesat dan hilang dari rombongan peluit itu bisa berfungsi sebagai tanda keberadaan kita agar rombongan lebih mudah menemukan kita. Tapi biasa nya semua jenis tas carrier yang di jual di pasaran sudah terdapat peluit dan tali dada tersebut.


TIPS MEMILIH TAS CARRIER YANG BAIK UNTUK PENDAKIAN


Jumlah Bukaan Atau Resleting Pada Tas Carrier



Jumlah bukaan pada Tas Carrier sangat penting jika kita membutuhkan sesuatu yang berada di dalam tas. Jumlah bukaan yang baik biasa nya ada empat bukaan yaitu dari atas, tengah, belakang dan bawah. Misal nya saja kita membutuhkan sesuatu barang yang letak nya di tengah, jika kita menggunakan Carrier dengan jumlah bukaan 4 tersebut kita bisa dengan mudah membuka resleting tengah dan mengambil barang yang kita butuh kan. Namun jika Tas Carrier kita hanya memiliki 1 bukaan dari atas kita mau tidak mau harus membongkar seluruh bagian tas untuk mendapatkan barang yang di perlukan.


Biasa nya Tas Carrier dengan jumlah bukaan yang banyak juga memiliki harga yang mahal, tapi itu lebih baik dari pada yang memiliki bukaan hanya 1. Namun jika sudah terlanjur membeli Tas Carrier dengan jumlah bukaan hanya satu bisa disiasati dengan melakukan packing yang benar. Taruh barang barang yang sekira nya tidak di butuhkan dalam perjalanan di posisi paling bawah seperti Slepping Bag dan peralatan masak, sedangkan peralatan P3K bisa di taruh di atas.


Pilih Bahan Dan Merk Yang Berkualitas



Pendakian adalah bukan lah sebuah hobi yang menyenangkan saja melainkan menyimpan resiko berbahaya. Bahkan tidak sedikit yang mengalami kecelakaan, cidera bahkan kematian akibat dari melakukan pendakian. Maka dari itu kita harus memperhatikan segala aspek pendukung nya termasuk dari memilih Tas Carrier. Saat hendak memilih tas usahakan membeli lah tas yang berkualitas mulai dari bahan serta fasilitas yang terdepat dalam tas tersebut. Walaupun biasa nya tas dengan kualitas terbaik itu mahal tapi itu lebih baik dari pada tas murah kualitas jelek.




 
Tentunya kita tidak mau celaka saat melakukan pendakian dan bisa kembali kerumah dengan selamat. Maka dari itu jangan terlalu sayang untuk mengeluarkan sedikit uang lebih banyak untuk membeli Tas Carrier berkualitas. Karena biasa nya Carrier berkualias selain lebih safety juga akan lebih nyaman apabila di gunakan saat pendakian. Dan yang paling penting mengurangi kemungkinan cedera pada tubuh terutama bahu yang beberapa hari terus menggendong Tas Carrier.


TIPS MEMILIH TAS CARRIER YANG BAIK UNTUK PENDAKIAN


Itu adalah beberapa Tips Memilih Tas Carrier Yang Baik Untuk Pendakian agar selama perjalanan kita lebih nyaman dan aman dari resiko cedera. Semoga bisa membantu bagi para pendaki yang ingin membeli Tas Carrier. Bagi yang ingin membeli Tas Carrier bisa mencoba nya disini Mandalawangai Outdoor Pekalongan. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memilih Tas Carrier Yang Baik Untuk Pendakian