Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 10 May 2016

Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme, Netralisme, Amensalisme Dan Simbiosis Kompetisi

WENEXT.NET Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Parasitisme, Simbiosis Komensalisme, Simbiosis Netralisme, Simbiosis Amensalisme Dan Simbiosis Kompetisi. Artikel kali saya akan mencoba membahas mengenai pengertian simbiosis, berbagai macam simbiosis dan contoh nya dari masing masing simbiosis yang saya sebutkan di atas. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Langsung saja kita mulai pembahasannya.




Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme, Netralisme, Amensalisme Dan Simbiosis Kompetisi


Pengertian Simbiosis


Muncul nya kata simbiosi awalnya berasal dari bahasa Yunani, yang pertama adalah kata " SYM " yang berarti dengan dan " BIOSIS " yang berarti kehidupan. Jadi bisa di tarik kesimpulan bahwa yang dinamakan Simbiosis adalah interaksi antara dua mahkluk hidup atau lebih yang berdampingan serta memiliki berbagai dampak sesuatu. Dari berbagai dampak sesuatu itu lah muncul pengelompokan tentang simbiosis tersebut di antara nya adalah Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme, Netralisme, Amensalisme Dan Simbiosis Kompetisi. Berikut pemaparan lengkap nya.

Simbiosis Mutualisme


Simbiosis Mutualisme adalah interaksi antara dua mahkluk hidup atau lebih yang berakibat kedua nya mendapatkan keuntungan. Jadi bisa dikatakan kalau Simbiosis Mutualisme adalah simbiosis yang sama sama untung, kedua makhluk hidup yang berdampingan mendapatkan sesuatu keuntungan dari interaksi tersebut. Sebagai contohnya adalah.





  • Bunga dengan Kupu Kupu

  • Burung Jalak dan Kerbau

  • Berbagai Jenis Jamur dan Lumut

  • Flagellata dan Rayap


Dari berbagai contoh tersebut saya ambil salah satu nya yaitu Burung Jalak dan Kerbau. Burung Jalak mendapatkan keuntungan dengan memakan kutu yang ada di dalam tubuh kerbau sedangkan kerbau juga mendapatkan keuntungan dengan hilangnya kutu yang berada di tubuhnya. Contoh lainnya adalah Bunga dengan Kupu Kupu, Kupu Kupu membutuhkan Nektar yang terdapat dalam bunga sebagai makanan nya sedangkan bunga juga membutuhkan Kupu Kupu untuk membantu nya dalam proses penyerbukan.


Simbiosis Parasitisme


Simbiosis Parasitisme adalah interaksi antara dua mahkluk hidup atau lebih yang berakibat salah satu makhluk hidup mendapat keuntungan dan yang lainnya mendapatkan kerugian. Jadi dalam hubungan ini yang satu mendapat untung dan yang lainnya mendapatkan kerugian. Sebagai contohnya adalah.





  • Tali Putri dan Inang nya

  • Cacing Pita dan Manusia

  • Benalu dan Pohon Mangga

  • Tikus dan Petani


Dalam hubungan antara Tikus dan Petani yang menjadi pihak di untungkan adalah Tikus karena para Tikus mendapatkan makanan dari tanaman yang ditanam oleh Petani, sedangkan Petani menjadi pihak yang di rugikan karena tanaman yang mereka tanam dengan susah payah di makan oleh Tikus sehingga tidak bisa panem.

Contoh kedua adalah Tali Putri dan Inang nya, Tali Putri adalah tumbuhan yang mirip seperti mi yang berwarna kuning, biasa tumbuhan ini merambat di tumbuhan lainnya. Tali Putri adalah tumbuhan yang tidak bisa menghasilkan makanan sendiri jadi tumbuhan ini mengambil makanan dari tumbuhan lain yang di tumpangi nya, sedangkan tumbuhan yang di tumpangi mengalami kerugian karena makanan nya di curi oleh Tali Putri.


Simbiosis Komensalisme


Berbeda dengan Simbiosis Parasitisme yang salah satu makhluk hidup nya mendapat kerugian. Dalam Simbiosis Komensalisme salah satu makhluk nya tidak mendapatkan kerugian atau pun keuntungan. Jadi bisa di artikan bahwa interaksi antara dua mahkluk hidup atau lebih yang berakibat salah satu nya di untungkan sedangkan yang lain tidak mendapatkan akibat dari hubungan tersebut atau bisa di bilang tidak untung tidak rugi. Sebagai contohnya adalah.





  • Bunga Anggrek dan Pohon Mangga

  • Tumbuhan Paku dan Pohon Jati

  • Ikan Remora dan Ikan Hiu

  • Ikan Goby dan Bulu Babi



Berbeda antara Benalu dan Pohon Mangga dimana Pohon Mangga mengalami kerugian, dalam hubungan antara Bunga Anggrek dan Pohon Mangga ini dimana Pohon Mangga tidak mendapatkan dampak apapun karena Bunga Anggrek hanya menumpang di dalam batang Pohon Mangga agar bisa lebih mudah terkena sinar matahari dan untuk makanan Bunga Anggrek mendapatkan nya dari kulit Pohon Mangga yang sudah lapuk.

Contoh lainnya adalah Ikan Remora dan Ikan Hiu, Ikan Remora adalah ikan kecil yang hidup di sekitar Ikan Hiu, mereka selalu mengikuti kemanapun Ikan Hiu pergi, dengan demikian mereka akan aman dari ikan pemangsa lain serta mendapatkan sisa sisa makanan dari Ikan Hiu. Sementara Ikan Hiu tidak mendapatkan kerugian ataupun kerugian lainnya.




Simbiosis Netralisme


Simbiosis Netralisme adalah interaksi antara dua mahkluk hidup atau lebih yang tidak berakibat apa apa kepeda kedua makhluk tersebut. Jadi walaupun mereka hidup berdampingan satu sama lain namun kedua nya tidak mendapatkan keuntungan ataupun kerugian sama sekali. Sebagai contoh nya adalah.



  • Sapi dan Jangkrik

  • Harimau dan Burung Hantu

  • Monyet dan Semut

  • Gajah dan Jerapah


Dalam padang rumput di sebuah savana terdapat beraneka ragam makhluk hidup yang berdampingan di antara nya adalah Gajah dan Jerapah, namun walau mereka hidup berdampingan kedua nya sama sekali tidak mendapatkan pengaruh dari hubungan tersebut. Kedua nya tidak rugi tidak juga untung. Begitu juga dengan kehidupan Harimau dan Burung Hantu di dalam hutan, meskipun kedua nya menghuni hutan yang sama mereka tidak mendapatkan apa apa dari hubungan tersebut.


Simbiosis Amensalisme


Simbiosis Amensalisme adalah kebalikan dari Simbiosis Komensalisme, jadi dari interaksi tersebut salah satu nya mengalami kerugian sedangkan yang lainnya tidak mengalami dampak apapun. Dalam Simbiosis Amensalisme ini sering juga dikaitkan dengan Zat Alelopati yaitu zat yang bisa menghambat pertumbuhan berbagai jenis tanaman. Zat Alelopati ini di keluarkan oleh berbagai jenis tumbuhan seperti Pohon Pinus, Gulma, Walnut dan berbagai jenis tumbuhan lainnya. Contoh dari Simbiosis Amensalisme ini adalah.



  • Pohon Pinus dan Tanaman disekitarnya

  • Gulma dan Tanaman Produksi

  • Pohon Walnut dan Tanaman disekitarnya

  • Ganggang Hydrodictyon dan Scenedesmus


Pohon Pinus merupakan salah satu pohon yang bisa menghasilkan Zat Alelopati, dan dari Zat Alelopati tersebutlah menjadi kan tanaman di sekitar nya mati karena pertumbuhan nya terhambat oleh kehadiran zat tersebut. Biasa nya di dalam sebuah hutan Pinus memang tidak terlihat tanaman lain yang hidup disana melainkan semua nya hanya lah Pohon Pinus. Karena bagi Pohon Pinus sendiri Zat Alelopati tersebut tidak memiliki dampak apapun. Begitu juga dengan Gulma yang menghasilkan Zat Alelopati sehingga kehadirannya bisa menghambat pertumbuhan bagi tanaman produksi yang hidup di sekitarnya.


Simbiosis Kompetisi


Seperti namanya Simbiosis Kompetisi, dalam hubungan yang termasuk dalam simbiosis ini biasa nya terjadi sebuah kompetisi untuk memenangkan sesuatu seperti makanan, tempat kekuasaan, dan juga persaingan mendapatkan betina. Biasa nya dalam simbiosis ini terjadi kepada makhluk hidup yang sejenis atau pun memiliki sifat dan kebiasaan yang sama. Contoh nya adalah.



  • Harimau dan Singa

  • Kerbau dan Sapi

  • Serigala dan Jaguar

  • Berbagai Tanaman Tumpang Sari


Dalam simbiosis ini biasa nya terjadi karena ingin memperebutkan sesuatu, contohnya adalah Harimau dan Singa dalam sebuah ekosistem savana yang berkompetisi mendapatkan makanan atau pun mempertahan kan daerah kekuasaannya. Sementara antara Sapi dan Kerbau juga terjadi Simbiosis Kompetisi karena kedua nya sama sama hewan herbivora yang memakan tumbuhan sehingga mereka saling berlomba memperebutkan makanan.


Itulah pembahasan Pengertian dan Contoh dari Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Parasitisme, Simbiosis Komensalisme, Simbiosis Netralisme, Simbiosis Amensalisme Dan Simbiosis Kompetisi. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme, Netralisme, Amensalisme Dan Simbiosis Kompetisi