Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 10 May 2016

Mendaki Puncak Gunung Takao

ARISTO.ID. Mendaki Puncak Gunung Takao. Liburan Golden Week kali ini sebenar nya saya berencana ngetrip ke Nagano Ken namun karena beberapa alasan akhir nya saya pergi ke Gunung Takao atau Takao San dalam bahasa Jepang. Gunung Takao terletak di Hachioji yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Tokyo. Gunung Takao juga menjadi tujuan pendakian dari warga Jepang sendiri maupun turis asing karena akses nya yang mudah dan fasilitas yang tersedia pun bisa di katakan lengkap.

MENDAKI PUNCAK GUNUNG TAKAO

Biasa nya warga Jepang mendaki gunung bukan untuk menginap dan mendirikan tenda disana namun hanya sebagai sarana olahraga serta melatih fisik disamping juga menikmati keindahan alam pegunungan. Biasa nya mereka pergi mendaki pada pagi atau siang hari dan kembali turun pulang saat sore hari, dari orang tua sampai anak kecil juga banyak saya temui di Gunung Takao ini. Bahkan banyak juga para orang tua yang menggendong anak nya yang masih balita untuk mendaki Gunung Takao ini.

Cable Car dan Chair Lift

Untuk mendaki Gunung Takao ini disediakan Cable Car dan juga Chair Lift untuk menuju ke atas namun bukan sampai puncak nya. Bagi anda yang tidak ingin terlalu menghabiskan banyak tenaga bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk membantu mendaki Gunung Takao untuk yang ingin menggunakan Cable Car bisa naik dari Kiyotaki Station dan nantinya akan di turun kan di Takaosan Station. Perjalanan menggunakan Cable Car tersebut memakan waktu sekitar 6 menit dan harga tiket 480 yen, jika ingin membeli tiket pulang pergi kita akan mendapatkan harga yang lebih murah yaitu 930 yen.

MENDAKI PUNCAK GUNUNG TAKAO

Sedangkan jika menggunakan Chair Lift kita berangkat dari Sanroku Station dan nanti nya akan turun di Sanjo Station dan membutuhkan waktu sekitar 12 menit. Untuk letak Sanroku Station dengan Kiyotaki Station berdekatan atau bisa di katakan bersebelahan namun untuk stasiun pemberhentian jarak nya lumayan jauh antara Sanjo Station dan Takaosan Station. Nah dari stasiun pemberhentian tersebut membutuhkan waktu sekitar 40 menit jalan kaki untuk menuju puncak Gunung Takao.

Namun jangan khawatir karena dalam sepanjang perjalanan kita akan banyak menemui kedai kedai yang menjajakan makanan serta tempat untuk beristirahat. Selain itu jika melewati jalur ini nanti nya kita akan melihat Taman Kera, karena di area tersebut banyak kera yang akan kita jumpai sedang bergelayutan di sepanjang jalan. Selain itu jika kita melewati jalur ini kita juga akan menemui Buddhist Stupa dan juga Jembatan Gantung yang indah dengan pemandangan alam yang asri.

Jalur Pejalan Kaki

Yang kedua adalah jalur pejalan kaki yaitu jalur yang saya lewati baik pergi maupun saat pulang. Berbeda dengan jalur yang menggunakan Cable Car maupun Chair Lift, di sepanjang jalur pejalan kaki ini kita tidak akan menemukan kedai atau pun orang berjualan makanan atau minuman. Yang akan kita temui hanyalah jalan setapak sampai puncak nantinya namun di jalur ini juga banyak saya temui warga Jepang atau pun asing yang sedang melakukan pendakian pula. Bahkan saya sempat bertemu dengan orang Jepang yang membawa keluarga nya dan 3 orang anak yang masih balita, salah satunya di gendong oleh bapak nya.

MENDAKI PUNCAK GUNUNG TAKAO

Di sepanjang jalur pejalan kaki ini juga cukup memuaskan karena pemandangan dan suasana pegunungan yang masih asli bisa kita dapatkan disini. Di tengah perjalanan juga nanti nya akan kita temui sebuah base camp yang merupakan tempat istirahat bagi para pendaki yang kelelahan. Perjalanan menuju puncak sekitar 1 jam setengah dengan berjalan santai, karena saya saat itu juga membawa Carrier yang berat dan juga tenda yang rencana nya akan saya dirikan di puncak nanti nya.

Setelah sampai di puncak ternyata saya mendapati suasana yang berbeda dari bayangan. Puncak Gunung Takao ternyata sangat ramai sekali, lebih tepat di sebut obyek wisata kalau menurut saya, dan saya pun memutuskan untuk tidak mendirikan tenda disana. Karena selain ramai tidak ada tempat yang pas untuk menikmati suasana malam ala pegunungan disana. Namun perjalanan tidak sia sia karena dari puncak saya bisa melihat pesona Gunung Fuji walau hanya terlihat sedikit saya. Di puncak sendiri juga banyak terdapat kedai yang menjual makanan, karena itulah saya memutuskan pulang. Yang saya cari adalah ketenangan alam bukan seperti yang saya temukan disana.

Akses Menuju Gunung Takao

Untuk menuju Gunung Takao bisa di akses dari Shinjuku Station dengan menggunakan Keio Line dan nanti nya turun di Takaosanguchi Station yang merupakan stasiun terakhir disana. Biaya yang di perlukan adalah 390 yen dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Setelah turun dari Takaosanguchi Station tinggal melanjutkan berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke Cable Car dan Chair Lift Station.