Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 21 May 2016

Itinerary 7 Hari Jepang Hari Osaka, Kobe, Kyoto, Gunung Fuji Dan Awaji

ARISTO.ID Itinerary 7 Hari Jepang Hari Osaka, Kobe, Kyoto, Gunung Fuji Dan Awaji. Kebetulan beberapa hari ini otak saya tidak ada ide untuk menulis. Kemudian iseng share salah satu artikel dari blog ini dan kemudian ketemu lah dengan seseorang  yang mempunyai rencana untuk liburan 7 hari di Jepang dengan kota yang ingin di kunjungi antara lain Osaka, Kobe, Kyoto, Gunung Fuji dan Awaji Island yang sebagian terletak di daerah Kansai Jepang. Dari situlah kemudian saya coba membantu dengan membuat Itinerary ini untuk beliau yang rencana akan datang ke Jepang di bulan Oktober nanti beserta keluarga nya.




Itinerary 7 Hari Jepang Hari Osaka, Kobe, Kyoto, Gunung Fuji Dan Awaji




Sebelum nya saya juga sempat menulis beberapa artikel tentang Itinerary untuk berlibur ke Jepang yang menjadi salah satu artikel terpopuler dalam Blog saya ini. Berikut beberapa artikel Itinerary Jepang yang sebelumnya saya buat semoga juga menjadi referensi untuk pembaca yang ingin berlibur ke negeri matahari terbit ini.

Japan Itinerary 7 Hari Hanya 7 Juta Saja

Itinerary Keliling Tokyo 2 Hari Saja

Itinerary 7 Hari Keliling Tokyo Saja

Langsung saja kita mulai perjalanan 7 hari di Osaka, Kobe, Kyoto, Gunung Fuji dan Awaji Island.

Itinerary 7 Hari Jepang Hari Osaka, Kobe, Kyoto, Gunung Fuji Dan Awaji


Hari Pertama Osaka


Tempat pertama yang wajib di kunjungi di Osaka adalah Osaka Castle. Osaka Castle adalah salah satu obyek wisata yang paling terkenal baik oleh turis dalam negeri maupun turis dari luar negeri. Bahkan  Osaka Castle ini juga masuk di dalam buku buku bahasa Jepang yang juga saya pelajari. Osaka Castle awal nya adalah rumah kediaman dari seorang pendeta Budha yang berpengaruh di daerah Kansai saat itu. Namun Osaka Castle yang saat ini adalah yang sudah mengalami banyak perombakan karena berkali kali pula hancur dan kemudian di bangun lagi.

Selengkap nya Tentang Osaka Castle

Setelah dari berkeliling Osaka Castle jangan lupa pula untuk berkunjung sebentar ke Osaka Museum yang di sana berjajar foto foto dan cerita sejarah Osak dari jaman dulu hingga menjadi Osaka yang seperti sekarang ini. Kemudian kita bisa melanjutkan perjalanan ke Shin Umeda City untuk melihat kepadatan kota Osaka dari lantai 40 Observation Deck. Dari Shin Umeda City kita bisa melanjutkan perjalanan ke Universal Studio Japan untuk bermain wahana yang tersedia atau hanya sekedar berjalan jalan saja serta mampir di Takoyaki Museum yang memang terletak di sekitar area Osaka Universal Studio. Namun jika ingin bermain seluruh wahana nya saya saran kan sediakan satu hari khusus untuk bermain di USJ ini agar puas bermain.


Untuk kehidupan malam di Osaka kita bisa berkunjung ke Dottonbori, Namba, Shinshaibashi dan Ebisu Bridge yang masih terletak di dalam satu kawasan. Kawasan tersebut merupakan kawasan gang yang sangat panjang yang di kelilingi oleh pertokoan yang menjajakan beraneka ragam keperluan mulai dari makanan, pakaian dan juga barang kebutuhan lainnya. Yang pasti kehidupan malam disini sangat menarik karena kita akan melihat lautan manusia di sepanjang gang tersebut yang penuh sesak.


Untuk berkeliling di Osaka, Kobe dan Kyoto saya saran kan untuk menginap di satu penginapan saja karena memang jarak nya yang cukup dekat dan penginapan yang murah yang saya saran kan adalah Hotel Sun Plaza yang berada di daerah Shin Imamiya Station. Penginapan nya memang kecil hanya sekitar 2x4 meter tapi untuk berdua sangat pas, untuk kamar mandi nya di luar dan shower pun di luar dengan 1 menit harus membayar 100 yen. Sementara untuk Transport nya disini saya menggunakan JR Kansai Pass untuk 4 hari keliling Osaka, Kobe dan 2 hari di Kyoto.



Estimasi Anggaran :JR Kansai Area Pass : 6.920 yen ( 692 000 rupiah )
Penginapan 4 Hari : 12.000 yen
Makan 3 x 500 : 1.500 yen
Total : 20.420 yen

Untuk tiket JR Pass bisa di lihat disini his-travel.co.id/jrpass

Hari Kedua Kobe



Setelah seharian kemarin kita berkeliling Osaka di hari kedua ini kita akan coba mengelilingi Kobe yaitu daerah di sebelah barat Osaka. Banyak juga yang bisa kita kunjungi di Kobe salah satu nya adalah Kobe Harborland yaitu kota pelabuhan Kobe. Tempat ini merupakan tempat istimewa juga bagi para wisatawan terlebih yang menyukai fotografi karena disini merupakan salah satu spot terbaik di Kobe. Terlebih saat malam hari berbagai cahaya yang menghiasi akan menambah keindahan Kobe Harborland ini.


Kobe Harborland kita taruh dalam perjalanan sore sampai malam hari saja, sementara untuk pagi dan siang hari nya kita mengunjungi Kobe City Hall, Ikuta Shrine dan juga Masjid Kobe. Ketiga tempat tersebut berdekatan jadi sangat ccok dan pas di jadikan tempat tujuan saat ke Kobe. Kobe City Hall merupakan sebuah Observation Deck jadi kita bisa melihat suasana kota Kobe dari ketinggian yang dijamin sangat indah apalagi dengan adanya laut di sebelah selatan membuat pemandangan menjadi lebih adem.



Tidak jauh dari Kobe City Hall terdapat sebuah kuil yang cukup besar dan ramai, itulah Ikuta Shrine. Kuil ini di bangun pada sekitar abad ke 3 yang merupakan salah satu kuil Shinto tertua juga di Jepang. Arsitektur Ikuta Shrine ini sangat menarik dengan gerbang ( Torii ) merah nya di depan yang mencolok dan megah. Disini dipercaya bisa meminta kemakmuran dalam berbisnis, mendapatkan jodoh dan juga kehidupan yang lebih sehat. Tidak jauh pula dari Ikuta Shrine ada sebuah masjid yang cukup terkenal yaitu Masjid Kobe.

Sebagai seorang muslim tentunya jangan sampai melewatkan untuk berkunjung dan menunaikan ibadah sholat disini, dan pasti nya suasana sholat di asjid Indonesia dan di Masjid Kobe ini berbeda. Yang menarik dari Masjid Kobe ini adalah bangunan nya yang tetap kokoh berdiri saat bangunan di sekitar nya hancur akibat perang dunia dan juga berbagai bencana yang terjadi di Jepang. Itulah  " Mukjizat " dari Allah untuk para kaum muslimin di Jepang maupun di dunia.



Estimasi Anggaran :Makan 3 x 500 : 1.500 yen
Total : 1.500 yen


Hari Ketiga Kyoto


Untuk hari ketiga nanti nya kita akan berkeliling Kyoto dengan mengunjungi kebun bambu Arashiyama dan Kuil Fushimi Inari. Pertama kita mengunjungi kebun bambu Arashiyama terlebih dahulu, untuk rute nya sendiri sangat mudah, dari Kyoto Station cuma membutuhkan waktu sekitar 23 menit menggunakan JR San In Line yang sudah di cover oleh JR Pass yang kita beli di awal. Arashiyama sangat cocok untuk refreshing karena udara disana sangat segar, kita bisa mengelilingi kebun bambu dengan cara berjalan kaki atau pun dengan menaiki becak yang banya tersedia disana.


Dari Arashiyama kita melanjutkan perjalanan di Kuil Fushimi Inari yang merupakan salah satu kuil terkenal di Kyoto bahkan Jepang. Kuil ini terkenal dengan 1000 Torii atau gerbang merah yang berjajar rapi sepanjang jalur menuju puncak Gunung Inari. Konon menurut cerita 1000 Torii ini adalah sumbangan dari warga pengikut kuil Fushimi Inari ini pada tahun 1700. Dan di jajaran 1000 Torii ini lah biasa nya para turis banyak mengabadikan moment mereka disini.




Baca Juga Kuil Fushimi Inari Taisha



Dari Kuil Fushimi Inari ini kita bisa melanjutkan perjalanan menikmati suasana sore dan malam hari di Kyoto Station. Disekitar Kyoto Station juga terdapat Kyoto Tower yang juga merupakan ikon dari Kyoto yang menurut informasi sudah tersedia ruangan khusus untuk muslim melaksanakan ibadah sholat. Kita bisa masuk dan naik keatas Kyoto tower mulai dari pukul 09.00 pagi sampai dengan 20.30 malam dengan harga tiket 770 yen.




Estimasi Anggaran :Makan 3 x 500 : 1.500 yen
Tiket Kyoto Tower : 770 yen
Total : 2.270 yen


Hari Keempat Kyoto


Hari keempat kita juga akan masih berkeliling Kyoto, pertama yang kita kunjungi adalah Kinkakuji yang merupakan pavilion emas yang cukup terkenal di Kyoto. Kyoto memang terkenal dengan kekayaan budaya nya karena Kyoto sendiri merupakan bekas ibukota Jepang sebelum pindah ke Tokyo jadi tidak heran jika Kyoto kaya akan nilai sejarah. Untuk menuju Kuil Kinkakuji ini kita perlu menaiki shutle bus dari Kyoto Station dengan jarak tempuh sekitar 41 menit dan biaya 230 yen dengan bus no 205. Biasa nya untuk para turis juga banyak disediakan papan petunjuk menuju bus yang akan mengangkut ke Kuil Kinkakuji tersebut.


Yang kedua kita ke kuil lagi yaitu Kiyomizudera, dari Kinkakuji sendiri kita harus kembali lagi ke Kyoto Station untuk kemudian kembali naik bus yang berbeda menuju Kiyomizudera. Kiyomizudera adalah kuil Budha kuno yang di bangun sekitar tahun 798 Masehi dan sampai sekarang setidak nya sudah mengalami 10 kali perbaikan akibat kerusakan dari kebakaran, perang dan bencana alam. Yang menarik di area kuil ini terdapat dua buah batu yang dinamakan " Batu Buta " dan " Batu Peramal Cinta ". Konon jika kita berjalan sekitar 100 meter menuju Batu Buta dengan menutup mata permintaan kita akan terpenuhi.


Selain Kinkakuji yang merupakan pavilion emas di Kyoto juga terdapat pavilion perak yang dalam bahasa Jepang disebut Ginkakuji. Dari Kyoto Station juga perlu menaiki bus terlebih dahulu untuk sampai ke Ginkakuji ini, dengan waktu sekitar 39 menit dan tiket sebesar 230 yen. Walaupun nama nya berarti pavilion perak namun kuil ini tidak berwarna perak karena saat akan di cat perak terjadi Perang Onin yang menyebabkan rencana tersebut di batalkan.



Estimasi Anggaran :Makan 3 x 500 : 1.500 yen
Total Tiket Bus PP : 1.380 yen
Total : 2.880 yen

Hari Kelima Gunung Fuji


Untuk hari kelima ini kita akan ke Gunung Fuji tapi bukan untuk mendaki hanya melihat keindahan Gunung Fuji dari spot terpopuler yaitu Danau Kawaguchiko. Untuk transport nya sendiri dari Osaka menggunakan Willer Express bus menuju Tokyo, jadi sepulang dari Kyoto di hari keempat kita langsung kemas kemas barang dan berangkat ke Osaka Station untuk memesan tiket bus yang berangkat malam itu juga, kalau bisa sebaiknya lakukan pemesanan sebelum hari keberangkatan agar tidak kehabisan tiket. Untuk tiket dari Osaka menuju Tokyo biasa nya berkisar 3.520 yen.



Cek Website Willer Express Bus DISINI

Sesampai nya di Tokyo Station kita menuju ke Shinjuku Station untuk kembali naik bus menuju Danau Kawaguchiko dengan harga tiket sebesar 2.500 yen untuk tiket PP. Danau Kawaguchiko adalah salah satu spot terkenal bagi para fotografer termasuk saya sendiri yang sudah beberapa kali sengaja ke sana hanya untuk memotret Gunung Fuji, namun waktu yang paling tepat sebenar nya adalah saat pagi hari menjelang dan sesudah matahari terbit. Selain sebagai spot para fotografer Danau Kawaguchiko juga bisa dinikmati dengan bersantai di tengah danau menggunakan perahu atau boat. Banyak juga para turis yang menyewa perahu untuk menikmati pemandangan Gunung Fuji dari tengah danau.

Baca Juga Sunrise Gunung Fuji Dari Kawaguchiko

Setelah menikmati pemandangan dari Kawaguchiko selanjutnya kita ke Chureito Pagoda. Tentu nya kita pernah melihat pemandangan Gunung Fuji dari sebuah pagoda yang di hiasi oleh bunga sakura, dari Chureito Pagoda lah foto itu di ambil. Sebenar nya moment paling pas adalah saat musim semi berbarengan dengan mekar nya bunga sakura, namun walaupun tanpa bunga sakura keindahan Chureito Pagoda dan Gunung Fuji juga tidak kalah mempesona nya. Dari Chureito Pagoda kemudian kita lakukan perjalan seperti tadi lagi dengan menaiki bus menuju Shinjuku dan kembali lagi ke Osaka dengan Willer Express.

Baca Juga Pemandangan Chureito Pagoda Dan Gunung Fuji

Estimasi Anggaran :Makan 3 x 500 : 1.500 yen
Tiket Willer Expres Bus PP 3.520 yen x 2 : 7.040 yen
Tiket Bus Shinjuku - Kawaguchiko PP : 2.500 yen
Tiket Kereta Shinjuku - Tokyo PP : 400 yen
Tiket Kereta Kawaguchiko - Chureito pagoda PP : 600 yen
Total : 12.040 yen

Hari Keenam Awaji Island


Dari Osaka Station untuk menuju Awaji Island bisa di tempuh sekitar 2 jam dengan menaiki kereta menuju Maiko Station dan di lanjutkan dengan bus sampai ke Awaji Island. Biaya yang di perlukan sekitar 2.350 yen untuk harga tiket kereta dan juga tiket bus. Apa sie yang ada di Awaji Island ? Awaji Island itu sebuah pulau di seberang Kobe yang memiliki suasana sangat damai, nyaman dan sangat cocok untuk relaksasi. Bagi yang selalu disibukkan dengan rutinitas kerja sangat pas sekali jika memilih berwisata di Pulau Awaji ini.



Kita bisa menaiki kapal ke tengah laut yang nanti nya disana kita akan menjumpai Pusaran Air Terbesar Di Dunia. Namun walaupun terlihat menyeramkan ternyata berlibur ke Awaji Island dengan menaiki kapal bisa sejenak melepas penat dan melupakan kesibukan di kantor. Malam hari nya kita juga bisa menginap di Awaji Island dan banyak penginapan disini yang menyuguhkan panorama indah dari jendela kamar nya.

Baca Juga Referensi Mengenai Liburan Di Awaji Island DISINI



Selain naik kapal ke tengah laut di Awaji Island juga banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi seperti Awaji Highway Oasis dan Awaji Hanasajiki yang merupakan taman bunga dengan berbagai koleksi bunga nya yang cukup banyak. Untuk penginapan nya bisa mencari sendiri menyesuaikan tempat yang di inginkan atau bisa menginap di Awaji Tourist Trophy House yang merupakan hostel dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 27 USD atau sekitar 3.500 yen. Untuk pemesanan bisa menggunakan aplikasi Hostelword yang bisa di download di play store untuk pengguna android dan app store untuk pengguna Iphone.
Estimasi Anggaran :Makan 3 x 500 : 1.500 yen
Tiket Transport Ke Awaji Island : 2.350 yen
Hostel : 3.500 yen
Total : 7.350 yen


Hari Terakhir Awaji Island, Osaka Station dan Go Home


Untuk hari terakhir di Jepang ini kita bisa melanjutkan perjalanan dengan sebentar berkeliling di Awaji Island, kemudian di lanjutkan kembali lagi ke Osaka Station dan berakhir di bandara untuk pulang ke Indonesia. Selain Awaji Highway Oasis dan Awaji Hanasajiki yang bisa di kunjungi kemarin masih banyak tempat yang bisa di kunjungidi Awaji Island di antara nya Akashi Kaikyo National Goverment Park, Awaji Yumebutai, dan Hokudan Earthquake Memorial Park.


Akashi Kaikyo National Goverment Park adalah sebuah taman pemerintahan yang cukup luas, disini banyak sekali tanaman yang di modifikasi menyerupai bentuk sesuatu seperti gurita dan juga burung. Awaji Yumebutai juga merupakan sebuah taman yang memiliki desain bangunan bersusun seperti metode terasering dalam pertanian di daerah pegunungan. Sementara untuk Hokudan Earthquake Memorial Park adalah sebuah taman museum yang menyajikan berbagai simulasi dari akibat gempa yang emang sering terjadi di Jepang.


Kemudian kita lanjutkan perjalanan untuk kembali ke Osaka dengan menggunakan bus dan kereta yang sama seperti kemarin. Sebelum kembali ke bandara kita bisa sejenak berjalanjalan di area Osaka Station yang ramai sekali dengan berbagai pertokoan dan restoran yang berjajar disana. Kita bisa sejenak berbelanja oleh oleh atau menikmati berbagai macam makanan khas Osaka seperti Takoyaki yang juga merupakan jajanan Jepang favorit saya pribadi. Setelah berjalan jalan di sekitar Osaka Station kemudian kita menuju bandara dengan bus untuk pulang kembali ke Indonesia.



Baca Juga Takoyaki Makanan Khas Daerah Kansai

Estimasi Anggaran :Makan 3 x 500 : 1.500 yen
Tiket Transport Dari Awaji Island Ke Osaka : 2.350 yen
Bus Ke Bandara : 1.550 yen
Total : 5.400 yen

Itulah susunan Itinerary yang bisa di jadikan referensi jika anda ingin berlibur ke Jepang selama 7 hari dengan kota tujuan seperti yang saya sebutkan di atas yaitu Osaka, Kyoto, Kobe, Gunung Fuji dan juga Awaji Island. Berikut saya jumlah estimasi anggaran yang di keluarkan selama 7 hari.

Estimasi Total Anggaran :Hari Pertama : 20.420 yen
Hari Kedua : 1.500 yen
Hari Ketiga : 2.270 yen
Hari Keempat : 2.880 yen
Haari Kelima : 12.040 yen
Hari Keenam : 7.350 yen
Hari Terakhir : 5.400 yen
Total Anggaran : 51.860 yen

Sebagai Catatan dari anggaran di atas adalah :


  • Anggaran tersebut belum termasuk tiket pesawat PP

  • Anggaran tersebut hanya untuk satu orang

  • Belum termasuk oleh oleh

  • Belum termasuk makanan ringan atau snack hanya makanan pokok saja

  • Anggaran di atas hanyalah estimasi yang saya rencanakan jadi bisa berubah ubah sesuai kebutuhan anda sendiri


Pesan Hotel Murah Lewat Agoda.com Disini : Hotel Murah Di Tokyo


Itulah artikel mengenai Itinerary 7 Hari Jepang Hari Osaka, Kobe, Kyoto, Gunung Fuji Dan Awaji semoga bisa membantu para pembaca sekalian  kepada seseorang kenalan saya  yang akan berencana ke Jepang Oktober tahun ini. Semoga bermanfaat dan akhir kata terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Itinerary 7 Hari Jepang Hari Osaka, Kobe, Kyoto, Gunung Fuji Dan Awaji