Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 4 May 2016

Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

WENEXT.NET Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal. Penyakit kencing batu sebenarnya bisa dicegah, untuk cara mencegah penyakit kencing batu yang paling utama adalah dengan mengkontrol kesehatan tubuh diri anda, contoh dari menjaga kesehatan tubuh adalah dengan cara berolahraga, dengan makan makanan yang teratur dan juga yang tidak kalah penting adalah dengan menjaga gaya hidup yang sehat, lalu apakah penyakit kencing batu itu?


Penyakit kencing batu disebabkan oleh batu ginjal yang berada di saluran kemih, yang bebentuk keras seperti batu yang bisa menyebabkan rasa nyeri, pendarahan dan juga penyumbatan di sepanjang saluran kemih atau lebih parah lagi adalah infeksi. Batu ini bisa terbentuk karena proses yang disebut urolitiasis. nah sebelum mencegah penyakit batu ginjal lebih baik kita mengetahui dengan apa penyebab datangnya penyakit batu ginjal ini, berikut beberapa penyebab datangnya penyakit batu ginjal.


Penyebab Datangnya Penyakit Batu Ginjal


 

  • Kadar kalsium sistin, oksalat, dan asam urat serta natrium yang ada dalam urin tinggi. senyawa ini adalah penyebab dari terjadinya pengkristalan mineral

  • Terjadinya infeksi pada saluran kandung kemih

  • tekanan darah yang tinggi

  • Kekurangan cairan, seseorang yang kekurangan cairan bisa menimbulkan terbentuknya batu di ginjal

  • Gaya hidup yang tidak sehat

  • Vitamin A kurang

  • Vitamin B terlalu banyak


Nah setelah kalian mengetahui apa saja penyebab datangnya penyakit batu ginjal, sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana cara mencegah datangnya penyakit batu ginjal, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah langsung saja berikut Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal.


Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal



Banyak Minum Air


 
Jika anda ingin mencegah datangnya penyakit batu ginjal, hal paling mudah yang harus anda lakukan adalah minum banyak air, cairan yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari adalah sebanyak 2 sampai 3 liter. Anda harus memenuhi kebutuhan tubuh tersebut supaya bisa terhindar dari kencing batu ini. Orang yang kebutuhan air dalam tubuh nya cukup selain menghindarkan dari penyakit batu ginjal juga bisa menghindarkan dari penyakit lainnya serta akan bermanfaat sekali bagi kesehatan. Lalu bagaimana kah cara nya mengetahui kebutuhan air dalam tubuh sudah terpenuhi ? Cara nya cukup mudah, dengan melihat warna urin kita sendiri, jika urin berwarna putih bening maka kebutuhan air dalam tubuh sudah tercukupi. Namun jika warna urin kuning atau kecoklatan itu berarti tubuh kekurangan cairan.


Perhatikan Pola Makan



Mengubah kebiasaan dalam hal makanan, anda harus memperhatikan keseimbangan asupan dari garam dan mineral bagi tubuh, jangan asal makan, anda harus sadar jika menjaga gaya makan bisa mencegah datangnya penyakit batu ginjal ini. Lebih spesifik nya lagi kurangi lah memakan makanan yang mengandung  Asam Oksalat. Asam Oksalat adalah senyawa kimia yang 10.000 kali lebih kuat daripada Asam Asesat yang biasa nya di temukan pada susunan utama penyebab penyakit batu ginjal. Makanan yang mengandung Asam Oksalat di antara nya adalah Bayam, Ubi Jalar, Teh Coklat dan berbagai macam kacang kacangan serta berbagai produk dari bahan kedelai.


Kurangi Konsumsi Daging


 
Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mencegah datangnya penyakit batu ginjal adalah dengan mengkurangi mengkonsumsi daging merah, daging ikan laut, dan berbagai produk daging daging lainya. Karena protein hewani yang terlalu banyak di konsumsi juga merupakan salah satu penyebab terjadi nya penyakit Batu Ginjal ini, oleh karena itu kurangi makan daging atau makan daging secukup nya saja dan seimbangkan dengan makan sayuran.


Antibiotic Untuk Tubuh


 
Cara terakhir yang bisa anda lukan untuk mencegah datangnya penyakit batu ginjal adalah dengan menggunakan antibiotik agar terhindar dari segala macam bakteri jahat yang ada dalam tubuh. Untuk masalah Batu Ginjal sendiri di saran kan mengkonsumsi Suplemen Pyridoxine dan Magnesium karena di di konsumsi secara bersama akan mengurangi Asam Oksalat dan Garam Mineral dalam tubuh sehingga meminimalisir terjadi nya penyakit Batu Ginjal. Namun perlu di ingat untu pengonsumsian suplemen ini harus di konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar di berikan dosis yang tepat dan jangan sekali kali bermain dengan dosis obat atau suplemen dengan kemauan sendiri.


Itu lah beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mencegah terjadi nya penyakit Batu Ginjal, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan ? Jika informasi ini bermanfaat silahkan share artikel " Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal " ini sehingga teman atau kerabat anda terhindar dari penyakit Batu Ginjal. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal