Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 16 May 2016

Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

ARISTO.ID Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula. Kamera DSLR akhir akhir ini menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia karena tentunya dengan memiki kamera DSLR bisa menjadi gengsi tersendiri bagi pemakai nya. Selain itu dengan kamera DSLR kita bisa menghasilkan gambar gambar yang bagus yang bisa kita pasang di berbagai media sosial yang kita miliki. Demam DSLR ini sekarang semakin menjamur karena banyak pula bermunculan kamera DSLR dengan harga yang lumayan terjangkau. Bagi anda yang ingin membeli kamera DSLR berikut tips cara memilih kamera DSLR untuk pemula yang perlu di perhatikan.


Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula


Tujuan Membeli DSLR



Saat membeli perangkat elektronik baik itu komputer, laptop, ponsel maupun kamera DSLR yang pertama harus kita perhatikan adalah tujuan dari kita membeli barang tersebut. Jika kita membeli kamera DSLR hanya untuk sekedar punya saja tidak perlu lah membeli yang mahal atau profesional. Cukup beli saja kamera DSLR untuk kelas biasa saja namun jika kita membeli dengan berniat ingin mendalami nya lebih jauh sangat perlu memperhatikan faktor faktor lainnya seperti harga dan spesifikasi. Paling tidak beli lah kamera DSLR yang semi pro karena kamera semi pro ini lah yang paling cocok untuk  pemula. Contoh kamera semi pro adalah Canon EOS 60D dan Canon EOS 70D.


Budget atau Dana



Yang tidak kalah penting adalah dana yang di siapkan untuk membeli kamera DSLR tentunya. Setelah menentukan tujuan dari pembelian kamera baru lah kita mulai mencari jenis kamera apakah yang cocok dengan budget atau dana yang kita miliki. Untuk kamera DSLR biasa harga nya sekitar 4 sampai 5 juta rupiah, sedangkan untuk kamera yang semi pro biasa nya memiliki harga berkisar antara 9 sampai 15 juta rupiah. Sementara untuk yang profesional biasanya berkisar di atas 15 juta rupiah bahkan ada yang berharga ratusan juta rupiah. Namun jika kita adalah pemula yang ingin mendalami hobi fotografi sebaiknya pilih semi pro yang harga nya berkisar di angka 10 juta rupiah.


Merk



Ada yang bilang kalau membeli kamera jangan gunakan merk sebagai pertimbangan utama karena setiap kamera tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Namun menurut saya pribadi merk perlu di pertimbangkan juga dalam pemilihan kamera karena tentunya merk yang terkenal sudah banyak yang memakai nya itu berarti ada banyak pula orang yang bisa kita ajak tukar pikiran dalam penggunaan kamera tersebut. Jadi semakin banyak pemakai nya menurut saya semakin bagus kualitas kamera tersebut dan semakin mudah juga mencari solusi saat terjadi nya masalah pada kamera DSLR yang kita pakai.


Merk ini juga penting terutama bagi yang ingin memperdalam ilmu nya dalam dunia fotografi karena sebaik nya kita memilih satu merk saja sampai nanti dan jangan berpindah ke merk yang lain. Kenapa demikian ? Karena kamera DSLR merupakan barang yang bisa di bilang mahal dan juga merupakan investasi yang kita miliki, seandai nya di kemudian hari kita berganti merk misalnya dari Canon ke Nikon otomatis kita harus menjual semua perlengkapan nya seperti lensa, flash, dan aksesoris lainnya tentunya lensa Canon tidak bisa di pakai di bodi Nikon kecuali memakai adapter. Dan tentunya ini merupakan kerugian yang lumayan besar.


Fitur Kamera DSLR



1. Sensor



Sensor dalam kamera DSLR di bagi menjadi dua yaitu Full Frame dan Crop atau biasa disebut APS-C. Full Frame biasa nya dipakai oleh para fotografer profesional karena jangkauan sensor nya lebih luas dan biasa nya memiliki ketajaman yang luar biasa. Biasa nya untuk kamera yang memakai sensor full frame memiliki harga yang lebih mahal di bandingkan dengan sensor crop. Namun kamera DSLR dengan sensor crop pun sebenarnya sudah cukup untuk di gunakan sebagai bahan pembelajaran di dunia fotografi.


Baca Juga Cara Menghasilkan Gambar Yang Bagus


2. Speed atau Kecepatan Kamera



Bagi yang ingin memotret obyek bergerak seperti burung yang sedang terbang atau orang yang sedang berolahraga tentunya membutuhkan kamera dengan kecepatan yang tinggi. Rata rata kecepatan pada kamera DSLR sudah sangat bagus melebihi kamera jenis lain seperti Mirorless, namun di antara kamera DSLR pun memiliki kecepatan yang berbeda satu dengan yang lainnya dan saat ini salah satu kamera yang memiliki kecepatan terbaik yang saya ketahui adalah Canon EOS 7D Mark II.


3. ISO



ISO adalah tingkat sensitif sensor dalam menangkap cahaya, biasa nya setiap kamera DSLR memiliki batas ISO maksimal yang berbeda beda satu dengan yang lainnya. Tapi biasanya semakin besar ISO yang di gunakan saat pengambilan gambar akan menimbulkan noise dan gambar akan pecah sehingga membuat kualitas foto menjadi rendah. Saya sendiri jarang memakai ISO maksimal, biasa nya hanya memakai di kisaran 100 sampai 500.


Baca Juga Tips Agar Menghasilkan Gambar Yang Tidak Pecah


Itulah bebapa hal yang perlu di perhatikan jika kita hendak membeli kamera DSLR. Saran saya jika anda ingin memperdalam tentang dunia fotografi belilah kamera DSLR yang semi pro seperti Canon EOS 60D, Canon EOS 70D, Canon EOS 7D, Canon EOS 7d Mark II, Nikon D7100 dan Nikon D7000. Karena kamera jenis ini memang terbaik di kelas nya dan cocok bagi pemula yang ingin mendalami ilmu fotografi. Demikian lah artikel mengenai Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula