Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 23 May 2016

7 Situs Jual Foto Online Yang Wajib Fotografer Kunjungi

ARISTO.ID 7 Situs Jual Foto Online Yang Wajib Fotografer Kunjungi. " Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang di bayar ". Itu adalah kutipan kata kata yang sangat bagus dan ingin saya realisasikan di masa mendatang. Dengan bermodal kan satu kamera DSLR Canon EOS 60D yang saya miliki. Saya bercita cita bisa menghasilkan uang dari hobi di dunia fotografi yang sedang saya dalami sekarang ini.

Salah satu alternatif nya adalah dengan menjual hasil karya fotografi kita di dunia internet. Ada beberapa situs atau website yang bisa kita jadikan tempat kita mendapatkan uang dari fotografi. Kali ini saya akan membahas 7 di antara nya. Berikut ulasan nya satu persatu.




Baca Juga Belajar Fotografi Lewat GPI Grup ( Gallery Photography Indonesia )




7 Situs Jual Foto Online Yang Wajib Fotografer Kunjungi

7 Situs Jual Foto Online Yang Wajib Fotografer Kunjungi



1. Viewbug



Viewbug adalah situs jual foto online pertama yang wajib kita kunjungi. Sistem yang di gunakan Viewbug bukan menjual foto kita melainkan dengan kontes kontes fotografi yang nanti nya akan di ikuti banyak peserta dari berbagai negara. Dari kontes tersebut lah nanti nya kita bisa memenangkan berbagai macam hadiah seperti perlengkapan fotografi mulai dari lensa, body kamera bahkan ada juga hadiah uang sebanyak 1000 Dollar. Menarik bukan ?


Disini nanti nya kita harus membuat akun terlebih dahulu seperti hal nya akun facebook dan media sosial lainnya. Setelah membuat akun tersebut nanti nya kita harus melakukan upload foto yang nanti nya akan terpajang di profile kita. Untuk ke anggotaan nya ada tiga jenis yaitu Lite, Premium dan juga Pro. Untuk Lite kita tidak diharuskan membayar alias gratis, untuk Premium di kenakan biaya sebesar 6 - 7 Dollar sebulan sementara untuk Pro di kenakan biaya 13 Dollar sebulan. Tentunya fasilitas yang bisa di dapat pun berbeda namun sebagai fotografer amatir seperti saya Lite pun sudah terasa cukup.




Ini adalah Akun Viewbug saya yang baru beberapa minggu di buat Aristo Profile

2. Fotolia


Fotolia juga merupakan salah satu situs jual foto online yang cukup di kenal di kalangan fotografer. Sama dengan Viewbug kita di harus kan membuat akun dan nanti nya kita bisa mengupload foto ke dalam situs tersebut yang nanti nya akan di lihat oleh jutaan pengunjung situs dari penjuru dunia. Setiap pembeli memiliki tipe berlangganan lisensi pembelian yang berbeda beda, penghasilan yang kita dapatkan berdasarkan jenis lisensi yang di gunakan oleh pembeli. Setiap lisensi akan memberikan penghasilan yang berbeda beda untuk kita.



Kunjungi Situs nya disini FOTOLIA

3. Pixoto


Ini juga salah satu situs jual foto online favorit para fotografer Indonesia bahkan dunia. Pixoto sebenar nya juga buka situs untuk menjual foto namun kita juga bisa mendapatkan uang dari situs ini. Dengan mengikuti kompetisi dari situs ini lah nanti nya akan dipilih 20 % dari peringkat teratas yang mendapat hadiah dari situs ini. Cara nya kita harus mengikuti Image Duel yaitu nanti nya foto yang kita upload akan di jajarkan dengan foto karya orang lain, kemuddian setiap pengunjung situs yang mengklik halaman image duel ini lah nanti nya akan disuruh memilih salah satu dari dua foto yang sedang berduel. Penilaian nya pun obyektif karena yang di tampilkan hanyalah foto tanpa ada informasi lainnya. Hadiah yang di berikan pun cukup menarik yaitu lebih dari 2000 Dollar untuk setiap minggu nya.

Kunjungi Situs nya disini Pixoto

7 Situs Jual Foto Online Yang Wajib Fotografer Kunjungi

4. Istockphoto



Ini adalah situs jual foto online paling tua dan bisa dibilang juga paling populer. Di sini kita akan mendapat royalti sebesar 20 % dari penjualan foto kita dari pelanggan, untuk royalti biasa nya memiliki besaran antara 0.30 sampai 0.75 Dollar untuk berbagai macam ukuran foto. Yang menarik kita juga bisa mendapat kan royalti hingga 40 % jika menjadi Ekslusive Istock Artist namun syarat kita harus mencapai 200.000 kali download pada foto kita. Untuk mendaftar di Istockphoto juga terbilang mudah, kita tinggal mengisi aplikasi nya yang kemudian akan disodori 3 pertanyaan mudah dan diharuskan mengirimkan 3 karya foto terbaik kita. Selain foto kita juga bisa menjual musik, video, ilustrasi, logo dan juga animasi flash. Sementara untuk pembayaran bisa di kirimkan melalui Pay Pal, Money Bookers dan Master Card.

Kunjungi Situsnya disini Istockphoto

5. Bigstock


Situs jual foto online selanjutnya adalah Bigstock, situs ini menawarkan royalti yang lumayan besar yaitu berkisar antara 2.50 sampai dengan 60 Dollar untuk setiap foto kita yang di download. Namun itu adalah harga jika kita sidah menempati posisi tinggi di dalam situs tersebut, sebaliknya jika kita baru masuk kita harus rela di bayar 50 cents saja dari setiap 3 Dollar penerimaan foto kita yang di download. Situs ini terkenal dengan aturan nya yang sangat ketat, namun di balik aturan ini terdapat kemudahan dan juga mempercepat kenaikan penghasilan yang akan kita terima. Aturan tersebut di antara nya kita harus bersedia memberikan informasi secara lengkap tentang detail foto yang kita jajakan.

Kunjungi Situs nya disini Bigstock

6. Shutterstock


Hampir sama dengan beberapa situs jual beli gambar online di atas yang saya sebutkan. Di Shutterstock ini kita juga bisa menjual foto atau gambar yang kita edit sendiri dengan royalti yang di terima sekitar 0.3 sampai 5 Dollar dari setiap karya yang kita pasarkan. Nominal yang cukup besar apalagi kita bisa menghasilkan banyak gambar dan foto dari yang kita upload di Shutterstock ini. Kita bisa mendapatkan penghasilan 400 hingga 1000 Dollar dalam sebulan, biasa nya penghasilan ini rata rata di hasilkan dari 350 gambar yang kita punya, dan tentunya setiap banyak gambar yang kita upload akan semakin banyak pula kemungkinan penghasilan kita akan bertambah.

Kunjungi Situs nya disini Shutterstock

7. Ayofoto


Ini adalah situs jual beli foto karya anak bangsa, tentu dari nama nya saja sudah bisa dilihat kalau situs ini dari Indonesia. Awal nya Ayofoto ini di dirikan pada 2005 hanya sebagai ajang silaturahmi sesama fotografer di Indonesia. Namun seiring perkembangan jaman situs ini akhirnya juga menyediakan fitur untuk jual beli karya foto. Selain itu juga ada fitur seperti jual beli peralatan kamera juga, kemudian juga ada kompetisi nya yang bisa di ikuti setiap anggota dengan mengupload foto karya pribadi yang nanti nya akan dipilih menjadi Photo Of The Day maupun Photo Of The Month. Tidak ada salah nya mencoba situs jual beli foto pnline karya anak bangsa Indonesia ini.

Kunjungi Situs nya disini Ayofoto

Itulah 7 Situs Jual Foto Online Yang Wajib Fotografer Kunjungi semoga bisa membantu. Terima kasih dan salam fotografi.

Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Situs Jual Foto Online Yang Wajib Fotografer Kunjungi