Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 17 April 2016

Kupas Tuntas Tentang Battery Grip Pada Kamera DSLR

ARISTO.ID. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas secara lengkap tentang Battery Grip pada kamera DSLR. Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya membeli Battery Grip untuk kamera DSLR pegangan saya selama ini yaitu EOS 60D dari Canon tentu nya. Sebelum nya sudah selama 6 bulanan saya menggunakan kamera untuk berbagai keperluan tanpa memakai Battery Grip, dan selama itu juga baik baik saja setelah akhir nya saya memotret perlombaan lari marathon di kota tempat tinggal saya yaitu Yokohama Jepang.


Saat melakukan pemotretan tersebut, saya sering memakai posisi portrait atau vertikal dalam pengambilan gambar para atlet yang sedang melakukan pertandingan tersebut. Berhubung tanpa menggunakan Battery Grip saya diharus kan memutar tangan saya menyesuaikan tombol shutter pada kamera saat posisi portrait atau vertikal. Untuk pengambilan beberapa gambar sebenar nya masih biasa saya namun setelah berjam jam mulai lah tangan saya merasa tidak nyaman dengan posisi tersebut. Tangan saya terasa pegal dengan posisi tersebut selama berjam jam.


KUPAS TUNTAS TENTANG BATTERY GRIP PADA KAMERA DSLR

 




Setelah itu lah akhirnya saya memutuskan untuk membeli Battery Grip untuk kamera kesayangan saya ini Canon EOS 60D. Saya membeli online di Amazon.jp untuk Battery Grip dari pihak ketiga seharga 5000 yen atau sekitar 500.000 rupiah dan battery tambahan seharga 1900 yen atau sekitar 190.000 rupiah. Setelah membeli Battery Grip tersebut ternyata saya merasakan berbagai manfaat dan kali ini akan saya bahas tentang beberapa keuntungan membeli Battery Grip untuk kamera DSLR.
Baca Juga Tips Fotografi Cara Mengambil Gambar Landscape Yang Baik

 


Memudahkan Saat Memotret Posisi Vertikal


Seperti yang saya sebutkan di atas alasan utama saya membeli Battery Grip adalah untuk memudahkan memotret saat posisi vertikal pada kamera atau saat memotret portrait. Battery Grip membantu memudahkan posisi tangan sehingga tangan tidak perlu memutar untuk menekan tombol shutter pada kamera. Dengan ada nya Battery Grip ini pasti nya tangan kita tidak akan terasa pegal saat memotret posisi vertikal dalam waktu yang lama.


Bisa Di Pasang Double Battery


Battery Grip juga bisa dipasang double battery karena memang tersedia 2 slot untuk menaruh battery. Dengan ada nya 2 slot battery tersebut tentunya akan membantu saat kita memotret dalam jangka waktu yang lama karena dengan 2 battery akan membuat daya tahan kamera menjadi lebih lama. Apa lagi untuk memotret khusus seperti Star Trail yang memang membutuhkan daya tahan battery lama, battery grip ini adalah aksesoris wajib yang dimiliki.


KUPAS TUNTAS TENTANG BATTERY GRIP PADA KAMERA DSLR

 


Terdapat Slot Untuk Battery Tabung Biasa




Dalam pembelian Battery Grip selain terdapat 2 slot untuk battery biasa nya juga biasa nya kita akan mendapat slot battery untuk battery tabung biasa. Biasa slot battery tabung ini memang satu paket saat kita membeli Battery Grip. Kita di harus kan mengisi 6 buah battery tabung untuk dapat mengaktifkan kamera, dan slot battery tabung ini sangat membantu apabila kita kehabisan battery biasa. Dan keuntungan lainnya lagi adalah kita bisa mengganti battery tersebut saat kehabisan daya tanpa harus menunggu meng charge nya.
Baca Juga Cara Mengambil Foto Bunga Outdoor Yang Baik

 



KUPAS TUNTAS TENTANG BATTERY GRIP PADA KAMERA DSLR

 


Memudahkan Penggantian Battery Saat Memakai Tripod


Saat memakai tripod dan mengganti battery tentunya akan menjadi kesulitan tersendiri jika kita tidak menggunakan battery grip. Karena mau tidak mau kita harus mencopot kamera dari dudukan tripod, namun jika kita menggunakan Battery Grip itu tidak akan menjadi masalah lagi karena kita bisa mencopot dan mengganti battery tanpa harus melepas kamera dari dudukan tripod dengan mudah.


Terlihat Lebih Profesional




Sebenar nya ini bukan lah sebuah keuntungan namun lebih ke sebuah rasa kepercayaan diri. Dengan menggunakan Battery Grip kamera kita yang semula terlihat biasa akan nampak berbobot dan lebih terlihat profesional tentu nya. Namun ini hanya berlaku kepada orang awam yang belum terlalu mengetahui tentang kamera DSLR, sedangkan kepada orang yang juga pecinta fotografi tentunya ini akan terlihat biasa saja.
Baca Juga Alat Yang Harus Dimiliki Pecinta Fotografi

 
KUPAS TUNTAS TENTANG BATTERY GRIP PADA KAMERA DSLR

Untuk kekurangan nya sendiri menurut saya hanya menambah beban kamera walau pun hanya sedikit dan kamera akan terlihat lebih besar. Namun kekurangan tersebut rasa nya tidak masalah bagi saya pribadi dan bagi para pecinta fotografi lainnya. Karena saya juga sering melihat banyak para pecinta fotografi menambah kan battery grip pada kamera mereka. Bahkan untuk kamera profesional termahal di Canon yaitu EOS 1 Dx Mark III sudah tertanam Battery Grip yang menyatu dengan body nya.

Demikian lah artikel pembahasan tentang Battery Grip pada kamera DSLR semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjut nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kupas Tuntas Tentang Battery Grip Pada Kamera DSLR