Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 5 April 2016

Cara Mengambil Foto Bunga Outdoor Yang Baik

ARISTO.ID. Selamat malam, pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara nya kita mengambil foto bunga agar di hasilkan gambar yang indah serta sedap di pandang. Sebagai pecinta fotografi tentu nya saya ingin bisa menguasai tentang segala jenis kategori fotografi seperti landscape, nightshot termasuk juga memotret bunga. Dan pasti nya dengan kategori yang berbeda tersebut dibutuhkan pula teknik atau cara yang berbeda dalam pengambilan gambar agar hasil nya memuaskan.


CARA MENGAMBIL FOTO BUNGA OUTDOOR YANG BAIK

 
Mengambil foto bunga memiliki tingkat kesulitan tersendiri di banding saat kita mengambil gambar lainnya. Kita bisa memotret bunga di luar ruangan seperti taman atau kebun dan juga bisa melakukan nya di dalam ruangan yang tentunya masing masing metode tersebut juga memiliki teknik dan peralatan yang berbeda. Dan pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah tentang cara mengambil foto bunga di luar ruangan, berikut uraiannya.


Gunakan Lensa Makro


Gunakanlah lensa makro saat memotret bunga agar hasil nya tajam dan detail bunga juga tidak hilang. Apabila tidak memiliki lensa khusus makro yang memang harga nya cukup mahal bisa juga dengan menggunakan lensa fix 50mm. Lensa 50mm memang salah satu lensa terbaik dengan harga yang terbilang murah, dan juga lensa 50mm ini juga multifungsi karena bisa di gunakan untuk segala keperluan seperti foto portrait dan juga bisa untuk mengambil foto animal.

Baca Juga Lensa Portrait Murah 50mm
CARA MENGAMBIL FOTO BUNGA OUTDOOR YANG BAIK

Apabila lensa 50mm saja di rasa kurang menghasilkan gambar yang close up dari obyek bunga tersebut bisa juga dengan menambahkan ekstention tube. Ekstention tube sendiri memang berfungsi dalam pengambilan gambar khusus makro yang biasa nya di tambahkan di antara bodi kamera dan lensa. Selain menggunakan ekstention tube juga bisa dengan filter close up atau reserve ring dengan membalik lensa yang di gunakan.

Baca Juga Cara Foto Makro

Gunakan Mode Manual Fokus


Saat memotret bunga dengan auto fokus juga sebenar nya tidak kalah bagus namun saat kita ingin mendapatkan gambar yang lebih close up mode manual fokus ini adalah solusi nya. Sesuai pengalaman saya sendiri saat mengambil foto bunga, manual fokus akan menghasilkan gambar yang lebih tajam sedangkan auto fokus malah lebih sedikit kabur. Ya apakah itu dari pengaruh kamera serta lensa apa memang pengaruh dari saya nya sendiri tapi menurut saya manual fokus memang lebih baik.


Memilih Sudut Pandang Yang Menarik


CARA MENGAMBIL FOTO BUNGA OUTDOOR YANG BAIK

Pilih lah sudut pandang yang menarik saat memotret bunga, sesuaikan juga dengan jenis bunga apa yang akan kita foto. Memilih sudut pandang ini juga penting dalam pengambilan semua jenis kategori foto termasuk juga saat kita akan mengambil foto bunga, dengan sudut pandang yang unik tentu nya akan menambah nilai pada foto yang kita ambil. Kita bisa memfokus kan gambar ke seluruh bagian bunga ataupun lebih close up lagi ke bagian serbuk sari nya yang berada di tengah tengah bunga.




Menunggu Atau Menciptakan Moment


Dalam pengambilan segala jenis kategori foto pasti ada kala nya kita di haruskan menunggu moment yang tepat. Begitu pun saat hendak mengambil foto bunga kita harus sabar menunggu moment yang, musuh utama adalah angin yang berhembus karena akan sangat mengganggu saat kita hendak mengambil foto, disitulah kita harus bersabar menunggu moment. Untuk mempercantik sebaik nya kita lakukan pemotretan di pagi hari saat bunga masih berembun namun kita bisa juga menciptakan moment embun tersebut dengan sedikit memercikkan air ke area bunga yang akan kita ambil fotonya.


CARA MENGAMBIL FOTO BUNGA OUTDOOR YANG BAIK


Itulah beberapa tips yang bisa di terapkan saat kita ingin mengambil foto bunga yang baik di luar ruangan. Untuk menghasilkan foto yang bagus tentu nya harus dengan latihan yang rutin, semakin sering kita berlatih memotret maka akan semakin baik pula kualitas foto yang akan kita hasilkan. Karena usaha selalu berbanding dengan hasil. Maka dari itu sering lah keluar untuk berlatih memotret, salam jepret.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengambil Foto Bunga Outdoor Yang Baik