Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 24 April 2016

Cara Membuat Studio Box Mini Untuk Foto Produk Atau Still Life

ARISTO.ID. Cara membuat studio box mini untuk foto produk atau still life. Sebagai seorang pecinta fotografi tentunya kreatifitas dan pola berpikir yang tidak biasa sangat di butuhkan untuk menunjang pekerjaan kita dalam menghasilkan foto yang bisa menarik banyak mata. Kita harus bisa memilih sudut pandang yang tepat agar bisa mendapatkan foto yang berbeda dari para fotografer lainnya. Yang pasti sebagai seorang pekerja seni khusus nya dalam bidang fotografi kita harus punya style sendiri dalam setiap karya yang kita hasil kan.



CARA MEMBUAT STUDIO BOX MINI UNTUK FOTO PRODUK ATAU STILL LIFE

Banyak sekali kategori dalam dunia fotografi, ada yang khusus melakukan pengambilan gambar landscape saja, ada fotografer yang khusus mengambil gambar model saja, ada pula fotografer yang khusus mengambil gambar abstract saja. Banyak sekali para fotografer yang mengambil satu kategori saja karena ingin menguasai betul tentang salah satu kategori fotografi yang di ambil nya tersebut. Salah satu nya adalah kategori Still Life yaitu kategori foto dimana kita mengambil obyek dari benda mati yang di olah sedemikian rupa supaya benda mati tersebut keliahatan hidup.




Tentunya setiap kategori dalam dunia fotografi mempunyai tingkat kesulitan tersendiri dan juga harus menggunakan teknik memotret yang berbeda dengan kategori lainnya. Dalam Still Life Fotografi misal nya kita di wajib kan menguasai tiga teknik berikut ini yaitu Teknik Pencahayaan, Teori Komposisi Geografis dan Mengenal Karakter Obyek Dan Properti Pendukung lainnya. Dengan menguasai ketiga hal tersebut bisa di pastikan kita akan menghasilkan foto Still Life yang bagus dan sedap di pandang mata.




[caption id="attachment_2941" align="aligncenter" width="500"]Cara Membuat Studio Box Mini Untuk Foto Produk Atau Still Life Cara Membuat Studio Box Mini Untuk Foto Produk Atau Still Life[/caption]

Biasa nya untuk mengambil gambar Still Life Fotografi di lakukan di dalam ruangan atau studio foto, sehingga kita bisa bebas mengaatur pencahayaan yang masuk ke dalam frame nanti nya. Namun bagi para pemula seperti saya tentunya yang belum mempunyai studio khusus fotografi bisa membuat nya sendiri dalam bentuk yang lebih kecil atau mini. Nah disini saya akan mencoba membagikan bagaimana cara nya membuat studio box mini untuk foto produk atau still life.




Baca Juga Kupas Tuntas Tentang Battery Grip Pada Kamera DSLR

Cara Membuat Studio Box Mini Untuk Foto Produk Atau Still Life



Alat Dan Bahan Yang Perlu Disiapkan


Kardus, Selotip, Cutter, Mika atau Kertas putih adalah beberapa bahan dan alat yang perlu di persiap kan untuk membuat studio box mini. Untuk ukuran kardus lebih besar lebih baik, saya sendiri menggunakan kardus mie instan yang sebenar nya terlalu kecil namun karena tidak ada kardus lainnya terpaksa saya gunakan kardus ini. Untuk Mika atau Kertas Putih polos sesuai selera mau menggunakan yang mana, saya sendiri menggunakan mika namun untuk mika sendiri harus di rangkap beberapa lembar agar tidak terlalu transparan nanti nya, untuk mika saya merangkap 4 lembar.
CARA MEMBUAT STUDIO BOX MINI UNTUK FOTO PRODUK ATAU STILL LIFE

Lubangi Kardus Di 3 Bagian


Setelah itu lubangi kardus seperti di bawah ini di 3 bagian nya yaitu bagian samping kanan dan kiri serta bagian atas nya. Untuk melubangi nya bisa menggunakan cutter atau gunting dan yang paling penting adalah hari hari karena melubangi kardus dengan cutter ini cukup berbahaya menurut saya. Karena say sendiri melubangi nya menggunakan cutter.


CARA MEMBUAT STUDIO BOX MINI UNTUK FOTO PRODUK ATAU STILL LIFE


Tutup Lubang Tadi Dengan Mika Atau Kertas Putih


Setelah selesai membuat lubang kemudian tempel kan lah mika atau pun kertas putih tadi yang sudah di siap kan ke area lubang. Beri perekat selotip agar kertas putih atau mika tersebut tidak lepas dan menempel dengan kencang. Setelah mika atau kertas putih tadi menempel menutupiketiga lubang yang di buat tadi berarti studio box mini sudah selesai dan siap di gunakan untuk memotret.




Mulai lah Memotret


Setelah jadi taruh obyek di dalam tengah tengah kotakan seperti gambar dibawah ini, kemudian dari samping kanan dan kiri seharus nya di beri penerangan semacam lampu untuk menerangi obyek di dalam nya. Disini berhubung saya tidak mempunyai lampu maka saya gunakan senter dan handphone untuk menerangi samping sudut studio box mini trsebut. Setelah itu mulai lah memotret obyek yang berada di dalam nya terus menerus sampai di dapat gambar yang bagus.

CARA MEMBUAT STUDIO BOX MINI UNTUK FOTO PRODUK ATAU STILL LIFE

Untuk pengaturan settingan yang pas nya dalam pengambilan gambar Still Life nanti akan saya bagikan di artikel berikut nya. Semoga artikel tentang cara membuat studio box mini untuk foto produk atau still life ini bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu nya. Sampai Jumpa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Studio Box Mini Untuk Foto Produk Atau Still Life