Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 1 April 2016

Alat Wajib Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

ARISTO.ID. Sekarang ini hobi mendaki gunung masih sangat "ngetrend" sehingga mengakibatkan muncul nya para pendaki dadakan yang mungkin bisa di bilang sangat minim pengetahuan tentang pendakian gunung. Tidak jarang pula kita mendengar berita baik di televisi maupun media cetak tentang kematian para pendaki yang sebenar nya bisa di cegah apabila sebelum nya para pendaki tersebut mengetahui tentang dasar dasar mendaki gunung. Dalam artikel kali ini saya akan sedikit memberi gambaran tentang apa sajakah alat alat wajib yang perlu di bawa oleh pendaki ketika melakukan hobi nya yaitu mendaki gunung.


Mendaki gunung adalah hobi yang beresiko sangat tinggi bahkan sering kita mendengar pendaki yang meninggal baik karena hypotermia, terpisah dari rombongan kemudian tersesat bahkan ada pula yang sampai masuk ke dalam jurang. Maka dari itu sebelum melakukan pendakian hendak lah kita mengetahui dasar dasar ilmu nya sehingga kejadian seperti itu bisa di cegah. Kita bisa belajar di kelompok pecinta alam di kota sekitar kita tinggal, saya yakin banyak sekali kelompok pecinta alam sekarang ini dan pasti nya mereka akan dengan senang hati menerima anggota baru yang ingin bergabung.


Langsung saja kita bahas satu persatu tentang alat apa sajakah yang perlu di bawa saat mendaki gunung agar segala sesuatu nya bisa berjalan dengan lancar dan kita pun bisa pulang kembali ke rumah dengan selamat. Berikut pembahasan nya.





Alat Wajib Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

 Alat Wajib Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung


Ransel Atau Carrier


Ransel merupakan alat wajib pertama yang harus kita bawa saat mendaki gunung karena di gunung kita tidak akan menemukan minimarket atau restoran untuk makan. Maka dari itu kita harus membawa sendiri makanan kita dari bawah menuju puncak gunung menggunakan ransel atau carrier karena sangat tidak mungkin apabila kita menggunakan koper kan ? :D. Ransel disini juga terdapat beberapa jenis menurut ukuran nya seperti 30L, 40L, 50L, 60L dan beberapa ukuran lainnya yang tentunya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Misal kita akan melakukan pendakian selama 4 sampai 5 hari tidak mungkin kan kalau membawa ransel dengan ukuran kecil semisal 30L. Untuk harga carrier juga biasa nya lumayan mahal karena memang carrier di desain khusus untuk pendakian yang notabene membawa barang barang yang banyak dan berat.


Sleeping Bag Dan Matras


Yang kedua adalah Sleeping Bag serta Matras, untuk sleeping bag biasa nya berbentuk seperti kepompong yang fungsi nya sebagai selimut karena di puncak gunung udara nya sangat dingin bahkan saat dini hari di bulan bulan tertentu suhu nya bisa mencapai -5 derajat Celcius. Sleeping bag sangat membantu menjaga suhu tubuh normal dan juga berperan mencegah pendaki terkena hypotermia yang merupakan penyebab utama kematian saat pendakian. Sementara matras biasa nya di gunakan pendaki untuk tiduran di luar tenda sambil menikmati pemandangan langit yang penuh dengan bintang. Ini lah hotel terbaik di dunia yang bisa mengalahkan hotel bintang 5 karena dari puncak gunung ini kita bisa melihat ribuan bintang bertebaran dengan indah nya.


Tenda


Untuk pendakian lebih dari satu hari tentu nya harus membawa alat yang satu ini, namun jika kita hanya melakukan pendakian singkat satu hari saja di gunung gunung yang tidak terlalu tinggi tentu nya tidak perlu membawa tenda. Tenda disini juga memiliki berbagai jenis sesuai ukuran nya mulai dari kapasitas 2 orang sampai kapasitas 6 orang bahkan lebih. Untuk pendakian sebaiknya menggunakan tenda yang mempunyai double cover karena cuaca di atas gunung yang tidak menentu, jadi apabila cuaca sedang tidak baik angin kencang dan juga hujan tenda jenis ini akan lebih bagus melindungi kita dari cuaca ekstrim tersebut. Harga tenda juga bermacam macam mulai dari termurah sampai termahal banyak tersedia di pasaran, dan pasti nya harga yang mahal memiliki kualitas yang lebih baik, karena harga tidak pernah bohong.


ALAT WAJIB YANG PERLU DI BAWA SAAT MENDAKI GUNUNG


Sepatu Atau pun Sandal Gunung


Tidak lucu rasa nya kalau hendak naik gunung kita memakai sepatu bola atau pun memakai sandal kayu. Untuk pendakian juga tersedia sepatu khusus dan sandal khusus yang memang di desain pas di gunakan saat melakukan perjalanan di gunung. Sepatu gunung biasa nya agak panjang menutupi mata kaki karena untuk melindungi bagian kaki secara keseluruhan agar terhindar dari cedera. Karena perjalanan pendakian biasa nya memakan waktu berhari hari di saran kan untuk memilih sepatu yang pas sesuai ukuran kaki kita, apabila kekecilan sudah bisa di pastikan kaki kita akan lecet sepulang nya dari pendakian. Sebalik nya jika pun terlalu besar pasti tidak nyaman di pakai berhari hari perjalanan.





ALAT WAJIB YANG PERLU DI BAWA SAAT MENDAKI GUNUNG

 

Perlengkapan Pakaian


Perlengkapan pakaian disini mulai dari celana lapangan, pakaian pendakian, pakaian untuk tidur, jaket, sarung tangan, kaos kaki, handuk, sarung, celana pendek, jas ujan dan juga perlengkapan pakaian lainnya sesuai kebutuhan. Karena tiap individu pasti nya memiliki kebutuhan yang berbeda namun setidak nya perlengkapan di atas yang saya sebut itu adalah perlengkapan wajar yang biasa di bawa oleh pendaki kebanyakan. Dalam membawa pakaian kita harus pintar pintar menghitung sendiri kebutuhan kita agar saat di perjalanan pendakian kita tidak kekurangan pakaian bersih. Jangan pula membawa terlalu banyak karena nanti nya akan menambah berat carrier yang akan kita gendong di sepanjang jalur menuju puncak.


Alat Masak Dan Logistik


Alat masak dan logistik juga tak kalah penting kecuali jika kita akan makan rumput liar di sepanjang jalur pendakian :D. Pendakian merupakan aktivitas berat yang sangat menguras energi jadi kita juga perlu asupan makanan yang baik dan memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna kalau pun bisa. Yang terpenting adalah jangan makan mie instan terus menerus selama pendakian karena selain tidak baik bagi kesehatan juga kandungan karbohidrat dan komponen lainnya tidak mencukupi untuk aktivitas berat seperti pendakian gunung.


Jika ingin membeli alat perlengkapan pendakian bisa di coba disini Mandalawangi Outdoor


Obat Obatan Dan Survival Kit


Obat obatan yang perlu di bawa disini biasa nya untuk sakit ringan seperti keseleo, masuk angin dan diare. Jangan lupa juga membawa plester luka karena saat pendakian anggota badan rawan sekali tergores ranting ranting atau benda lain selama perjalanan. Untuk yang mempunyai penyakit khusus juga jangan lupa membawa obat nya tersebut. Untuk survival kit di antara nya korek api, pisau multifungsi, senter atau pun headlamp, alat navigasi seperti kompas, peta, altimeter dan juga GPS. Yang tak kalah penting juga adalah plastik sampah untuk membawa trurun kembali sampah yang kita hasilkan selama perjalanan karena gunung bukan lah tempat sampah.


ALAT WAJIB YANG PERLU DI BAWA SAAT MENDAKI GUNUNG




Itu adalah beberapa alat wajib yang perlu di bawa saat pendakian, perlu di ketahui juga bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda jadi sesuai kan dengan kebutuhan sendiri. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak. Jangan mengambil apapun kecuali foto. Jangan membunuh apapun kecuali waktu. Salam rimba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Alat Wajib Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung