Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 30 March 2016

Tips Fotografi Cara Menghasilkan Gambar / Foto Yang Bagus

ARISTO.ID. Selamat sore para pembaca setia blog sederhana saya ini, kali ini saya ingin membagikan tips photograpy tentang bagaimana cara menghasilkan gambar atau foto yang bagus. Sebagai pecinta photograpy tentunya kita ingin menghasilkan karya karya yang bagus dan enak di pandang semua orang. Dan pasti nya akan ada kebanggaan tersendiri apabila orang lain berkomentar baik atau memuji hasil karya kita. Yang lebih baik nya lagi dari photograpy kita bisa mendapat kan penghasilan tambahan ataupun bisa di jadikan penghasilan utama. Tentunya menyenangkan bisa menghasilkan rupiah dari hobi yang kita tekuni.


Sebenarnya dalam photograpy tidak ada aturan resmi tentang bagaimanakah kriteria gambar atau foto yang bisa di bilang bagus. Asalkan gambar tersebut enak dipandang mata saja itu sudah merupakan gambar yang bagus tentunya. Dan untuk menghasilkan gambar yang demikian pasti nya di perlukan pengetahuan tentang dunia photograpy dan yang tidak kalah penting nya lagi adalah jam terbang yang tinggi. Sesuai pengalaman saya pribadi semakin banyak kita keluar rumah untuk mengambil gambar dengan kamera yang kita miliki semakin baik pula gambar yang akan kita hasilkan setiap hari nya.




Memang memiliki mentor dalam belajar sesuatu hal itu sangat penting namun di era informasi sekarang ini kita bisa belajar dari mana saja misal nya dari browsing artikel di internet atau pun menonton video tutorial di youtube. Dan itu juga yang saya lakukan untuk belajar tentang dunia photograpy. Namun tidak jarang juga saya bertanya kepada yang sudah lebih berpengalaman saat menemui kendala. Dan berikut tips cara menghasilkan gambar yang bagus menurut saya pribadi.Baca Juga Tips Mengambil Gambar Siang Hari Agar Tidak Pecah



Segitiga Exposure


ISO


Segitiga Exposure ini sangat penting kita pahami karena memang inilah dasar photograpy dan tanpa memahami Segitiga Exposure ini sulit untuk menghasilkan gambar yang bagus tentu nya. Yang pertama adalah ISO, yang merupakan ukuran sensitifitas sensor terhadap cahaya yang masuk. Semakin tinggi tingkat ISO maka semakin banyak pula cahaya yang masuk pun sebaliknya semakin rendah tingkat ISO semakin sedikit pula cahaya yang masuk. Namun jangan menggunakan ISO yang terlalu tinggi karena akan berakibat muncul nya Noise, yaitu bintik bintik pada gambar dan biasa nya gambar yang di hasilkan juga akan pecah.



TIPS PHOTOGRAPY CARA MENGHASILKAN GAMBAR / FOTO YANG BAGUS

 
TIPS PHOTOGRAPY CARA MENGHASILKAN GAMBAR / FOTO YANG BAGUS



Apperture ( Bukaan Diafragma )




Apperture adalah bukaan diafragma pada lensa yang apabila semakin lebar nilai apperture maka cahaya yang masuk pun akan semakin banyak, sementara semakin sempit nilai apperture maka cahaya yang masuk pun akan sedikit. Apperture di simbol kan dengan angka F1.4, F1.8, F2.8 dan seterusnya. Semakin kecil angka F maka semakin lebar nilai apperture namun jika angka F besar maka semakin sempit nilai apperture. Untuk nilai apperture yang kecil misal nya F1.4 akan menghasil kan area tajam yang sempit sebalik nya jika nilai apperture besar maka akan menghasil kan area tajam yang luas. Biasa nya untuk menghasilkan gambar dengan background blur menggunakan nilai apperture yang kecil.Baca Juga Cara Setting Kamera Saat Mengambil Foto HDR




TIPS PHOTOGRAPY CARA MENGHASILKAN GAMBAR / FOTO YANG BAGUS


TIPS PHOTOGRAPY CARA MENGHASILKAN GAMBAR / FOTO YANG BAGUS

 


Shutter Speed




Sementara shutter speed adalah lama nya waktu shutter pada kamera atau lama nya sensor menangkap cahaya yang masuk untuk menghasilkan sebuah gambar atau foto. Untuk shutter speed yang lambat biasanya digunakan saat mengambil gambar Landscape atau pun Nightshot. Karena dengan shutter speed lambat semakin banyak pula cahaya yang masuk dan khusus untuk Landscape aliran air seperti air terjun atau pun Landscape di pinggir pantai akan menghasil kan gambar aliran air yang lembut. Sedangkan untuk shutter speed cepat biasa nya di gunakan untuk mengambil gambar Sport ataupun Animal seperti burung yang sedang terbang sehingga di dapatkan gambar subyek yang membeku.
TIPS PHOTOGRAPY CARA MENGHASILKAN GAMBAR / FOTO YANG BAGUS





Itulah Segitiga Exposure yang sangat penting untuk di pahami para pecinta photograpy karena itu lah dasar nya photograpy. Dengan memahami penggunaan Segitiga Exposure ini tentunya akan memudahkan pembelajaran ke tahap berikut nya.Baca Juga Review Lensa Canon 70-200mm F 2.8 L USM



Imajinasi


Setelah memahami Segitiga Exposure tersebut kemudian yang dibutuhkan adalah Imajinasi. Imajinasi dalam melihat setiap moment disekitar kita, yang mungkin orang lain tidak melihat nya sebagai sesuatu yang menarik namun kita bisa melihat nya. Dengan Imajinasi tersebut kita bisa membuat sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang hidup, dan pasti nya dengan sedikit mengubah sudut pandang akan membuat gambar yang kita hasil kan lebih hidup dari aslinya. Dalam hal ini saya ambil contoh tentang sebuah wahana permainan yang berada di Yokohama Cosmo World, dengan sedikit imajinasi dan trik photograpy akan membuat gambar yang dihasilkan lebih menarik dari asli nya bukan ??


TIPS PHOTOGRAPY CARA MENGHASILKAN GAMBAR / FOTO YANG BAGUS

 


Terus Memotret Tanpa Henti


Yang paling penting disini adalah konsistensi, apa guna nya jika kita sudah memahami tentang Segitiga Exposure dan segala teori photograpy lainnya namun kita berhenti di tengah jalan. Tentunya semua akan sia sia dan tidak ada arti nya, karena itu lah dibutuhkan konsistensi untuk terus berlatih memotret tanpa henti. Dengan sering nya melakukan latihan tentunya kita akan terbiasa dan yang pasti kita akan semakin memahami kamera yang selalu kita pegang. Seperti yang saya alami sendiri, saat membuka file file lama dan membandingkan nya dengan hasil gambar yang sekarang saya ambil terlihat sekali perbedaan kualitas dari kedua gambar tersebut dan pasti nya kerja keras akan sebanding lurus dengan apa yang akan kita terima berikut nya. Mulai sekarang ambil kamera mu, keluar lah dan memotret lah sebanyak mungkin. Salam Jepret.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Fotografi Cara Menghasilkan Gambar / Foto Yang Bagus