Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 2 March 2016

Tips Cara Mengambil Gambar Burung Yang Sedang Terbang Dengan Lensa Fix 50MM F1.8



ARISTO.ID. Tips Cara Mengambil Gambar Burung Yang Sedang Terbang Dengan Lensa Fix 50MM F1.8. Bertemu kembali dengan saya di blog sederhana ini, setelah kemarin saya membagikan tips cara mengambil gambar pada siang hari agar tidak pecah. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya juga tentang bagaimana cara mengambil gambar burung yang sedang terbang. Bagi pemula seperti saya awal nya membayang kan betapa susah nya untuk mendapatkan gambar burung yang sedang terbang. Namun setelah mengalami berbagai pengalaman akhir nya saya pun sedikit demi sedikit bisa mendapatkan gambar yang lebih baik.
TIPS SEDERHANA CARA MENGAMBIL GAMBAR BURUNG YANG SEDANG TERBANG DENGAN LENSA FIX 50MM F1.8

Awal nya saya punya pikiran kalau ingin mengambil gambar burung yang sedang terbang tentu nya harus menggunakan lensa tele, dan itu pun dengan lensa tele yang berkualitas alias mahal tentu nya. Tapi ternyata tidak demikian, dalam dunia photograpy memang ada lensa lensa khusus dengan tingkat kualitas yang berbeda namun bagi para pecinta photograpy dengan kantong pas pasan seperti saya ini pasti dipaksa berpikir bagaimana agar mendapat kan gambar yang bagus dengan alat yang seadanya. Dan setelah mencoba berbagai metode dengan lensa seadanya yang saya punya akhirnya saya menemukan cara terbaik mengambil gambar burung yang sedang terbang dengan lensa fix 50mm f 1.8.

Baca Juga Cara Settingan Kamera Saat Mengambil Gambar HDR


TIPS SEDERHANA CARA MENGAMBIL GAMBAR BURUNG YANG SEDANG TERBANG DENGAN LENSA FIX 50MM F1.8

Tips Cara Mengambil Gambar Burung Yang Sedang Terbang Dengan Lensa Fix 50MM F1.8


Lensa fix 50mm f 1.8 adalah lensa murah tapi tidak murahan yang banyak di pakai oleh pecinta photograpy termasuk saya. Dengan harga yang relatif murah kita bisa mendapatkan gambar yang bagus dengan tingkat ketajaman yang tidak kalah dengan lensa lensa unggulan lainnya. Banyak sekali keunggulan dari lensa ini, salah satu nya lensa fix 50mm f 1.8 ini bisa kita gunakan untuk mengambil gambar burung yang sedang terbang. Berikut tips nya.

Jangan Gunakan Bukaan Diafragma Terlebar


Salah satu keunggulan dari lensa fix 50mm f 1.8 ini adalah bukaan diafragma nya yang lebar yaitu f 1.8 namun saat akan di gunakan untuk mengambil gambar burung sebaik nya jangan kita gunakan bukaan diafragma terlebar tersebut. Karena jika kita mengatur nya di angka f 1.8 kemungkinan besar fokus dari burung yang kita dapat kan hanya di salah satu bagian tubuh burung bukan seluruh nya. Namun jika kita mengecilkan bukaan diafragma ke angka f 2.8 atau yang lebih kecil kemungkinan mendapatkan fokus seluruh badan dari burung akan semakin besar.
TIPS SEDERHANA CARA MENGAMBIL GAMBAR BURUNG YANG SEDANG TERBANG DENGAN LENSA FIX 50MM F1.8

Iso Rendah


ISO yang saya gunakan disini rendah dari 100 sampai 500 sama seperti artikel saya yang kemarin. Yaitu Tips Cara Mengambil Gambar Siang Hari Agar Tidak Pecah. Pasti nya saat kita sedang mengambil gambar burung adalah di siang hari yang notabene memiliki pencahayaan yang berlimpah. Nah ISO rendah ini bertujuan untuk mendapatkan hasil gambar yang jernih dan tidak pecah tentunya.


Shutter Speed Cepat


Dengan gerakan burung yang sangat cepat kita juga harus menggunakan shutter speed cepat agar bisa mengimbangi gerakan burung yang sedang terbang tersebut. Karena jika kita menggunakan shutter speed yang sedikit lambat saja bisa dipastikan hasil nya akan kabur. Maka dari itu untuk mendapatkan gambar burung yang seperti membeku di atas di perlukan shutter speed yang cepat. Disini kita bisa menggunakan shutter speed 1/800 ke atas sesuai kebutuhan.
TIPS SEDERHANA CARA MENGAMBIL GAMBAR BURUNG YANG SEDANG TERBANG DENGAN LENSA FIX 50MM F1.8

Gunakan Mode High Speed Continuous


High Continuous Mode juga perlu di gunakan karena tidak mungkin kita sekali jepret akan mendapatkan hasil yang sempurna. Terlebih lagi dalam menunggu moment burung yang sedang terbang tentunya bukan waktu yang sebentar. Maka dari itu saat kita menangkap moment yang bagus sebisa mungkin kita mengambil gambar yang banyak. Agar kita bisa memilah milah di antara banyak nya gambar tersebut manakah yang paling bagus.

Auto Focus Mode


Kalau auto focus mode ini adalah keharusan karena sangat tidak mungkin kita mengambil gambar burung yang sedang terbang dengan manual focus. Dengan gerakan dari burung yang sangat cepat mustahil rasa nya kita bisa mendapatkan gambar yang sempurna dengan manual focus. Maka dari itu di butuh kan lensa yang memiliki respone auto focus cepat dan lensa fix 50mm f 1.8 ini saya rasa cukup bagus. Namun akan lebih bagus lagi jika menggunakan lensa 70 200mm f 2.8 tentunya. Dan mungkin ke depan lensa itulah yang akan jadi buruan saya pribadi.


TIPS SEDERHANA CARA MENGAMBIL GAMBAR BURUNG YANG SEDANG TERBANG DENGAN LENSA FIX 50MM F1.8


Itulah beberapa tips yang bisa kita praktek kan untuk mengambil gambar burung yang sedang terbang. Gambar gambar dalam artikel ini semua nya saya ambil dengan lensa fix 50mm f 1.8. Karena hanya itulah lensa terbaik yang saya punya untuk mengambil gambar burung. Jadi menjadi pecinta photograpy itu tidak harus kaya raya dengan memiliki berbagai koleksi lensa yang super mahal. Dengan lensa yang murah pun dengan sedikit kerja keras kita bisa menghasilkan gambar yang bagus dan berkualitas.
Inti nya hanya terus praktek dan terus mencoba. Trial and eror maka kita akan tahu segala kekurangan nya dan dengan demikian kita akan tahu solusi dari kekurangan tersebut. Dan bisa di pastikan kita akan lebih baik setiap hari nya, jadi jangan banyak alasan, sekarang ambil kamera mu. Keluarlah dan hasilkan gambar gambar yang berkualitas. Semoga artikel Tips Cara Mengambil Gambar Burung Yang Sedang Terbang Dengan Lensa Fix 50MM F1.8 bermanfaat dan Salam Jepret.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Mengambil Gambar Burung Yang Sedang Terbang Dengan Lensa Fix 50MM F1.8