Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 1 March 2016

Cara Mengambil Gambar Siang Hari Agar Tidak Pecah

ARISTO.ID. Cara Mengambil Gambar Siang Hari Agar Tidak Pecah. Selamat malam pembaca setia blog pribadi saya yang sederhana ini, kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang bagaimanakah cara mengambil gambar saat siang hari agar foto yang kita hasil kan dengan kamera DSRL kita tidak pecah. Saya bukan lah seorang ahli atau pun master dalam dunia photograpy, saya hanya lah seorang amatiran yang memiliki hobi baru dalam dunia ini maka dari itu inti dari tulisan saya ini hanya lah untuk berbagi sedikit ilmu yang saya terima juga dari seorang teman yang selalu membimbing saya dalam meningkatkan kualitas dari hasil jepretan saya.

Saya mulai mendalami hobi photograpy sekitar 4 bulanan yang lalu padahal sudah mempunyai kamera DSLR sejak lama. Sejak melihat hasil foto foto dari beberapa teman saya akhirnya saya memutuskan untuk mendalami photograpy ini. Dan dari 4 bulanan ini setiap ilmu yang saya ketahui pasti akan di bagikan di blog pribadi saya ini karena memang berbagi ilmu itu menyenangkan dan pasti nya akan bermanfaat bagi yang membaca nya. Nah beberapa waktu yang lalu saya sempat mendapatkan kritikan dari salah seorang mentor photograpy saya yaitu Bang Rizki Iskandar Muda tentang foto saya yang pecah. Dan setelah mendapat kan wejangan tersebut dan saya praktekkan ternyata hasilnya memang cukup memuaskan dari foto saya sebelumnya.













TIPS CARA MENGAMBIL GAMBAR SIANG HARI AGAR FOTO YANG DIHASILKAN TIDAK PECAH
Iso 500   F11

Cara Mengambil Gambar Siang Hari Agar Tidak Pecah


Sebenarnya dalam kamera DSLR ada pilihan menu otomatis yang bisa kita gunakan untuk mengambil gambar dimana saja dan dalam kondisi apa saja tanpa harus memkirkan berbagai pengaturan yang menyusahkan kita. Namun bagi kita yang sudah lama memegang kamera DSLR pasti akan mengetahui kelemahan dari fitur otomatis ini dan menginginkan hasil yang lebih berkualitas lagi dan satu satu nya cara adalah dengan mode manual. Walau pun mode manual ini ribet karena kita mesti mengatur sendiri semua komposisi nya namun hasil nya pasti akan sangat memuaskan. Dan dengan semakin sering nya kita latihan pasti nya kita akan semakin mudah memahami dan membaca situasi sehingga bisa mengatur mode manual dengan sendiri nya. Dan berikut tips nya.












TIPS CARA MENGAMBIL GAMBAR SIANG HARI AGAR FOTO YANG DIHASILKAN TIDAK PECAH
Iso 2000   F16

Iso Rendah < 500


Cara Mengambil Gambar Siang Hari yang pertama adalah masalah penggunaan ISO. Gunakan ISO yang rendah minimal 500 karena dengan ISO yang rendah gambar yang akan kita hasilkan tidak akan pecah. Jika kita menggunakan ISO tinggi tentunya akan muncul noise dan gambar akan terlihat pecah. Awal nya saya menggunakan mode otomatis untuk pengaturan ISO di karenakan belum mengetahui ilmu nya dan selalu hasil ny pecah sampai akhirnya saya mendapat wejangan untuk pengaturan ISO ini. Dan memang hasil nya lebih baik dari sebelumnya.

Bukaan Diafragma Sempit Antara F 11  Sampai F 20


Dalam mengambil gambar siang hari terutama di kategori travel kita membutuhkan bukaan diafragma yang sempit agar fokus yang dihasilkan merata. Jangan pernah menggunakan bukaan diafragma yang lebar misalkan F3.5 karena pasti akan ada bagian dari gambar yang blur sehingga akan membuat gambar tidak enak dilihat. Sedangkan bukaan diafragma lebar cocok di gunakan untuk mengambil gambar model dan bokeh yang membutuhkan background blur.

Shutter Speed Mengikuti


Untuk pengaturan shutter speed sendiri bisa mengikuti atau bisa diganti di mode otomatis. Apabila telah mendapatkan shutter speed yang pas namun hasil gambar yang di hasilkan goyang jangan malu untuk menggunakan tripod walau kita melakukan pemotretan di siang hari. Penggunaan tripod akan sangat membantu menghasil kan gambar yang tidak goyang. Namun apa bila dirasa dengan tangan sudah bisa menghasilkan gambar yang jernih penggunaan tripod tidak perlu di lakukan.




TIPS CARA MENGAMBIL GAMBAR SIANG HARI AGAR FOTO YANG DIHASILKAN TIDAK PECAH

TIPS CARA MENGAMBIL GAMBAR SIANG HARI AGAR FOTO YANG DIHASILKAN TIDAK PECAH



Gambar di atas ini adalah gambar zoom dari dua gambar sebelumnya dengan ukuran zoom yang hampir sama. Nampak jelas terlihat gambar dengan ISO 2000 sangat pecah sedangkan gambar dengan ISO 500 nampak lebih baik fokus nya. Disini kita bisa melihat perbedaan di antara kedua nya dan pasti nya kita juga tahu mana yang lebih baik .

Dalam dunia photograpy latihan dan memperbanyak jam terbang sangat perlu sekali di lakukan karena yang terpenting adalah praktek bukan hanya teori. Dengan memperbanyak praktek kita akan lebih memahami tentang kamera yang biasa kita pakai dan memprediksi pengaturan dalam pengambilan gambar sesuai kebutuhan. Dan jangan malas untuk repot seperti penggunaan tripod dan aksesoris lainnya karena dalam menghasilkan gambar yang bagus pastinya membutuhkan pengorbanan dan kerja keras yang setimpal.



" Motret itu 100 % dan editing itu juga 100 % " itulah moto yang saya jadikan acuan dalam menggeluti hobi photograpy ini agar selalu bisa menghasilkan gambar yang maksimal. Yah walau pun masih kalah banyak dengan para profesional di luar sana tapi dengan kerja keras dan latihan rutin saya yakin akan bisa menghasilkan gambar yang lebih baik dari yang sebelum nya dan kemampuan saya akan meningkat setiap hari nya. Ambil kamera mu , keluar dan memotret lah sebanyak mungkin. Salam jepret. Anda sedang membaca artikel Cara Mengambil Gambar Siang Hari Agar Tidak Pecah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengambil Gambar Siang Hari Agar Tidak Pecah