Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 14 March 2016

Berkeliling Di Bandara International Haneda

ARISTO.ID. Selamat malam pembaca semua nya, kali ini saya akan sedikit memberikan informasi tentang Bandara International Haneda yang dimana beberapa waktu lalu saya sengaja menyempatkan jalan jalan kesana. Tokyo yang merupakan ibukota dari Jepang sendiri memiliki dua buah bandara yang biasa digunakan untuk transportasi yaitu Haneda International Airport dan juga Narita International Airport. Kedua bandara ini menjadi pintu para warga asing untuk berkunjung ke Jepang sekedar untuk rekreasi maupun untuk bekerja di sini.

Narita International Airport tidak akan saya bahas disini, mungkin di artikel selanjut nya saya akan membahas tentang Narita. Kali ini kita fokus ke Haneda International Airport dahulu yang terletak di daerah Ota Tokyo yang berjarak sekitar 14 km dari Tokyo Station dimana Haneda ini lebih dekat di bandingkan dengan Narita. Awal nya Haneda hanya melayani penerbangan domestik saja dan penerbangan internasional di alihkan ke Narita namun seiring perkembangan nya dan Narita dirasa tidak cukup menampung penerbangan internasional sendiri maka di bukalah penerbangan internasional di Haneda ini pada Oktober 2010.









BERKELILING DI BANDARA INTERNASIONAL HANEDA JEPANG
Bangunan Bandara

 

Sejarah Pembangunan Haneda International Airport


Awal nya bandara ini di bangun pada tahun 1931 hanya dengan satu landasan pacu namun pada tahun 1939 landasan pacu tersebut diperpanjang menjadi 800m serta di bangunnya landasan pacu kedua dengan panjang yang sama yaitu 800m. Tepat nya pada tahun 1945 - 1952 pada perang dunia II Amerika mengambil alih Haneda dan menjadikannya pangkalan angkatan darat yang berakibat tergusur nya para warga yang tinggal di sekitar bandara tersebut. Namun di tangan Amerika inilah pembangunan bandara menjadi lebih pesat dengan di perpanjang nya landasan pacu menjadi 1.650m dan 2.100m. Fungsi Haneda disini untuk menampung para tentara Amerika yang terluka akibat Perang Korea, dari Haneda kemudian para tentara tersebut dibawa ke rumah sakit di sekitar Tokyo dan Yokosuka. Dan akhirnya pada tahun 1958 Haneda di kembalikan oleh Amerika kepada Jepang seutuhnya.




Setelah di kembalikan dari Amerika sampai pada tahun 1978 adalah masa dimana Haneda menjadi Tokyo International Airport. Pada masa itu Narita belum lahir dan Haneda lah satu satu nya bandara yang menghubungkan Tokyo dengan dunia internasional. Dan untuk mempermudah akses dari pusat Tokyo menuju Haneda pemerintah pun membangun Tokyo Monorail pada tahun 1964 yang membuat Haneda menjadi lebih sibuk. Pada tahun 1970 landasan pacu dan terminal khusus untuk penerbangan internasional akhirnya selesai dibangun. Namun karena kapasitas bandara tidak bisa mengimbangi lonjakan penumpang yang begitu besar akhirnya di bangun lah Narita International Airport pada tahun 1978.


BERKELILING DI BANDARA INTERNASIONAL HANEDA JEPANG


Pada tahun 1978 - 2010 semua penerbangan internasional di alihkan ke Narita sedang kan Haneda hanya melayani penerbangan domestik saja. Namun ada beberapa penerbangan yang masih menggunakan Haneda sebagai tempat transit maupun sebagai tujuan di antara nya China Airlines dan EVA Air. Namun pada tahun 2002 semua penerbangan tersebut sudah tidak ada lagi di Haneda. Seiring berjalan nya waktu karena semakin sibuk dan melonjak nya penumpang akhirnya pada tahun 2010 Haneda kembali dibuka menjadi bandara internasional kembali membantu Narita yang sudah terlalu padat jadwal penerbangan nya.


Terminal 1 Haneda International Airport


Terminal 1 Haneda International Airport ini di gunakan untuk penerbangan domestik khusus nya untuk maskapai dari Japan Airlines, Skymark Airlines dan juga Starflyer. Terminal 1 selesai dibangun pada tahn 1993 dan letak nya di tengah tengah antara Terminal 2 dan Terminal International. Terminal 1 terdiri dari 8 lantai di mulai dari lantai B1F yang merupakan akses menuju kereta baik Tokyo Monorail maupun Keikyu Line sementara di lantai 1F adalah untuk kedatangan yang langsung menuju ke stasiun bus dan taksi serta ada meeting point dengan beberapa toko didalam nya. Lantai 2F adalah terminal keberangkatan yang didalamnya juga tersedia toko toko oleh oleh dan makanan. Sementara lantai 3F, 4F dan 5F hanya lah terdapat toko toko makanan serta oleh oleh dan untuk lantai 6F terdapat Sky Gallery serta jalan untuk menuju Observation Deck.


 
BERKELILING DI BANDARA INTERNASIONAL HANEDA JEPANG

 

Terminal 2 Haneda International Airport


Hampir sama dengan terminal 1 tadi untuk terminal 2 adalah terminal yang melayani penerbangan domestik seperti maskapai All Nipon Airways atau ANA, StarFlyer, Skynet Asia, dan Air Do. Terminal 2 ini memiliki 6 lantai di mulai dari B1F yang berhubungan dengan stasiun kereta, lantai 1F untuk terminal kedatangan, lantai 2F untuk keberangkatan, lantai 3F dan 4F untuk toko toko oleh oleh serta makanan dan lantai 5F untuk Observation Deck.




Terminal International


Terminal International ini adalah bangunan terbaru yang di buka sekitar Oktober 2010 lalu. Disini hanya melayani penerbangan internasional dari dan ke luar negeri. Terminal International ini terdiri dari 5 lantai dimulai dari lantai 1F untuk bus, taksi dan ada juga jajaran toko didalam nya. Untuk lantai 2F adalah terminal kedatangan yang menghubungkan ke stasiun kereta baik Keikyu Line maupun Monorail serta area parkir. Lantai 3F adalah terminal keberangkatan, disini juga tersedia area toko yang menjajakan makanan. Lantai 4F adalah area Edo Market Place dan lantai 5F adalah Observation Deck. Dari Observation Deck ini akan terlihat bangunan dari Terminal 1 dan Terminal 2 Haneda International Airport ini.











BERKELILING DI BANDARA INTERNASIONAL HANEDA JEPANG
Observation Deck


Akses Menuju Haneda International Airport


Tokyo Monorail


Hamamatsucho Station adalah stasiun awal pemberangkatan untuk menuju Haneda International Airport ini. Hanya memerlukan waktu sekitar 25 menit untuk sampai ke Haneda dari Hamamatsucho Station ini. Untuk ke Hamamatsucho Station bisa menggunakan Yamanote Line dari Tokyo Station maupun Shinjuku Station.


Keikyu Line


Jika menggunakan Keikyu Line yang paling mudah adalah dari Shinagawa Station, dari sini kita bisa pindah kereta ke Keikyu Line. Untuk mencapai Shinagawa Station juga bisa dengan menggunakan Yamanote Line. Untuk waktu tempuh hampir sama dengan Tokyo Monorail dengan harga tiket yang lebih murah.




Bus


Untuk bus menuju Haneda International Airport sendiri bisa dicari dari Tokyo Station maupun Shinjuku Station. Dari sana bisa kita temukan bus yang menuju Haneda maupun juga Narita dan tentunya akan lebih praktis karena kita tidak perlu repot membawa koper jika sedang pindah jalur kereta. Dan pasti nya juga kita bisa duduk sementara kalau naik kereta belum pasti mendapat tempat duduk.


Taksi


Di Jepang taksi sangat mahal, itu pun berlaku untuk orang Jepang. Dan jika lokasi awal kita jauh dari bandara sebaik nya menggunakan kereta terlebih dahulu. Karena jika langsung menggunakan taksi biaya yang kita keluarkan pasti akan membengkak. Cara ini tidak dianjurkan.











Berkeliling Di Bandara International Haneda
Dalam Bandara


Demikian sedikit artikel tentang Haneda International Airport yang bisa saya bagikan. Bilamana ada pertanyaan bisa di ajukan di kolom komentar di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikut nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berkeliling Di Bandara International Haneda