Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 29 March 2016

Belajar Fotografi Lewat GPI ( Gallery Photograpy Indonesia )

ARISTO.ID. Belajar Fotografi Lewat GPI ( Gallery Photograpy Indonesia ). Gallery Photograpy Indonesia adalah sebuah grup photograpy yang pertama kali menuangkan ide nya untuk memberikan frame apresiasi kepada para member nya dan juga memiliki jenjang tingkatan yang menentukan kualitas dari foto para member. Itulah kalimat pembuka yang tertulis di GPI grup yang pasti nya harus di baca setiap member yang ingin masuk kedalam grup photograpy tersebut. Kalau bahasa mudah nya sendiri GPI grup adalah sebuah grup Facebook yang anggota nya adalah para pecinta photograpy yang pasti nya ingin meningkatkan kualitas dari photograpy mereka, contoh nya saya sendiri. Namun GPI grup sudah memiliki member dari berbagai  daerah di Indonesia serta ada pula yang berada di luar negeri.



Di GPI grup kita bisa belajar dan mengenal banyak sekali para photograper yang sudah profesional dengan hasil gambar yang pasti nya tidak perlu di ragukan lagi, namun banyak juga para member baru seperti saya yang masih sangat sedikit pengetahuan tentang photograpy nya. Saya sendiri karena bergabung di GPI grup ini akhirnya bisa bertemu dengan banyak yang sehobi serta bisa bertukar ilmu dan pengalaman. Tentunya kualitas foto yang kita hasil kan sedikit demi sedikit pasti akan semakin membaik.

Di GPI grup sendiri ada tiga tingkatan yaitu di GPI Grup yang beranggotakan member baru, GPI Titanium yang di khususkan untuk member premium yang sudah memenuhi persyaratan di GPI grup dan bisa naik ke GPI Titanium ini, serta yang terakhir adalah GPI Super Titanium. Di GPI Super Titanium ini nanti nya akan di adakan kompetisi yang kemudian akan di pilih 8 photograper terbaik setiap tahunnya.
Baca Juga Review Lensa Canon 70-200mm F2.8 L USM










BELAJAR PHOTOGRAPY LEWAT GPI GRUP ( GALLERY PHOTOGRAPY INDONESIA )
GPI Regional Jepang

Belajar Fotografi Lewat GPI ( Gallery Photograpy Indonesia )



GPI Grup


Belajar fotografi lewat GPI grup adalah langkah awal kita untuk belajar photograpy disini, tugas kita hanyalah menyetor 2 foto setiap hari nya yang nanti nya akan di pilih oleh admin dari hasil  oto semua member manakah yang layak mendapat kan frame apresiasi. Tentu nya yang mendapatkan frame apresiasi adalah foto yang layak serta memenuhi persyaratan yang di berikan oleh GPI grup itu sendiri. Ada 18 kategori foto yang bisa kita kirim setiap hari nya di antara nya Abstract, Animal, Architecture, Flower, Food and Beverages, Humen Interest, Landscape, Macro, Model, Nightshot, Portrait, Silhouette, Sport, Stage, Still Life, Wedding, Travel dan Aviasi.

 



Dari ke 18 kategori tersebut kita harus bisa mengumpulkan masing masing 5 frame dari 3 kategori dan nanti nya setelah mengumpulkan frame apresiasi tersebut kita akan naik ke tingkatan selanjut nya yaitu GPI Titanium. Kalau pun kita belum bisa mendapatkan frame apresiasi kita bisa belajar dari karya orang lain yang mendapatkan frame apresiasi dari GPI grup seperti yang saya lakukan. Dari melihat karya orang lain itulah akhirnya saya belajar untuk menghasil kan karya yang lebih baik. Tidak jarang juga saya bertanya kepada member lain untuk bertukar ilmu tentang photograpy, dari situlah saya mulai belajar.
Belajar Fotografi Lewat GPI ( Gallery Photograpy Indonesia )



Untuk persyaratan upload foto nya sendiri sebagai berikut :

# Dilarang upload foto di wall, upload foto di album harian
# Dilarang watermark, frame, tulisan tidak diperbolehkan
# Ukuran foto 720x480 atau 480x720
# Jatah foto 2 sehari
# Dilarang upload foto dengan rokok, anak kecil dengan alat vital kelihatan dan yang menjurus ke vulgarIni link GPI grup di facebook GPI Grup

GPI Titanium


GPI Titanium adalah untuk member yang telah medapat kan 15 frame foto, 3 kategori yang masing masing 5 frame. Setelah member mendapat 15 frame tersebut nanti nya akan naik tingkat ke GPI Titanium yang pasti nya kualitas foto foto dari GPI Titanium ini sangat bagus. Saya sendiri lumayan kaget saat pertama kali masuk di GPI Titanium ini, benar benar kumpulan photograper handal semua yang ada di GPI Titanium ini. Namun dari sini saya mulai belajar banyak mengenai teknik teknik photograpy lebih serius.

Anda sedang membaca Belajar Fotografi Lewat GPI ( Gallery Photograpy Indonesia )

Yang saya suka di GPI Titanium ini adalah saat hari kamis di mana ada event Good Photo Campaign yaitu dimana nanti nya foto kita akan di komentari oleh para juri serta admin dari GPI Titanium itu sendiri. Dengan menambahkan foto Good Photo Campaign di kolom komentar foto kita itu menandakan kita ingin di beri komentar dari admin. Namun apabila tidak menambah kan foto Good Photo Campaign juga tidak masalah. Untuk persyaratan upload foto nya sendiri masih sama dari pada di GPI Grup namun untuk jatah upload naik menjadi 4 setiap hari nya.
Di GPI Titanium lebih banyak kategori frame yang di terbitkan yaitu Best Kategori, Photo Of The Day, Photo Of The Week, Photo Of The Month, Midnight Surprise, Editor Choise dan Daily Surprise, sementara di GPI Grup hanya Best Kategori dan Photo Of The Day saja. Tentu nya di GPI Titanium ini pengetahuan dan kemampuan kita dalam hal photograpy akan semakin meningkat setiap hari nya.



GPI Super Titanium ?


Kenapa saya beri tanda tanya dalam sub judul tersebut, karena saya sendiri belum masuk ke dalam Super Titanium. Namun dari informasi yang saya dapat bahwa di Super Titanium ini ada sebuah tugas tugas khusus yang akan di berikan oleh juri kepada anggota. Nanti nya dari tugas tugas tersebut akan di pilih 8 photograper terbaik setiap tahunnya yang akan mendapat kan piagam serta tropi dari GPI Grup. Untuk mendaftar di Super Titanium ini kita harus memiliki 40 frame Titanium dengan 8 kategori foto masing masing 5.



Sebenarnya grup photograpy yang memberikan frame apresiasi banyak namun bagi saya di GPI lah yang lebih baik karena di GPI ada tingkatan kelas nya dan GPI juga lah pelopor dari grup grup frame apresiasi lainnya di Indonesia. Dari GPI lah saya banyak belajar dan bertemu dengan para pecinta photograpy lainnya, dan dari mereka pula lah saya mendapat kan banyak ilmu tentang photograpy yang tidak saya ketahui sebelumnya. Dan semoga kedepannya saya bisa menjadi photograper yang lebih baik lagi dan juga GPI menjadi semakin sukses.

Itulah artikel mengenai Belajar Fotografi Lewat GPI ( Gallery Photograpy Indonesia ). Semoga bermanfaat dan salam fotografi. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Belajar Fotografi Lewat GPI ( Gallery Photograpy Indonesia )