Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 29 February 2016

Mengunjungi Kuil Tertua Di Tokyo Yaitu Kuil Sensoji Asakusa

ARISTO.ID. Kuil Sensoji ini merupakan kuil tertua di Tokyo yang sangat ramai dan juga salah satu wisata favorit di Tokyo baik untuk warga lokal maupun turis dari luar negeri. Namun dari pengamatan saya pribadi kebanyakan yang berkunjung adalah bukan dari warga Jepang sendiri melainkan turis luar negeri atau orang asing yang bekerja di Jepang. Mereka biasa nya datang bersama keluarga atau pun rombongan nya untuk sekedar berwisata ke Kuil Sensoji ini karena memang kuil ini lumayan terkenal di luar negeri. Sedangkan untuk warga Jepang kebanyakan datang untuk berdoa di kuil ini sambil jalan jalan juga tentu nya.

Sekilas Dari Kuil Sensoji


Asakusa adalah sebuah daerah di Taito, Tokyo, Jepang yang memang terkenal dengan Kuil Sensoji nya ini. Kuil ini merupakan salah satu kuil Budha tertua di Jepang khusus nya di Tokyo yang dibangun pada sekitar abad ke 6, ada pula yang menyebutkan tepat nya pada tahun 645. Awal nya dua orang kakak beradik yang bernama Hinokuma Hanamari dan Hinokuma Takenari menemukan sebuah patung dari Dewi Kannon atau yang lebih di kenal sebagai dewi welas asih di sungai Sumida. Untuk menghormati Dewi Kannon ini akhirnya kepala desa saat itu memutuskan untuk membangun sebuah kuil yang awal nya bernama Asakusa Kannon Temple yang sekarang kita kenal dengan Kuil Sensoji ini.






MENGUNJUNGI KUIL TERTUA DI TOKYO YAITU KUIL SENSOJI ASAKUSA


Gerbang utama dari kompleks Kuil Sensoji ini disebut Kaminarimon Gate yang berada tepat di depan pintu masuk menuju kompleks Kuil Sensoji. Setelah melewati Kaminarimon Gate kita akan di suguhi dengan deretan toko toko yang menjual aneka oleh oleh khas Asakusa dan berbagai jenis jajanan khas Jepang, area tersebut di kenal dengan Nakamise Dori. Disini kita bisa belanja berbagai gantungan kunci atau pun lukisan khas Jepang, ada pula kaos kaos yang bertuliskan Kanji Jepang yang tentunya harga dari semua itu lebih terjangkau.


Dari Nakamise Dori kemudian kita akan melihat Hozomon Gate yaitu gerbang seperti Kaminarimon Gate namun dengan bentuk bangunan yang lebih besar. Disebelah kanan nya ada Bentendo Hall dan di sebelah kiri nya ada sebuah pagoda 5 tingkat yang di namakan Five Storied Pagoda. Pagoda dan Hozomon Gate yang berdampingan ini biasa nya banyak di ambil gambar nya oleh para wisatawan karena memang gambar dari kedua nya akan terasa lebih bagus saat di ambil bersamaan.



MENGUNJUNGI KUIL TERTUA DI TOKYO YAITU KUIL SENSOJI ASAKUSA


Setelah melewati Hozomon Gate kita akan melihat bangunan utama dari kuil ini yaitu Main Hall atau biasa di sebut Hondo. Disini lah tempat utama bagi warga Jepang untuk berdoa dan meminta segala sesuatu yang di ingin kan nya, kita di perbolehkan untuk masuk kedalam area bangunan ini dan melihat betapa megah nya dari Hondo ini. Selain pintu masuk utama yang berada di depan ada dua lagi di sebelah kana dan kiri dari bangunan ini yang di gunakan  sebagai pintu keluar para pengunjung yang selesai berdoa.




Baca Juga Kawasaki Daishi Temple Kuil Penghilang Malapetaka



Jika kita keluar dari sebelah kiri nanti nya kita akan melihat bangunan lain dari kompleks Kuil Sensoji ini diantara nya yaitu Yogodo Hall, Yakushido Hall dan Awashimado Hall. Sedangkan jika kita keluar dari sebelah kanan kita akan melihat Komagatado Hall yang masing masing fungsi nya juga untuk berdoa kepada para dewa.



MENGUNJUNGI KUIL TERTUA DI TOKYO YAITU KUIL SENSOJI ASAKUSA

Naik Jinrikisha Dan Wisata Kuliner


Yang menarik di Asakusa lainnya adalah Jinrikisha yaitu sebuah becak yang ditarik oleh orang yang akan mengantarkan kita mengelilingi Asakusa dengan penjelasan dari setiap tempat nya oleh penarik becak nya. Becak disini tidak sama dengan becak yang berada di Indonesia, di Indonesia becak memiliki 3 roda dan di kayuh seperti sepeda sedangkan di Asakusa becak nya lebih mirip delman dengan 2 roda besar dan seorang berdiri didepan menarik serta menahan becak agar tidak jatuh. Maka dari itu kebanyakan penarik becak di Asakusa di dominasi oleh laki laki yang berotot dan masih muda. Untuk tarif nya berkisar antara 3000 sampai 6000 yen.


Sedangkan untuk wisata kuliner nya di dalam kompleks Kuil Sensoji banyak terdapat pedagang asongan yang menjajakan panganan khas Jepang seperti Takoyaki, Yakitori, Karage dan lain sebagai nya. Tepat nya para pedagang ini berada di sebelah kanan Hondo atau bangunan utama Kuil Sensoji dekat dengan pintu keluar. Nah di pintu keluar ini juga terdapat berbagai kedai makanan salah satu nya Ramen Halal yang di jual oleh salah satu muslim Jepang dengan nama kedai nya yaitu Naritaya. Untuk 1 porsi Ramen Halal termurah sekitar 700 yen dan berbagai macam Ramen halal lainnya dengan harga yang bervariatif.



Akses Menuju Kuil Sensoji


Asakusa Station adalah stasiun terdekat menuju Kuil Sensoji ini. Banyak cara untuk menuju Asakusa Station ini di antara nya jika kita berangkat dari Tokyo Station kita bisa menggunakan JR Keihin Tohoku Line menuju Kanda Station dilanjutkan dengan Ginza Line menuju Asakusa Station dengan harga tiket 310 yen dan waktu tempuh sekitar 17 menit saja. Jika kita dari Shinjuku Station kita bisa menggunakan JR Chuo Line turun di Kanda Station juga dan kemudian di lanjutkan dengan Ginza Line. Waktu tempuh sekitar 27 menit dengan harga tiket sekitar 340 yen.



MENGUNJUNGI KUIL TERTUA DI TOKYO YAITU KUIL SENSOJI ASAKUSA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengunjungi Kuil Tertua Di Tokyo Yaitu Kuil Sensoji Asakusa