Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 10 February 2016

Menelisik Sejarah Kamakura Lewat Tsurugaoka Hachiman Gu

ARISTO.ID. Kamakura adalah sebuah kota di pesisir laut yang merupakan bekas ibukota Jepang pada masa lalu dan salah satu bukti peninggalan nya adalah Tsurugaoka Hachiman Gu. Adalah sebuah kuil Shinto yang dahulu pernah menjadi pusat politik kerajaan saat ibukota Jepang terletak di Kamakura sekitar tahun 1200 an. Sekarang Turugaoka Hachiman Gu menjadi salah satu ikon Kamakura dalam hal wisata sejarah yang paling banyak di kunjungi selain Patung Budha Daibutsu di Kuil Kotokuin.


Baca Juga Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin




MENELISIK SEJARAH KAMAKURA BEKAS IBUKOTA JEPANG LEWAT TSURUGAOKA HACHIMAN GU

Sejarah Tentang Tsurugaoka Hachiman Gu


Minamoto Yoriyoshi 源 頼 義 , yang berkuasa pada tahun 988 - 1075 mampu memberantas pemberontakan yang terjadi di Timur Utara Jepang pada tahun 1051. Setelah berhasil dalam menahan para pemberontak tersebut Minamoto Yoriyoshi akhirnya membangun sebuah kuil untuk basis kekuatan para prajurit nya di Kamakura yang kemudian kuil tersebut di sebut Tsurugaoka Hachiman Gu. Kuil tersebut di bangun sebagai tempat persembahan untuk Hachiman Kami yang merupakan Dewa Shinto pelindung dari kelas ksatria.


MENELISIK SEJARAH KAMAKURA BEKAS IBUKOTA JEPANG LEWAT TSURUGAOKA HACHIMAN GU

 
Pada tahun 1192 Minamoto Yoritomo 源 頼 朝 yang merupakan keturunan dari Minamoto Yoriyoshi di angkat dan membangun Keshogunan Kamakura (1192-1333) yang berakibat berpindah nya pusat ibukota Jepang dari sebelumnya terletak di Kyoto ke Kamakura. Yang sebelum nya terjadi konflik antara klan Taira dengan klan Minamoto yang di menangkan oleh klan Minamoto di bawah pimpinan Minamoto Yoritomo. Keshogunan di Jepang berkuasa sejak saat itu sampai akhirnya pada tahun 1867 Keshogunan Tokugawa runtuh dan sistem pemerintahan kemudian berganti menjadi kerajaan seperti sekarang ini.





675 tahun lama nya keshogunan yang merupakan sistem pemerintahan samurai berkuasa sejak Minamoto Yoritomo mengawali nya. Karena itulah Minamoto Yoritomo di anggap sebagai pemimpim yang ideal dan Tsurugaoka Hachiman Gu menjadi pusat ke agamaan untuk shogun berikut nya. Sejak saat itulah para shogun berikut nya memulai membangun kuil persembahan untuk Hachiman Kami di seluruh wilayah Jepang.


Apa Saja Yang Ada Di Tsurugaoka Hachiman Gu


Dankazura


Adalah sebuah jalan setapak di tengah tengah jalan raya yang merupakan awal atau pintu masuk untuk menuju Tsurugaoka Hachiman Gu. Disamping kanan dan kiri jalan ini terdapat pohon sakura yang pasti nya akan sangat cantik bila kita melewati tengah nya saat bungan sakura sedang mekar. Namun sayang nya saat saya berkunjung kesana kompleks Dankazura ini sedang di renovasi sehingga di tutup dan tidak bisa di lewati.


MENELISIK SEJARAH KAMAKURA BEKAS IBUKOTA JEPANG LEWAT TSURUGAOKA HACHIMAN GU

Wakamiya Shrine


Di sebelah Shimohaiden / Maiden terdapat Wakamiya Shrine. Dalam bahasa Jepang Wakamiya berarti kuil muda, karena kuil ini berumur lebih muda dari Kuil Iwashimizu yang berada di Kyoto, dari sana lah Dewa untuk persembahan di kuil ini dibawa. Anak anak Kaisar Ojin dan pasangan nya juga di abadikan disini.

Shimohaiden / Maiden


Shimohaiden / Maiden adalah bangunan kuil yang terdapat di halaman utama yang tepat berada di tengah tengah area Tsurugaoka Hachiman Gu. Yang unik dari Shimohaiden / Maiden adalah terdapat puluhan merpati yang hinggap di atas nya. Konon saat Minamoto Yoriyoshi akan membangun kuil ini merpati ini lah yang menuntun menuju lokasi pembangunan. Dan saat akan di pindah pada tahun 1180 merpati ini pula yang menuntun menuju lokasi baru nya saat ini.


Menelisik Sejarah Kamakura Lewat Tsurugaoka Hachiman Gu

Hongu Main Shrine Atau Kuil Utama


Kuil utama ini letak nya di puncak persis di belakang dari Shimohaiden / Maiden, ada puluhan anak tangga yang harus di lewati untuk menuju kuil utama ini, walau pun tidak seberapa namun cukup untuk membuat kaki terasa lelah. Didalam kuil utama ini kita tidak boleh mengambil gambar hanya boleh melihat lihat saja. Di dalam kuil ini banyak sekali koleksi koleksi nya terutama beberapa Mikosi 神輿 atau miniatur bentuk kuil yang disamping nya terdapat kayu panjang sebagai pegangan untuk mengangkat nya.



Akses Menuju Tsurugaoka Hachiman Gu


Kamakura Station adalah stasiun terdekat menuju Tsurugaoka Hachiman Gu, dari stasiun kita cukup jalan kaki tidak sampai 5 menit. Untuk menuju Kamakura Station sendiri cukup menggunakan JR Yokosuka Line dari Tokyo Station dengan harga tiket sekitar 920 yen atau sekitar 100.000 rupiah dan waktu tempuh sekitar 54 menit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menelisik Sejarah Kamakura Lewat Tsurugaoka Hachiman Gu