Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 18 January 2016

Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang

ARISTO.ID. Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang. Selain terkenal dengan pantai nya yang ramai Kamakura juga terkenal dengan Patung Budha nya yang dalam bahasa Jepang disebut Daibutsu. Patung Budha Daibutsu berada di Kotoku-in yang merupakan salah satu kuil Budha disana. Budha dari sekte Jodo-shu lah yang membuat Daibutsu ini yang sekarang terkenal dan menjadi salah satu wisata dan ikon dari Kamakura bahkan Jepang di mata traveller asing.



Biasa nya para traveller dari luar untuk mengunjungi Patung Budha ini biasa nya mengikuti tour dan travel. Yang di adakan oleh perusahaan jasa tour dan travel yang berada di daerah Tokyo. Paket wisata nya bisa memilih berkunjung kesini namun bagi yang ingin Backpackeran sendiri kesini juga mudah karena transportasi nya sangat memadai dan keberangkatannya pun dengan jarak yang cukup dekat. Tentu nya dengan Backpackeran sendiri akan lebih menantang dan lebih menyenangkan.
Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang

Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang


Sejarah Daibutsu / Patung Budha Di Kamakura


Patung Budha ini menurut sejarah dibangun pada tahun 1252 dan terletak di dalam kuil namun sekarang patung tersebut terbuka di luar. Dari pertama kali di bangun hingga sekarang Daibutsu ini sudah mengalami beberapa kali rekonstruksi karena mengalami berbagai bencana. Pada tahun 1243 patung yang mempunyai tinggi 13 meter ini mengalami kerusakan dan kemudian di bangun kembali menggunakan perunggu.

Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang


Pada tahun 1334 dan 1369 terjadi kembali kerusakan parah pada patung budha ini akibat badai yang lumayan besar yang mengakibatkan bangunan kuil yang menaungi patung budha hancur. Pun pada tahun 1498 kembali terjadi bencana yaitu Tsunami yang menerjang patung budha sehingga setelah Tsunami tersebut di putus kan untuk tidak membangun kembali kuil yang menaungi patung budha Dan sampai sekarang ini patung budha di biarkan di luar ruangan tanpa ada yang menaungi nya. Pada tahun 1923 juga kembali terjadi bencana gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan cukup parah namun 2 tahun kemudian kembali di rekonstruksi ulang. Dan rekonstruksi terakhir di lakukan sekitar tahun 1960 dan 1961.


Patung Budha dengan berat 121 ton ini juga bisa di masuki bagian dalam nya dengan membayar harga tiket hanya 20 yen. Sementara untuk masuk ke area kuil tiket masuk nya sekitar 200 yen. Di dalam patung budha kita harus mengantri karena ruangan nya yang sempit dan pasti nya suasana panas karena udara yang terdapat di dalam sedikit. Di bagian belakang kepala budha pun ada jendela yang terbuka untuk pintu masuk udara ke dalam patung. Selain itu di samping patung budha terdapat sepasang sandal raksasa yang menurut keyakinan adalah sandal yang di pakai oleh budha dan pasti nya ukuran sandal nya juga besar yaa.
Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang

Akses Ke Patung Budha Di Kamakura


Bagi yang mengikuti paket tour dan travel tentu nya tidak perlu khawatir ikut memikirkan masalah akses. Namun bagi yang memilih jalan Backpacker saya akan sedikit memberi informasi nya. Dari Tokyo Station bisa menggunakan JR Yokosuka Line dan kemudian turun di Kamakura Station. Dilanjut kan menggunakan bus menuju Daibutsu Mae sekitar 6 pemberhentian dari Kamakura Station. Turun dari bus hanya di perlukan 1 menit berjalan menuju Patung Budha yang merupakan ikon Kamakura tersebut. Membutuh kan waktu sekitar 1 jam 16 menit dan biaya  1120 yen atau sekitar 120.000 rupiah dari Tokyo Station menuju Patung Budha.


Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang



Dari Patung Budha di Kuil Kotoku-in tersebut juga terdapat berbagai wisata lainnya. Seperti Hase Dera, Kamakura Museum Of Literarure, Goryoo Shrine dan tentunya Pantai Kamakura yang ramai akan aktifitas warganya. Banyak yang di lakukan warga disana seperti bermain selancar, berenang dan berbagai olahraga air lainnya.

Itulah artikel mengenai Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang. Semoga bermanfaat dan salam backpacker. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Patung Budha Daibutsu Di Kuil Kotokuin Kamakura Jepang