Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 26 January 2016

Menikmati Suasana Tropis Di Yumenoshima Tropical Plant Dome

ARISTO.ID. Yumenoshima Tropical Plant Dome adalah sebuah bangunan taman indoor yang di dalam nya terdapat berbagai macam tumbuhan tropis yang pasti nya sering kita jumpai di Indonesia namun tidak di Jepang ini. Jepang merupakan negara subtropis yang memiliki 4 musim di antara nya musim dingin, musim semi, musim panas dan juga musim gugur. Dan pasti nya dengan perbedaan musim itulah yang membuat flora atau pun fauna yang bisa hidup dan berkembang di Jepang maupun Indonesia berbeda. Misal nya Harimau yang banyak terdapat di negara tropis seperti Indonesia, India dan beberapa negara di Afrika namun di negara Jepang yang merupakan negara subtropis ini tidak ada Harimau liar di luaran sana, melainkan hanya ada di kebun binatang yang itu pun di datang kan dari negara tropis.

Nah di Yumenoshima Tropical Plant Dome ini kita bisa menemukan banyak macam tumbuhan yang hidup di negara tropis. Bangunan berbentuk setengah bulat ini di rancang khusus untuk tumbuhan tropis yang memang udara nya panas jadi di dalam bangunan ini kita benar benar di bawa ke negara tropis seperti Indonesia, bahkan saya sendiri seperti pulang kampung karena memang kebanyakan tumbuhan di sini familiaar dengan kampung halaman saya. Tidak jarang pula saya tertawa sendiri karena melihat tumbuhan yang di Indonesia di anggap biasa di sini di rawat dengan sangat istimewa.















Yumenoshima Tropical Plant Dome
Gedung Yumenoshima Tropical Plant Dome dari luar

Tentang Yumenoshima


Awal nya Yumenoshima adalah sebuah pulau buatan yang di bangun selama 20 tahun ( 1950 - 1970 ) yang merupakan tempat pembuangan sampah dari Tokyo dan sekitar nya. Namun seiring berjalan nya waktu di pulau sampah ini lah di bangun sebuah taman yang di beri nama Yumenoshima Park. Nama itu di ambil dari kata Yume = mimpi dan Shima = pulau, jadi Yumenoshima bisa di artikal sebagai pulau impian. Walau pun berawal dari pulau sampah tapi jangan beranggapan bahwa disini akan ada banyak sampah berserakan justru sebalik nya di sini sangat bersih seperti kota kota Jepang lainnya.



Di pulau ini juga di bangun beberapa area yang meliputi 5 lapangan baseball yang berada di tempat terpisah, 2 lapangan atletik, Bumb Tokyo Sport Cultural Centre yang merupakan berbagai fasilitas olahraga lain seperti futsal, Colloseum untuk area keluarga dan Yumenoshima Tropical Plant Dome sendiri. Dengan ada nya berbagai fasilitas yang tersedia di sini membuat Yumenoshima menjadi salah satu tempat yang bisa di jadikan rekreasi bersama keluarga maupun teman teman.











Yumenoshima Tropical Plant Dome
Jalan setapak di dalam Yumenoshima Tropical Plant Dome

Yumenoshima Tropical Plant Dome


Di rumah kaca seluas 20.000 meter persegi ini terdapat berbagai macam tumbuhan tropis dan beberapa dari tumbuhan sub tropis juga. Rumah kaca yang pertama kali di buka pada 19 November 1988 ini memiliki 3 kubah kaca berderet yang membuat nya menjadi bangunan paling mencolok di bandingkan bangunan lainnya. 3 kubah yang memiliki tinggi sekitar 28 meter itu diberi nama kubah A, kubah B dan kubah C serta memiliki fungsi yang berbeda. Dome A merupakan tempat untuk pohon besar dan pohon tropis lainnya, Dome B untuk berbagai macam pohon palem dari luar Jepang maupun palem lokal sedangkan Dome C merupakan tempat untuk tanaman dari Ogaswara.












Yumenoshima Tropical Plant Dome
Salah satu koleksi Yumenoshima Tropical Plant Dome
yang banyak terdapat di belakang rumah saya di Indonesia

Ogaswara merupakan sebuah nama pulau yang masih dalam kawasan Jepang, memiliki jarak sekitar 1000 km dan hanya bisa ditempuh dengan 25 jam menaiki kapal karena di sana tidak terdapat bandara untuk landasan pesawat. Banyak sekali jenis dari flora fauna yang hidup dan bisa berkembang di sana, jenis nya pun berbeda dengan yang ada di Jepang pada umum nya. Itu karena pulau yang di juluki Galapagos Of The Orient ini sangat terisolasi dari dunia luar. Namun di Yumenoshima Tropical Plant Home khusus nya Dome C kita bisa menikmati dan mengamati berbagai macam tumbuhan yang ada di Ogaswara tanpa harus melakukan perjalanan panjang tersebut.















Yumenoshima Tropical Plant Dome
Durian , buah langka di Jepang

Akses Dan Informasi Tentang Yumenoshima


Stasiun terdekat dari Yumenoshima adalah Shin Kiba Station. Banyak cara menuju stasiun ini, apabila dari Tokyo Station cukup dengan naik Keiyo Line dengan tarif 170 yen dan waktu 9 menit. Apabila dari Shinjuku Station bisa naik Saikyo Line dengan tarif 560 yen dan waktu 31 menit, selain itu Shin Kiba Station juga bisa di akses dari Yurakucho Subway Line. Dan dari Shin Kiba Station di lanjutkan jalan kaki sekitar 10 menit.



Harga Tiket :

- Umum 250 yen

- Pelajar SMA 100 yen

- Usia 65 tahun ke atas 120 yen

Namun pada Hari Penghijauan yaitu tanggal 4 Mei dan Tokyo Citizen's Day 1 Oktober Gratis



Jam Operasional nya dari pukul 09.30 sampai 16.00.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menikmati Suasana Tropis Di Yumenoshima Tropical Plant Dome