Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 12 January 2016

Cara Setting Kamera DSLR Saat Mengambil Gambar Malam Hari

ARISTO.ID Cara Setting Kamera DSLR Saat Mengambil Gambar Malam Hari. Setelah kemarin saya membagikan cerita saat berburu foto malam hari di Odaiba dan Tokyo Station kali ini saya juga akan membagikan cara setting kamera DSLR saat malam hari yang saya lakukan kemarin. Disini saya tidak bermaksud menggurui karena saya juga seorang amatiran yang baru mengenal kamera beberapa waktu terakhir dan baru memperdalam nya sekitar sebulanan. Jadi saya disini hanya ingin berbagi pengalaman dan semoga yang akan saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi para penggila photography sekalian.




Baca Juga Artikel Terkait Berburu Foto Malam Hari Di Odaiba dan Tokyo Station



Kalau berbicara tentang foto malam hari saya jadi ingat sekitar 1 tahunan yang lalu saat saya baru pertama kali mempunyai kamera DSLR dan mencoba mengambil foto malam hari. Saat itu saya berdua bersama teman saya pergi ke Tokyo Tower yang merupakan Landmark kota Tokyo. Tokyo Tower sebenar nya sangat cocok di jadikan obyek untuk Nightshoot karena dengan banyak nya lampu lampu yang menempel membuat keindahan Tokyo Tower menjadi semakin menarik dan tentu saja akan menghasilkan gambar yang bagus. Namun berhubung saat itu saya tidak tahu menahu tentang foto malam hari maka nya dari 100 lebih foto yang saya ambil tidak ada yang bagus :D.




[caption id="" align="aligncenter" width="500"] Cara Setting Kamera DSLR Saat Mengambil Gambar Malam Hari Shutter Speed : 5 detik ISO : 100 Apperture : 7.1 Lokasi : Yokohama Red Brick Ware House[/caption]

Nhah kali ini sebelum memulai berburu pada malam hari saya mencari berbagai artikel dan video tutorial di Youtube tentang bagaimana cara nya mengambil gambar yang bagus pada malam hari. Dan berikut pengalaman saya sendiri tentang berburu foto saat malam hari di Odaiba dan Tokyo Station kemarin malam.

Cara Setting Kamera DSLR Saat Mengambil Gambar Malam Hari


1. Persiapkan Alat Dan Perlengkapan Lainnya


Sebelum pergi berburu gambar tentu nya ada yang harus di persiapkan yaitu alat alat photography standar seperti Kamera, Tripod, Remote Kamera, dan Berbagai Macam Filter sesuai kebutuhan. Tripod disini hukum nya wajib karena untuk mengambil gambar saat malam hari yang sedikit cahaya tentunya di butuh kan shutter yang lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak. Dan untuk menjaga getaran saat menekan tombol shutter sebaik nya gunakan remote kalaupun tidakada bisa di gunakan timer.





2. Mencari Tempat Yang Tepat


Dalam mendapatkan gambar yang bagus tentunya kita tidak bisa sembarangan mengambil gambar di berbagai tempat. Kita harus mencari sudut pandang yang berbeda dan kira nya bisa menghasil kan gambar yang tidak biasa. Dengan seperti itu maka gambar yang kita hasil kan akan lebih menarik dan unik untuk di pandang.





[caption id="" align="aligncenter" width="502"] Cara Setting Kamera DSLR Saat Mengambil Gambar Malam Hari Shutter Speed : 6 detik ISO : 100 Apperture : 4.5 Lokasi : Odaiba Tokyo[/caption]


3. Settingan Kamera


Shutter Speed untuk malam hari biasa nya lebih lambat karena di butuh kan untuk menangkap cahaya lebih banyak, saya sendiri biasa nya memakai shutter speed 4 sampai 30 detik atau sesuaikan saja dengan kebutuhan. Apperture biasa nya di sesuaikan dengan Shutter Speed misal untuk shutter speed 6 detik dan iso 100 saya gunakan apperture 6,3. Sementara untuk ISO saya biasa menggunakan 100 sampai 200.

4. Sabar Dan Terus Bereksperimen


Nah yang terakhir ini adalah harus sabar apalagi untuk pemula seperti saya karena untuk menghasil kan gambar yang bagus dalam sekali jepret itu adalah mustahil. Pasti dari gambar pertama kita akan mengetahui kekurangan nya dan bisa memperbaiki nya di pengambilan gambar kedua dan terus memperbaiki kekurangan sampai menemukan setingan yang pas dan mendapatkan gambar yang punya kualitas bagus. Maka dari itu di butuh kan kesabaran dan ketelatenan untuk terus memperbaiki kualitas dari foto ke foto selanjutnya.




Baca Juga Cari Fotografer Di Pekalongan ?? Aristo Fotografi Aja Jawabannya





[caption id="" align="aligncenter" width="503"] Cara Setting Kamera DSLR Saat Mengambil Gambar Malam Hari Shutter Speed : 20 detik ISO : 100 Apperture : 6.3 Lokasi : Tokyo Station[/caption]

Jangan lupa kunjungi dan Subscribe Channel Youtube Aristo.Id di link dibawah ini.


https://www.youtube.com/channel/UC2PVA_dXcNBthWX2tIyLqvA

Banyak video tutorial fotografi lainnya disana. Demikianlah artikel  Cara Setting Kamera DSLR Saat Mengambil Gambar Malam Hari. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Setting Kamera DSLR Saat Mengambil Gambar Malam Hari