Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 8 January 2016

7 Hal Unik Tentang Desain Rumah Jepang

ARISTO.ID. 7 hal unik tentang desain rumah Jepang adalah topik yang akan kita bahas kali ini. Jepang memang terkenal dengan berbagai keunikan nya dalam hal budaya atau pun kehidupan keseharian nya tak terkecuali tentang rumah rumah yang ada di Jepang juga memiliki keunikan di banding dengan rumah dari negara Indonesia. Jepang memang tak memiliki kekayaan berlimpah seperti Indonesia tapi hal itulah yang membuat warga nya terpaksa berpikir dan mengembangkan yang ada sehingga Jepang menjadi maju seperti sekarang ini.


Dan ini lah 7 hal unik tentang desain rumah ala Jepang di mulai dari yang pertama :





7 Hal Unik Tentang Desain Rumah Jepang


1. Getabako ( Rak Sepatu )


Di Jepang setiap rumah pribadi atau pun apartemen pasti memiliki Getabako ini dan pasti letak nya pas setelah di pintu masuk. Dikarenakan budaya Jepang memang harus memakai sandal khusus saat di dalam rumah dan jangan sampai memakai sandal tersebut keluar atau pun sebalik nya memakai sandal atau sepatu dari luar di dalam rumah. Hal tersebut di lakukan agar kebersihan di dalam rumah terjaga dan perawatan nya pun mudah karena tidak terlalu kotor. Untuk sandal di dalam rumah dan khusus toilet berbeda dan yang perlu di catat jangan sampai memakai sandal toilet keluar karena bagi orang Jepang toilet adalah hal terkotor di dunia.



Getabako Rak Sepatu Ala Jepang

2. Toilet Dan Kamar Mandi


Apabila di Indonesia toilet dan kamar mandi dalam satu ruangan dan letak nya paling belakang rumah berbeda dengan di Jepang. Di Jepang toilet biasa nya terpisah dengan kamar mandi, toilet juga biasanya terletak di depan bukan di belakang, jadi setelah masuk kerumah ruangan yang pertama di lewati biasa nya adalah toilet. Dan biasa nya toilet terletak di bawah tangga menuju lantai dua, di Jepang kebanyakan rumah nya dua lantai atau bahkan tiga lantai karena lahan yang sempit dan mahal membuat Jepang berpikir bagaimana lahan yang sempit agar bisa di huni oleh banyak orang. Sementara kamar mandi biasa nya berdampingan dengan ruangan tempat mesin cuci dan letak nya agak di belakang bagian rumah namun kadang ada juga yang di depan.

3. Ofuro ( Bak Mandi ) Dan Pemanas Air


Desain Rumah Jepang selanjutnya adalah Ofuro. Di dalam kamar mandi Jepang bisa di pastikan ada Ofuro karena kebanyakan warga Jepang dalam sehari hanya akan mandi sekali pada malam hari. Dan mandi nya warga Jepang biasa nya dengan berendam di Ofuro agar badan yang lelah seharian bekerja bisa kembali segar. Dan pagi hari nya sebelum berangkat kerja warga Jepang hanya akan cuci muka dan sikat gigi tanpa mandi pagi. Untuk berendam pasti nya menggunakan air panas kan, nah di Jepang juga setiap rumah memiliki pemanas air jadi kalau mau menggunakan air panas tinggal pencet tombol nya dan keluar lah air panas tanpa repot.












Ofuro Bak Mandi Jepang
Untuk Ofuro Tempat Tinggal Saya Ini Kecil, Maklum Murah :D

4. Eakon ( AC )


Jepang merupakan negara subtropis yang memiliki 4 musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Untuk menghadapi beberapa musim tersebut setiap rumah di Jepang pasti memiliki Eakon yang bisa di gunakan sesuai musim, misal saat musim dingin Eakon bisa di setel untuk menghangat kan ruangan dan saat musim panas juga sebalik nya, Eakon bisa di setel untuk menyejukkan ruangan. Setiap rumah memang memiliki Eakon namun tidak dalam setiap kamar nya, untuk kamar yang tidak memakai Eakon biasa nya menggunakan Heater untuk menghangat kan ruangan nya.

5. Kotak Surat


Untuk negara yang canggih seperti Jepang penggunaan surat menyurat melalui pos masih di perhitungkan. Masih banyak urusan yang mengandalkan kantor pos dalam mengirim dokumen atau pun barang barang lain nya. Dan di setiap rumah pasti memiliki kotak pos, tidak seperti di Indonesia yang harus mengetuk pintu untuk bertemu langsung dengan pemilik rumah. Di Jepang petugas pos sangat sibuk jadi mereka hanya akan memasukkan surat ke dalam kotak pos.


Namun untuk barang kiriman biasa nya akan di berikan langsung kepada penerima kalau pun tidak bertemu dengan penerima petugas akan meninggalkan surat pemberitahuan dan sebagai penerima kita harus mengisi surat tersebut dengan memilih jam barang tersebut dapat dikirim keesokan hari nya. Setelah memilih jam berapa kita bisa menerima barang kemudian masukkan surat tersebut ke kotak pos dan barang pun akan dikirim kembali besok sesuai jam permintaan kita.












Kotak Pos Di Jepang
Maaf Kotak Pos Nya Jelek :D

6. Tempat Parkir


Walau pun kebanyakan warga nya lebih senang menggunakan transportasi publik atau pun jalan kaki namun hampir setiap keluarga bisa di pastikan memiliki mobil. Dan  setiap desain rumah pasti terdapat tempat parkir di dalam nya, karena parkir sembarangan di larang di Jepang. Apabila menggunakan parkir berbayar pun akan mahal jadi nya, maka dari itu tempat parkir wajib dalam setiap rumah di Jepang. Untuk biaya parkir di Jepang biasa nya per satu jam sekitar 100 - 200 yen atau 10.000 - 20.000 ribu. Jadi untuk parkir selama sebulan tinggal di kalikan saja berapa jam.





7. Tatami


Desain Rumah Jepang yang terakhir adalah ada di bagian dalam rumah. Tatami adalah sejenis tikar khas Jepang yang biasanya di pakai di ruangan untuk bersantai. Dari beberapa ruangan di dalam rumah biasa nya ada satu ruangan khusus yang menggunakan Tatami. Tatami ini juga di percaya mempunyai efek yang baik bagi badan apa bila kita tidur di atas nya. Tatami di buat dari bahan jerami yang lembut yang biasa nya berukur 910mm x 1820 mm dan dalam satu ruangan tersusun atas beberapa Tatami.


Desain rumah jepang



Itu adalah 7 hal unik tentang desain rumah Jepang yang mungkin jarang kita temukan di rumah rumah Indonesia. Karena berbeda musim serta budaya lah yang membuat rumah di Jepang sangat unik bagi kita warga Indonesia. Dan mungkin pun sebalik nya warga Jepang melihat desain rumah di Indonesia juga sangat unik. Dan akhir kata, sampai ketemu di artikel selanjut nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Hal Unik Tentang Desain Rumah Jepang