Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 17 December 2015

Suica Dan Pasmo Kartu Serba Bisa Di Jepang

ARISTO.ID. Suica dan Pasmo adalah kartu serba bisa yang biasa di gunakan oleh warga yang tinggal di Jepang untuk berbagai macam keperluan terutama nya untuk membayar tiket kereta api. Saya sendiri sudah 2 tahunan lebih memakai Suica untuk mempermudah segala keperluan sehari hari yang biasa saya lakukan selama tinggal di Jepang ini. Suica dan Pasmo adalah dua kartu berbeda yang mempunyai fungsi dan kegunaan yang sama. Kali ini saya akan coba menjelaskan secara lengkap tentang Suica dan Pasmo ini.




Suica Dan Pasmo Kartu Serba Bisa Di Jepang ( Kegunaan Suica atau Pasmo )


1. Membayar Tiket Kereta Api


Fungsi utama saya memakai Suica ini sebenar nya adalah sebagai ganti dari tiket kereta api. Karena apabila membeli tiket secara manual terlalu menyita waktu aplagi kalau saat sedang terburu buru. Dengan Suica dan Pasmo tentunya kita tidak perlu membeli tiket secara manual. Kita bisa langsung melewati pintu masuk stasiun hanya dengan menempel kan kartu tersebut sehingga sensor akan akan membukakan pintu secara otomatis. Namun apabila saldo dalam Suica tersebut sudah habis atau sedikit pintu tidak akan terbuka dan akan mesin akan menyuruh anda melakukan isi ulang untuk saldo Suica tersebut.



Menurut saya sangat praktis sekali dengan memiliki Suica ini, saya tidak perlu memikirkan berapa harga tiket untuk menuju kesini atau menuju kesana karena mesin akan memotong otomatis saldo dari sensor saat kita masuk stasiun dan sensor saat keluar stasiun. Namun pernah sekali saya pergi dengan jarak yang lumayan jauh sampai sampai Suica tidak bisa mendeteksi sensor nya tapi jangan khawatir di pintu masuk dan keluar selalu ada petugas yang siap membantu.

2. Berbelanja Di Supermarket


Suica dan Pasmo Juga bisa di gunakan untuk berbelanja di supermarket atau pun toko 24 jam yang dalam bahasa Jepang di sebut Konbini. Disini biasa nya bisa membayar barang barang belanjaan dengan Suica namun ada juga yang tidak melayani dengan Suica, lebih baik nya kita lihat dahulu di meja kasir biasa nya disana ada keterangan bisa menggunakan Suica atau tidak. Atau bisa tanya kepada kasir nya secara langsung.

3. Membeli Minuman di Mesin Penjual Otomatis


Jidouhanbaiki atau mesin penjual otomatis di Jepang, biasa nya menjual berbagai jenis minuman mulai dari teh, kopi, jus dan minuman bersoda lainnya namun ada beberapa pula yang menjual aneka makanan ringan. Untuk yang tidak memiliki Suica biasa nya untuk membeli di Jidouhanbaiki ini harus memasukkan uang recehan atau pun uang kertas 1000 yen tapi apabila memiliki Suica tinggal menempelkan saja ke sensor maka saldo akan terpotong otomatis sesuai jumlah harga minuman yang kita pilih. Tapi tidak semua Jidouhanbaiki memiliki fasilitas untuk pengguna Suica dan hanya bisa di gunakan dengan uang cash saja.

4. Membayar Tiket Bus


Selain untuk membayar tiket kereta api Suica juga bisa di pergunakan untuk membayar tiket bus. Untuk bus di Jepang ada dua macam, yang pintu masuk di tengah dan pintu masuk di depan. Bus yang pintu masuk di depan biasa nya jauh dekat tarif yang di bayar sama sehingga kita harus membayar dahulu sedangkan yang pintu masuk di tengah biasa nya tarif yang harus di bayar berbeda sesuai dengan jarak naik dan turun. Untuk pemilik Suica hanya perlu menempelkan nya saja di sensor tapi untuk yang membayar cash saat masuk lewat pintu tengah harus mengambil tiket masuk terlebih dahulu.

5. Membayar Taksi


Sama hal nya dengan kereta api dan bus, Suica dan Pasmo juga bisa di gunakan untuk membayar taksi. Tapi untuk saran saya kalau pun tidak tedesak jangan menggunakan taksi karena di Jepang tarif taksi terkenal mahal bahkan untuk golongan orang Jepang sendiri sekalipun. Saya pernah sekali menggunakan taksi dengan jarak sekitar 3 - 4 km saya sudah harus membayar 1100 yen atau sekitar 110.000 ribu rupiah. Untuk perhitungan tarif taksi di Jepang biasa nya sekali pintu taksi sudah tertutup tarif sudah jalan sekitar 700 yen sampai beberapa kilometer kedepan. setelah itu setiap kilometer akan bertambah 100 yen dan seterus nya.



Cara Membuat Kartu Suica Baru Dan Mencharge Saldo Nya


Sebenar nya untuk cara membeli Suica dan Pasmo baru atau pun cara mencharge nya hampir sama namun untuk membeli Suica baru biasa nya di kenakan tambahan 500 yen untuk biasa pembuatan kartu nya jadi kalau membeli yang seharga 2000 yen saldo yang terisi hanya 1500 yen saja. Berikut cara membuat Suica baru.



1. Cari mesin yang berwarna kombinasi ungu dan hitam, biasa nya mesin tersebut melayani pembuatan Suica baru sementara mesin yang berwarna kuning polos atau hijau polos hanya melayani pembelian tiket dan mencahrge Suica.





2. Sebelum memilih menu sebaiknya kita ubah dulu bahasa menjadi bahasa Inggris karena kalau bahasa Jepang bisa di pastikan otak akan mendidih karena tidak paham hehehe


3. Pilih gambar kiri bawah yang berwarna biru kemudian tekan gambar.




4. Setalah menu ganti kemudian tekan yang tengah untuk membeli Suica baru


5. Setelah itu masukan uang 2000 yen seperti yang saya bilang di atas. Dan kartu Suica akan segera keluar dari sarang nya.


Sedangkan untuk mencharge Suica cara nya cukup mudah


1. Masukkan Suica


2. Pilih angka berapa jumlah anda ingin mencharge, pilihan nya ada 1000 yen, 2000 yen, 3000 yen, 4000 yen, 5000 yen, dan 10.000 yen


3. Masukkan uang nya dan tunggu sampai proses selesai nanti kartu akan keluar dengan sendiri nya.



Demikian artikel saya kali ini yang membahas tentang Suica dan Pasmo. Yaitu selembar kartu yang sangat bermanfaat sekali danpraktis bisa di gunakan untuk segala macam keperluan kehidupan di Jepang.  Sampai jumpa di artikel selanjut nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Suica Dan Pasmo Kartu Serba Bisa Di Jepang