Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 14 December 2015

Perusahaan Kereta Api Di Jepang

ARISTO.ID. Perusahaan Kereta Api Di Jepang. Di artikel sebelum nya saya sudah menyebut kan  kalau akan membahas tentang perusahaan perusahaan kereta api yang ada di Jepang. Karena di Jepang memang banyak perusahaan yang memegang kendali dalam pengoperasian kereta api. Tidak seperti Indonesia yang hanya di pegang oleh PT Kereta Api Indonesia. Dikarenakan jalur kereta api di Jepang sangat banyak maka pengelolaan nya pun tidak hanya pada satu perusahaan. Beberapa perusahaan tersebut di antara nya Japan Rail Line atau yang biasa disebut JR Line, Keikyu Line, Odakyu Line, Seibu Line, Keisei Line, Sotetsu Line dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : Modal Google Maps Saat Jalan Di Jepang

Sistem perkeretaapian di Jepang sangat modern dari sarana dan prasarana nya itu sendiri. Dan pasti nya kereta di Jepang sangat nyaman dan berkualitas bahkan Indonesia pun mengimpor kereta dari Jepang untuk Komuter Line di Jakarta. Di Jepang sendiri harga tiket untuk kereta biasa dan kereta ekspress sama. Kalau pun harga tiket yang kita beli ternyata kurang kita bisa membayar kekurangan nya tersebut di mesin otomatis nya sebelum pintu keluar. Jadi untuk masuk dan keluar stasiun semua nya otomatis tanpa ada pengecekan satu persatu. Dan apa bila kita ingin pindah jalur kita tidak perlu membeli tiket tambahan. Melainkan hanya pindah kereta saja namun bila kita pindah kereta dengan pengelola yang berbeda kita harus membeli tiket tambahan tersendiri.

Perusahaan Kereta Api Di Jepang


Dan ini lah beberapa perusahaan pengelola kereta api yang ada di Jepang :

Japan Railway Line


JR Line bisa di bilang perusahaan terbesar yang mengelola perkeretaapian di Jepang karena rute nya meliputi dari ujung utara sampai ujung selatan. Dimana pun daerah nya pasti ada jalur dari JR Line ini. Jenis kereta nya pun bermacam macam dari mulai kereta biasa, ekspress, limited ekspress bahkan shinkansen yang merupakan kereta peluru yang bisa mencapai kecepatan 250 an km/jam. Dan JR Line juga banyak menyediakan tiket tiket khusus untuk para turis yang sedang berlibur di Jepang tentu nya. Seperti JR One Day Pass, Hokkaido Rail Pass untuk daerah Hokkaido, JR East Pass untuk daerah Tokyo dan sekitar nya, JR West Pass untuk daerah Osaka dan sekitar nya serta masih banyak lagi macam tiket khusus lainnya.


Namun untuk tiket tiket Pass tersebut tidak bisa di gunakan untuk Shinkansen walau pun Shinkansen merupakan salah satu produk dari JR Line. Dan untuk Shinkansen sendiri tiket nya relatif mahal karena memang selain service nya yang memuaskan waktu tempuh juga bisa semakin cepat di banding menggunakan kereta biasa maupun mobil. Misal nya saja untuk tiket dari Tokyo ke Shin Osaka harga nya sekitar 13.000 yen atau sekitar 1.300.000 rupiah. Memang mahal namun tidak ada salah nya mencoba sensasi naik Shinkansen atau kereta peluru super cepat ini.





Odakyu Line


Odakyu Line tidak sebesar JR Line yang memiliki jalur di semua daerah Jepang. Odakyu Line hanya memiliki 3 jalur yaitu Odawara Line, Enoshima Line dan Tama Line. Odawara Line melayani rute dari Shinjuku menuju Odawara, Tama Line melayani rute dari Shin Yurigaoka menuju Karakida, sedangkan Enoshima Line melayani rute dari Sagami Ono ke Katase Enoshima. Enoshima merupakan sebuah pantai yang cukup terkenal di Jepang bahkan sering di jadikan tempat syuting film romantis salah satu nya film yang berjudul "The Girls In The Sun" jadi apabila ingin pergi ke pantai Enoshima bisa menggunakan Odakyu Line.






Keikyu Line


Untuk Keikyu Line hanya ada satu jalur yaitu dari Sengakuji menuju Misakiguchi, namun di tengah perjalanan ada beberapa persimpangan yang menuju tujuan lain, salah satu nya Haneda Airport yang merupakan Bandara International di cukup dekat dengan Tokyo. Banyak juga para traveller dari Indonesia yang mendarat di Haneda Airport karena biasa nya para traveller kebanyakan mencari tiket tiket promo dari berbagai maskapai. Dan biasa nya maskapai tersebut kebanyakan mendarat di Haneda. Dan persimpangan lainnya masing masing tujuan nya adalah Kojimashinden, Shinzushi, dan Uraga.






Sotetsu Line


Sotetsu Line juga hanya melayani satu rute dari Yokohama menuju Ebina dan hanya ada satu persimpangan yang menuju Shonandai. Di Ebina kita bisa pindah jalur menggunakan Odakyu Line atau pun JR Line sedangkan di Yokohama yang merupakan salah satu stasiun besar kita bisa pindah jalur menggunakan Keikyu Line, Tokyu Line, Chikatetsu dan tentu saja JR Line.

Keisei Line


Apabila ingin menuju Narita Airport Kesei Line adalah salah satu pilihan terbaik menggunakan jalur kereta karena dengan Skyliner dari Ueno menuju Narita Airport hanya membutuh kan waktu sekitar 40 menit namun dengan harga tiket yang lebih mahal 1100 yen dari kereta biasa nya. Selain dari Ueno Kesei Line juga melayani jalur dari Haneda Airport menuju Narita Airport. Jenis kereta dari Kesei Line sendiri ada 3 yaitu Access Express, Keisei Main Line dan yang tadi disebut kan Skyliner Express.




Seibu Line


Seibu Shinjuku Line dan Seibu Ikebukuro Line adalah jalur yang disediakan oleh Seibu Line. Seibu Shinjuku Line melayani rute dari Shinjuku menuju Hon Kawagoe, saya biasa menggunakan kereta ini karena saya pernah tinggal di Tanashi yang di lewati oleh jalur kereta ini. Sedangkan Seibu Ikebukuro Line melayani rute dari Ikebukuro ke Seibu Chichibu. Dan kedua jalur ini nanti nya akan bertemu di Tokorozawa.



Tokyo Metro Line


Tokyo Metro Line adalah jalur kereta bawah tanah yang beroperasi di sekitaran Tokyo. Atau dalam bahasa Jepang kereta bawah tanah berarti Chikatetsu. Hampir semua jaringan kereta bawah tanah di Tokyo di kelola oleh Tokyo Metro yang jalur nya tentu banyak sekali di antara nya Ginza Line, Yurakuchou Line, Marunouchi Line, Hibiya Line, Chiyoda Line, Hanzomon Line , Fukutoshin Line, Namboku Line, dan Tozai Line. Semua nya itu beroperasi di daerah Tokyo dan sekitar nya, bisa dibayang kan bagaimana kah struktur bangunan di Tokyo dengan banyak nya Chikatetsu di bawah.




Tobu Line


Sementara Tobu Line melayani rute dari Asakusa menuju Nikko dan Kinugawa. Nikko merupakan daerah di Tochigi Ken yang sangat indah sekali saat di kunjungi pada musim gugur karena pepohonan disana akan berubah warna menjadi merah atau pun kuning. Yang pasti bisa di jadikan tempat liburan atau pun hunting foto saat musim gugur. Sedangkan Kinugawa terkenal dengan Kinugawa Onsen nya. Yaitu pemandian air panas alami yang sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Pasti nya tubuh kita akan dimanjakan dengan berendam di Kinugawa Onsen.




Perusahaan Kereta Api Di Jepang




Beberapa perusahaan pengelola jalur kereta api tersebut di atas adalah yang beroperasi di sekitar Tokyo. Karena memang saya sendiri tinggal di daerah Yokohama yang dekat dengan ibukota Jepang tersebut. Untuk daerah daerah lain seperti Kansai, Hokkaido dan daerah lainnya mungkin akan berbeda dari yang saya paparkan di atas. Dan semoga saja saya lain waktu bisa berkesempatan mengunjungi daerah daerah lain nya di Jepang.

Demikianlah artikel Perusahaan Kereta Api Di Jepang. Semoga membantu dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perusahaan Kereta Api Di Jepang