Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 8 December 2015

Jenis-jenis dan Sistematika Proposal Bisnis

Jenis-jenis dan Sistematika Proposal Bisnis - Proposal merupakan sarana bagi peneliti untuk berkomukasi dengan para peminta jasa mereka, dalam hal ini manajemen. Pada umumnya manahemen mengeluarkan sejenis acuan atau Term Of Reference (TOR) untuk dibagikan kepada peneliti yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk proposal tertulis. Menurut Davis, bagi manajemen, proposal dapat memberikan manfaat sebagai berikut : 1)menjamin bahwa para peneliti memang benar-benar mengetahui masalah manajerial; 2) berfungsi sebagai mekanisme kontrol atas riset yang sedang dilakukan; 3) memungkinkan manajemen melakukan penelitian atas metode yang digunakan oleh peneliti 4) memungkinkan manajemen melakukan penilaian kualitas riset yang akan dilakukan. Sebagai pihak peneliti, proposal memberikan keuntungan sebagai berikut: 1) meyakinkan peneliti bahwa apa yang diteliti merupakan hal yang benar-benar sedang menjadi persoalan pihak manajemen; 2) mendorong peneliti untuk berpikir kritis melalui proses riset sebelum penelitian dilaksanakan di lapangan 3) menuntun peneliti dengan rencana tindakan yang jelas dan 4) sebagai sarana persetujuan antara pihak manajemen dengan peneliti.

Jenis-jenis Proposal Bisnis
Berdasarkan tipologinya, riset bisnis dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.




  1. Proposal yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Proposal ini ditujukan untuk pihak manajemen yang tertulis secara ringkas dan singkat bahkan sering hanya dalam bentuk memo.

  2. Proposal yang berasal dari kontraktor atau vendor yang menerjemahkan TOR dari pihak manajemen, proposal jenis ini ditulis secara detail dan panjang sebagai sarana memahami dan menerjemahkan pemikiran manajemen dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

  3. Proposal domain-domain umum. Proposal ini berupa proposal detail dan lengkap mengenai masalah-masalah yang terjadi di dalam organisasi yang membuat manajemen menyadari akan pentingnya riset yang akan dilaksanakan berkaitan dengan organisasi yang bersangkutan.


Sistematika Proposal Riset Bisnis
Secara umum sistematika proposal riset bisnis bervariasi antara satu organisasi dengan organisasi lain. Sekalipun demikian terdapat benang merah yang menghubungkan versi-versi tersebut. Pokok masalah bukan terletak pada perbedaan sistematika tetapi pada isi yang biasanya sama tetapi menggunakan istilah yang berbeda. Contoh pertama proposal riset bisnis ini diambil dari Davis dan Cozensa dengan menggunakan sistematika sebagai berikut.

Surat pengantar
Berisi diskripsi singkat mengenai proposan dan alasan mengapa layak dilaksanakan.

Judul
Sebaiknya judul ditulis secara singkat, padat dan komunikatif.

Latar Belakang Riset
Bagian ini menerangkan secara singkat kondisi lingkungan yang melatarbelakangi masalah yang akan dikaji serta bahasan singkat referensi-referensi yang digunakan dalam riset yang berkaitan erat dengan masalah yang akan diselesaikan.

Masalah dan Tujuan
Masalah dan tujuan hendakny dirumuskan secara jelas, ringkas dan tidak menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda.

Strategi dan Metode Riset
Bagian ini menggambarkan metode riset yang akan digunakan serta prosedur yang dijalankan dalam mencapai tujuan penelitian.

Karakteristik Laporan Akhir
Berisi bahan mengenai antisipasi hasil riset dan saran yang akan digunakan untuk mengkomunikasikan kepada pihak-pihak yang menginginkan hasilnya

Bujet dan Jadwal Pelaksanaan
Berisi deskripsi mengenai bujet yang diperlukan dalam riset dan jadwal pelaksanaan riset.

Latar Belakang Peneliti
Berisi daftar riwayat hidup singkat peneliti beserta kualifikasinya sebagai pemenuhan persyaratan bagi peminat riset.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-jenis dan Sistematika Proposal Bisnis