Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 12 December 2015

Cara Pencegahan Salah Satu Jenis Penyakit pada Manusia

Menjelaskan cara pencegahan salah satu jenis penyakit pada manusia. Berdasarkan materi ini, pembaca dituntut mampu menjelaskan sesuai dengan judul postingan kali ini. Jenis soal yang sesuai materi ini yaitu disajikan suatu penyakit, dan kemudian siswa diminta untuk menentukan cara untuk mencegah penyakit tersebut. Beberapa penyakit atau gangguan disebabkan karena tubuh manusia kekurangan zat gizi yang dapat disimak dalam tabel berikut ini.















































No.

Penyakit/Gangguan

Penyebabnya

1.

Kwasiorkor

Kekurangan protein dan karbohidrat

2.

Busung Lapar

Kekurangan karbohidrat

3.

Kegemukan (obesitas)

Kelebihan karbohidrat dan lemak

4.

Sariawan

Kekurangan vitamin C

5.

Anemia

Kekurangan zat besi

6.

Pengeroposan tulang

Kekurangan kalsium

7.

Rabun senja

Aekurangan vitamin A

Beberapa penyakit menular mudah sekali mewabah di suatu daerah jika tidak dicegah penularannya. Penularan suatu penyakit dapat melalui beberapa cara, yaitu kontak langsung dengan penderita, melalui udara, melalui makanan maupun minuman, dan juga melalui binatang. Contoh penyakit yang ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita yaitu kusta atau lepra, panau (panu), dan cacar air. Jenis-jenis penyakit tersebut dapat dicegah dengan cara tidak melalakukan kontak langsung dengan penderita, menjaga kebersihan tubuh, serta tidak bergantian peralatan mandi dan pakaian dengan penderita.

Penyakit yang ditularkan melalui udara meliputi penyakit yang menyerang sistem pencernaan pada manusia. contohnya radang paru-paru, batuk, ISPA, TBC, SARS, dam difteri. Sesorang dapat tertular penyakit pernapasan jika berada di tempat yang udaranya telah tercemar oleh kuman penyakit-penyakit tersebut. Cara mencegah penyakit menular melalui udara adalah dengan menjaga kelancaran sirkulasi udara dalam ruangan. Selain itu, pencegahan penularan penyakit pernapasan juga dapat dilakukan dengan cara memakai maskter penutup hidung dan mulut saat berbicara langsung dengan penderita.

Penyakit yang dapat ditularkan melalui makakan dan minuman diantarannya seperti diare, cacingan, tifus, dan hepatitis A. Cara pencegahan penularan penyakit yang berasal dari makanan dan minuman yaitu dapat dilakukan dengan cara memisahkan peralatan makan dan minum penderita di tempat khusus dan tidak makan atau minum bersama penderita. Selain itu, juga perlu menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan.

Penyakit yang ditularkan melalui hewan, antara lain : demam berdarah, malaria, cikungunya, penyakit kaki gajah (filariasis), dan infeksi saluran kemih (leptospirosis). Demam berdarah, malaria, dan cikungunya dan filariasis ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nyamuk berkembang biak di air yang tergenang. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dapat dilakukan dengan memutus siklus hidup nyamuk. Pemutusan siklus hidup nyamuk dapat dilakukan dengan 3M yaitu menguras, mengubur/menimbun dan menutup. Adapaun benyakit leptospirosis ditularkan melalui urine tikus. Cara mencegah penularan penyakit ini yaitu dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya membasmi sarang tikus dan menjaga kebersihan peralatan makan.

Beberapa jenis penyakit menular atau penyakit yang disebabkan oleh kuman dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi. Vaksinasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Beberapa penyakit vaksinasi yang dianjurkan pemerintah adalah sebagai berikut.




  1. Vaksinasi BGC : diberikan pada bayi yang baru lahir untuk mencegah penyakit TBC.

  2. Vaksinasi hepatitis B : diberikan kepada balita untuk mencegah penyakit hepatitis.

  3. Vaksinasi DPT : diberikan kepada balita untuk mencegah penyakit difteri, batuk rejan, dan tetanus.

  4. Vaksinasi polio : diberikan kepada balita untuk mencegah penyakit polio.

  5. Vaksinasi campak : diberikan kepada balita untuk mencegah penyakit campak.

  6. Vaksinasi TT : diberikan kepada ibu hamil untuk mencegah adanya infeksi kuman tetanus pada ibu dan bayi saat proses kelahiran.


Demikianlah artikel mengenai cara pencegahan salah satu jenis penyakit pada manusia. Semoga bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Pencegahan Salah Satu Jenis Penyakit pada Manusia