Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 29 November 2015

Ekstention Tube Di Kamera DSLR

ARISTO.ID Ekstention Tube Di Kamera DSLR. Selamat datang kembali para master master fotografi, di artikel kali ini saya akan mensharing kan tentang apa itu Extension Tube Di Kamera DSLR. Disini saya bukan bermaksud menggurui karena memang saya masih sangat amatir sekali untuk bisa menggurui orang lain, disini saya hanya akan membagikan pengalaman saya tentang Extension Tube. Bagi para pecinta foto makro pasti sudah tidak asing lagi dengan Extension Tube karena memang Extention Tube adalah salah satu aksesoris yang bisa di gunakan untuk mengambil foto makro. Bagi yang ingin mengetahui cara yang bisa di lakukan untuk foto makro bisa melihat artikel saya sebelum nya di Berbagai Cara Foto Makro.

Ekstention Tube Di Kamera DSLR


Di artikel kali ini saya hanya akan menfokuskan pada apa sih Extension Tube, bagaimana cara memakai nya, apa kelebihan dan kekurangan nya dan bagaimana perbedaan gambar yang menggunakan Extention Tube dan tidak. Serta buat para pembaca sekalian yang akan membeli nya pasti mencari informasi terlebih dahulu agar setelah membeli tidak menyesal. Dan  semoga artikel ini bisa membantu.



Ekstention Tube Di Kamera DSLR


Apa sih Extention Tube



Extention Tube adalah sebuah aksesoris yang di pakai pada kamera untuk mengurangi jarak fokus antara kamera dan obyek yang akan di foto sehingga di dapat kan perbesaran dari obyek tersebut atau bisa istilah mudah nya untuk foto makro. Sebenar nya banyak cara untuk mendapat kan foto makro tapi disini saya hanya akan membahas cara menggunakan Extention Tube ini.


Bagaimana Cara Memakai Extention Tube



Untuk cara memakai nya sendiri mudah hanya dipasang di antara kamera dan lensa. Berbeda dengan filter yang dipasang didepan lensa sehingga untuk filter tiap lensa harus memiliki filter sesuai diameter lensa itu sendiri. Sedangkan Extention Tube bisa digunakan untuk segala lensa.


Apa Kelebihan Dan Kekurangan Extention Tube



Untuk kelebihan nya sendiri dari Extention Tube bisa dikatakan murah karena untuk membeli lensa khusus makro memang sangat mahal dan karena pemasangan nya yang di antara lensa dan kamera maka Extention Tube ini bisa di pakai di segala jenis lensa. Serta dalam kualitas foto tidak akan mengurangi karena memang tidak ada optik di dalam nya. Untuk kekurangan nya sendiri karena Extention Tube terletak di antara lensa dan kamera maka cahaya yang masuk akan berkurang namun masalah ini bisa di selesai kan dengan melambatkan Shutter Speed dan menaikkan ISO.


Perbedaan Hasil Gambar yang menggunakan Extention Tube dan Tidak












Ekstention Tube Di Kamera DSLR
18-55mm tanpa Extention Tube

 









Ekstention Tube Di Kamera DSLR
18-55mm plus Extention Tube 36mm

 









Ekstention Tube Di Kamera DSLR
18-55mm tanpa Extention Tube

 









Ekstention Tube Di Kamera DSLR
18-55mm plus Extention Tube 36mm


Untuk Extention Tube di atas saya menggunakan Extention Tube Kenko untuk Canon dengan harga sekitar 1.700.000 rupiah. Masih ada beberapa merek lain yang menyediakan Extention Tube selain dari produsen kamera nya itu sendiri tentunya.

Semoga artikel Ekstention Tube Di Kamera DSLR ini bermanfaat dan akhir kata selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ekstention Tube Di Kamera DSLR